fbpx

Penjelasan Secara Lengkap Cara Memasukkan Google Form Pada WordPress

Era seperti sekarang ini Form menjadi salah satu tools yang harus dipasang atau embed dimana-mana. Selain itu, untuk fitur yang satu ini sangat berguna ketika bizzie ingin membagikan form pada beberapa website.

Ketika menggunakan Google Form ada banyak kemudahan yang bisa didapatkan. Salah satunya yaitu bizzie bisa mengumpulkan data diri dari para dengan cara newsletter.

Selain itu, bizzie juga bisa memanfaatkan Google Form dengan meningkatkan kualitas layanan sebuah bisnis. Bahkan, untuk bizzie yang masih pemula menggunakan juga tidak merasa kesulitan ketika memasukkan Google Form.

Pada kesempatan kali ini akan dibahas secara tuntas mengenai cara memasukkan Google Form pada WordPress. Sedangkan untuk bizzie yang penasaran dengan cara memasukkan Google Form pada WordPress bisa simak lebih lengkapnya di bawah ini.

Cara Memasukkan Google Form Pada WordPress

Sebelum membahas lebih jauh lagi tentang cara memasukkan Google Form pada WordPress lebih baik pahami terlebih dahulu dalam segi pengertian. Untuk pengertian dari Google Form merupakan layanan yang diberikan oleh pihak Google dan mempunyai fungsi untuk membuat berbagai formulir secara gratis.

Kini Google Form juga bisa digunakan oleh bizzie secara gratis untuk membuat formulir secara online. Untuk formulir online ini biasanya berbentuk seperti pendaftaran, kuis, survey dan masih banyak lainnya.

Selain itu, bizzie juga bisa memanfaatkan Google Form untuk mengumpulkan beberapa dari para pengunjung yang ingin melakukan langganan newsletter. Email yang sudah dikumpulkan ini juga bisa dijadikan sebuah data untuk mengembangkan bisnis melalui newsletter yang dikirimkan kepada pelanggan.

Menerapkan cara memasukkan Google Form pada WordPress ini sangat cocok dilakukan untuk bizzie yang mempunyai bisnis online. Selain itu, untuk layanan yang satu ini sangat berguna untuk membantu berbagai macam jenis pekerjaan.

Dengan melakukan survey yang dilakukan pada Google Form ini bisa ini bisa langsung mendapatkan feedback dari para pelanggan. Maka dari itu, semua informasi yang semua bizzie dapatkan dari Google Form ini lebih akurat dan terpercaya.

Kenapa Bizzie Harus Tahu Cara Memasukkan Google Form Pada WordPress?

WordPresss sendiri sudah mempunyai banyak plugin yang mempunyai cara hampir sama dengan Google Form. Untuk beberapa plugin tersebut adalah contact form 8 dan wpform.

Baca Juga :  Mengenal Domain .DESA.ID : Domain Untuk Desa

Perlu bizzie ketahui terlebih dahulu bahwa untuk kedua plugin tersebut digunakan untuk menyimpan data dari para pengunjung ke dalam sebuah database. Padahal untuk tujuan dari kedua fitur tersebut adalah untuk mengumpulkan data dari para pengunjung yang terkadang jumlahnya cukup banyak.

Apabila untuk data yang masuk hanya sedikit ketika menggunakan cara memasukkan Google Form Pada WordPress maka belum berpengaruh dengan . Namun, ketika data yang masuk banyak dan disimpan dengan jangka waktu panjang pasti akan berpengaruh dengan kinerja website tersebut.

Solusi yang bisa dilakukan untuk mendapatkan data dan informasi secara banyak adalah dengan menerapkan cara memasukkan Google Form pada WordPress. Semua data yang masuk ke dalam Google Form ini akan tersimpan secara otomatis oleh server website.

Sehingga bizzie yang sudah menerapkan cara memasukkan Google Form pada WordPress tidak perlu lagi melakukan penyimpanan di berbagai informasi para pengunjung. Penyimpanan data sudah langsung terhubung dengan .

Sehingga, dengan data yang tersimpan di Google Drive ini lebih aman dan ketika terjadi masalah pun tidak akan berpengaruh dengan penyimpanan tersebut. Selain itu, bizzie juga bisa saja menggunakan data yang masuk pada Google Drive untuk keperluan website lainnya.

