fbpx

Membuat Situs Web di Instagram, Simak Caranya Disini!

menjadi media sosial yang perkembangannya sangat pesat saat ini. Selain karena dapat menjadi media membagikan foto dan juga dapat menjadi media promosi maupun berkomunikasi dengan orang lain. 

Fitur-fitur yang dimiliki pun terus mengalami pembaharuan. Banyak fitur baru yang ditawarkan untuk memanjakan para pengguna. Seperti reels, belanja online, fitur-fitur menarik saat membagikan story instagram, dan lain-lain. 

Sebagai pengguna instagram, Anda pasti tidak jarang menemukan kalimat “cek di bio”. Atau pada story seseorang tertera link yang dapat Anda klik. Nah ini lah Salah satu fitur yang ada pada instagram, yaitu memungkinkan pengguna untuk menambahkan link atau situs pada profilnya. 

Hal ini membuat pengguna lain dapat mengakses situs yang dimiliki tersebut dengan mengklik link yang dipasang. Tidak hanya dapat diarahkan ke pencarian internet, dengan link tersebut juga dapat pula terhubung dengan media sosial lainnya. 

Apa Itu Situs Web di Instagram?

adalah sebuah yang berfungsi sebagai alamat tertentu yang digunakan untuk mengakses konten dengan bantuan internet. Biasanya Anda dapat mendapatkannya dengan mengcopy link saat melakukan pencarian di browser.

 Pada instagram, situs web biasanya ditampilkan pada bio atau profil pengguna dan ada pula yang biasanya membagikan melalui story instagram. 

Dengan menambahkan situs web di instagram, Anda dapat merasakan berbagai keuntungan secara langsung, misalnya dapat meningkatkan karena dijadikan sebagai media promosi dan memudahkan orang lain untuk mengakses apa yang Anda ingin bagikan. 

1. Menjadi Media Promosi

Instagram dijadikan sebagai salah satu media promosi yang saat ini banyak diminati. Makin banyaknya pengguna setiap tahunnya membuat media sosial satu ini menjadi media yang efektif untuk promosi. Terlebih lagi ada fitur iklan yang dapat Anda manfaatkan. 

Baca Juga :  Apa Itu Backlink, Manfaat, dan Cara Mendapatkannya

Jika Anda seorang pebisnis, dengan menambahkan link di bio instagram, dapat memperbesar peluang Anda untuk meningkatkan penjualan. Hal ini karena, dengan link yang kita sematkan pada profil dapat memudahkan pelanggan untuk mengakses cara untuk bertransaksi. Misalnya Anda dapat menghubungkannya dengan akun shopee, lazada, , dll. 

Jika Anda seorang blogger, Anda juga dapat menambahkan link di profil akun Anda untuk meningkatkan viewer. Hal ini karena, dengan adanya link yang dapat langsung diklik tidak perlu membuat pengguna lain menyalin dan mencari secara manual di browser. Dengan begitu, mereka akan lebih mudah mengakses blog Anda. 

2. Memudahkan Pengguna Lain Menemukan Akun Atau Situs Yang Anda Miliki

Ketika Anda memiliki hal lain yang ingin Anda bagikan namun tidak di instagram, Anda dapat memanfaatkan fitur yang ada di media sosial ini agar orang lain bisa menemukan apa yang Anda ingin bagikan. Misalnya akun , website, atau akun lainnya. 

Adanya fitur “situs web” di instagram mestinya dapat dimanfaatkan secara maksimal, apalagi jika Anda ingin menambah pengikut Anda pada platform lain. 

Bagaimana Cara Membuat Website Di Instagram?

Pada bio instagram, selain bisa menambahkan link menuju website di mesin pencarian, juga bisa menambahkan link dalam bentuk linktree dan juga di instastory. Bagaimana cara membuatnya? Simak selengkapnya. 

1. Menambahkan Link Pada Bio Instagram

Pertama, pastikan Anda sudah memiliki akun instagram. Jika belum, Anda bisa terlebih dahulu menginstal aplikasi instagram di play store atau app store smartphone Anda. Kedua, copy link yang ingin Anda tambahkan ke profil instagram. 

Kemudian, menuju ke profil instagram dan pilih edit profil. Pada kolom situs web, paste link yang sudah Anda salin sebelumnya. Klik tanda centang yang ada di ujung kanan atas. Dan link sudah selesai ditambahkan. 

Baca Juga :  Cara Melihat Pesanan di Tik Tok  Shop, Jadi Seller, Serta Berbelanja! 

2. Menambahkan Link Web Dengan Menggunakan Linktree

LinkTree adalah sebuah web yang menyediakan layanan untuk menampilkan berbagai link yang dimiliki, baik itu akun sosial media maupun akun market marketplace yang dimiliki. LinkTree menyediakan versi gratis dan juga berbayar, hal ini tentunya juga memudahkan orang-orang yang ingin menggunakannya.  

Untuk menambahkan link web menggunakan LinkTree di bio Instagram, tahap pertama yang perlu dilakukan yaitu terlebih dahulu membuat akun LinkTree. Anda bisa membuatnya melalui ponsel atau PC yang Anda miliki dengan membuka situs LinkTree (https://linktr.ee/) kemudian klik Get Started For Free untuk mendaftar. 

Setelah itu, isi semua yang diminta dan klik tombol Register. Ikuti petunjuk selanjutnya sampai pendaftaran berhasil. Kemudian pilih menu Links kemudian tulis judul  pada kolom title sesuai link yang Anda ingin tambahkan. lalu pilih tambahkan link. Misalnya Anda ingin menambahkan link whatsapp maka judulnya whatsapp lalu tambahkan linknya ke kolom URL. 

Lakukan lagi hal yang sama untuk menambahkan link lainnya. Setelah Anda sudah menambahkan link yang ingin Anda masukkan, salin link LinkTree Anda dan masukkan ke dalam profil instagram seperti langkah pada nomor 1. 

3. Menambahkan Link Di Instastory

Untuk menambahkan link di instastory, yang pertama yang harus Anda siapkan adalah visualnya, baik itu berupa gambar maupun video. Setelah itu klik menu stiker. Selanjutnya cari icon stiker yang dinamani link atau tautan dan tambahkan URL yang Anda ingin bagikan di instastory Anda. Pilih selesai lalu bagikan story. 

Itulah berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk menambahkan link di instagram, baik itu di bio maupun di instastory. Sebagai seorang pengguna internet, setiap perkembangan yang ada perlu dimanfaatkan sebaik mungkin. Jangan sampai malah membuat kita tenggelam dan terkubur dengan ketidakmampuan beradaptasi.