Apakah itu nama domain? Pengertian dan jenis

Apakah itu nama domain?

Nama domain adalah nama situs web Anda. Nama domain adalah alamat tempat pengguna Internet dapat mengakses situs web Anda. Nama domain digunakan untuk menemukan dan mengidentifikasi komputer di Internet. Komputer menggunakan alamat IP (Internet Protocol) , yang merupakan serangkaian nomor yang merujuk ke alamat anda. Namun, Kita sebagai manusia sangat sulit untuk mengingat serangkaian angka, oleh k Karena itu, nama domain dikembangkan dan digunakan untuk mengidentifikasi entitas di Internet daripada menggunakan alamat IP. Sebagai contoh dewabiz.com bisa juga disebut 103.129.220.171. coba anda ketikan Ip tersebut di browser anda maka otomatis akan langsung membuka dewabiz.com sebagai penyedia domain, hosting dan Vps termurah J.

 

Nama domain dapat berupa kombinasi huruf dan angka, dan dapat digunakan dalam kombinasi contohnya dewabiz.com, dewabiz001.com, 001dewabiz.com atau dewabiz.id dll.

Jenis Domain

Di dunia ini terdapat 2 jenis nama domain yang terdiri dari :

  • Generic Top Level Domain (GTld)
    • Generic top level domain adalah domain yang diperuntukan untuk umum dan di kelola oleh perusahaan swasta. .com adalan ekstensi paling popular dikarenakan pioneer nama domain pertama kali. Tercatat nama domain pertama kali diluncurkan pada tahun 1985 di Amerika. Anda bisa mendaftarkan nama domain .com anda di dewabiz.com sebagai penyedia layanan domain murah dengan layanan yang baik. Selain .com ada juga .net, .org, biz. Tahun 2012 ICANN sebagai lembaga yang mengatur nama domain dan alamt ip dunia mengeluarkan izin untuk 1200 GTLd baru seperti .xwz, .top, .shop dan lainya. GTLd mempunyai ciri jumlah karakter yang digunakan 3 huruf atau lebih.
  • Country Code Top Level Domain (CCTld)
    • Country Code Top Level Domain adalah domain yang dikelola oleh Negara spesifik. Masing-masing Negara di dunia ini mempunyai CCTld sendiri. Indonesia mempunyai .id sebagai CCtld, Malaysia punya .my, Singapore punya .sg dan begitupun 200an Negara dunia lainya. Jumlah karakter dari CCtld terdiri dari 2 huruf contoh .id (Indonesia) .tv (Tuvalu), .co (Colombia), .us (Amerika) dan lainya.

 

Nama domain harus terdaftar sebelum Anda dapat menggunakannya. Setiap nama domain unik. Tidak ada dua situs web yang memiliki nama domain yang sama. Jika seseorang mengetikkan www.situssaya.com, itu akan masuk ke situs web Anda dan bukan milik orang lain.

 

Harga nama domain diatur dan ditetapkan oleh masing-masing Registry. Registrar atau reseller biasanya mengikuti acuan yang ditetapkan oleh Registry. Untuk pembelian nama domain, dewabiz.com merupakan salah satu penyedia layanan pembelian domain murah. Selain itu Hosting yang kami tawarkan juga sangat cocok untuk segmen umkm, startup, dan pengusaha pemula lainya karena sangat bersahabat dengan kantong.

COM RP.95.000 DENGAN KLIK LINK TERSEBUT

 

Dengan Website.com, nama domain profesional disertakan secara gratis dengan semua paket pembuat situs premium. Dengan promo kami saat ini, Anda dapat memiliki nama domain khusus dan membuat seluruh situs web Anda hanya dengan Rp. 120,000/ tahun. Jika merasa berat kami juga mempunyai paket hosting Rp.10,000/bulan.

Bagaimana mendaftar nama domain?

Buka url dewabiz.com

Ketika nama domain yang ingin anda pesan

Lakukan pemesanan

Masukan kode kupon “karnavalcom”

Checkout.

Jika anda membutuhkan layanan lainya jangan ragu untuk kontak kami melalui livechat dewabiz.com

Ingat dewabiz.com penyedia layanan domain murah, hosting murah, vps murah. Boleh bandingin sama tetangga. 😀