Google Form ini tidak hanya mengambil tugas yang seharusnya membebani server saja. Akan tetapi, ketika dna menggunakan cara memasukkan Google Form pada WordPress juga bisa memberikan tampilan antarmuka yang mendukung.

Cara Memasukkan Google Form Pada WordPress

Setelah membahas dari segi pengertian dan alasan kenapa harus menggunakan cara memasukkan Google Form pada WordPress maka bisa di lanjut ke pembahasan selanjutnya. Untuk selanjutnya akan dijelaskan secara rinci mengenai cara memasukkan Google Form Pada WordPress yaitu:

1. Membuat Google Form Baru Terlebih Dahulu

Cara memasukkan Google Form pada WordPress yang pertama adalah dengan membuat Google Form baru terlebih dahulu. Artinya bizzie harus membuka website dari Google Form terlebih dahulu.

Selain itu, bizzie juga bisa masuk dengan menggunakan Google Drive. Untuk cara yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan klik pada menu “new-more-Google Form-Form a ”.

Bahkan bizzie juga bisa langsung saja memilih menu “blank form” ketika ingin membuat formulir Google Form Sesuai dengan keinginan. Pilih saja salah satu yang menurut bizzie tidak ribet atau simple.

Baca Juga :  Apa Itu WordPress? Kelebihan, Kekurangan, dan Manfaatnya

2. Memilih Template

Cara memasukkan Google Form pada WordPress selanjutnya adalah memilih template. Ketika bizzie berada di halaman yang satu ini pihak Google sudah menyediakan berbagai macam template secara gratis.

Akan tetapi, untuk bizzie yang ingin menggunakan template gratis juga harus memperhatikan beberapa hal. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah menyesuaikan template dengan kebutuhan.

3. Mengisi Bagian Judul dan Deskripsi

Cara memasukkan Google Form pada WordPress selanjutnya adalah dengan mengisi bagian judul dan juga deskripsi. Pada saat proses pengisian dua bagian tersebut bizzie juga memberikan di kolom deskripsi dengan tujuan dari pembuatan Google Form.

Sedangkan untuk di bagian paling bawah, bizzie bisa memasukkan berbagai pilihan opsi yang nantinya harus diisi oleh para pengunjung. Beberapa hal yang harus diberikan pada Google Form seperti jawaban singkat, paragraf, pilihan ganda, dropdown, tanggal dan masih banyak lainnya.

4. Menyalin Kode Embed

Setelah bizzie sudah selesai dalam proses pembuatan formulir pada Google Form, maka bisa langsung saja memilih kolom “send”. Untuk menu tersebut biasanya berada di pojok kanan atas.

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan klik icon embed, kemudian memberikan klik pada menu “copy” untuk menyalin semua kode HTML tersebut. Setelah itu, bizzie bisa mengatur opsi Width dan Height yang biasanya tersedia di jendela send form.

Di dalam halaman tersebut, bizzie akan diberikan beberapa yang banyak dipergunakan oleh kalangan masyarakat. Selain itu, untuk media sosial yang mempunyai banyak pengguna ini bisa digunakan alat share Google Form tersebut.

5. Memasukkan Form Pada Website WordPress

Supaya form yang dibuat di Google Form tetap muncul di halaman website WordPress ada satu cara harus bizzie lakukan. Untuk satu cara yang harus bizzie lakukan adalah paste kode embed yang sebelumnya sudah di salin pada kolom “text editor WordPress”.

Sedangkan untuk bizzie yang menggunakan classic editor, bisa langsung saja memilih menu “text” saja. Di dalam menu tersebut bizzie tinggal melakukan paste saja.

Menggunakan Google Form memang sangat fleksibel ketika digabungkan dengan website WordPress. Selain itu, untuk cara memasukkan Google Form pada WordPress ini terbilang mudah dan sederhana.

Sekian penjelasan mengenai cara memasukkan Google Form pada WordPress. Besar harapan setelah adanya pembahasan diatas tidak ada yang kebingungan ketika ingin memasukkan Google Form di dalam WordPress. 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.