Mata Uang Facebook

 

 

Mata uang digital baru Facebook dengan nama Libra, akan diluncurkan untuk digunakan pada tahun 2020.

 

Pada hari Selasa, Facebook mengumumkan mata uang digital yang disebut Libra yang akan diluncurkan dan akan siap digunakan pada tahun 2020. Libra sebagai matau uang Facebook memungkinkan miliaran pengguna platform di seluruh dunia untuk melakukan transaksi keuangan online.

Teknologi baru ini jelas mengancam dunia perbankan dan sudah menjadi subjek pengawasan di Negara asalnya, saat ini Facebook menghadapi seruan yang semakin meningkat untuk langkah-langkah regulasi dan antimonopoli.

Terlepas dari pembicaraan tentang regulasi – seberapa cepat Anda dapat menggunakan mata uang digital baru Facebook untuk membeli kopi?

Inilah yang perlu Anda ketahui.

Apa itu Libra?

Facebook mengatakan Libra adalah “mata uang global dan infrastruktur keuangan”. Dengan kata lain, itu adalah aset digital yang dibangun oleh Facebook dan ditenagai oleh versi baru dari blockchain Facebook, teknologi terenkripsi yang digunakan oleh bitcoin dan mata uang kripto lainnya.

Mengapa disebut Libra?

Nama Libra berasal dari pengukuran berat dasar Romawi. Singkatan lb untuk pon berasal dari Libra, dan simbol £ awalnya berasal dari L hiasan di Libra.

Mengapa Facebook meluncurkan cryptocurrency, dan mereka diizinkan?

Facebook mengklaim ingin menjangkau 1,7 miliar orang di seluruh dunia yang tidak memiliki akses ke rekening bank.

Perusahaan itu kemungkinan akan mengalami hambatan regulasi dan kekhawatiran antimonopoli, terutama pada saat banyak regulator ingin memecah Facebook, tetapi tidak ada undang-undang khusus yang diajukan sebelum peluncuran. Di tengah desas-desus ekspansi keuangan baru Facebook, anggota Senat AS menulis kepada CEO Mark Zuckerberg pada bulan Mei meminta klarifikasi tentang masalah privasi.

 

Siapa yang bertanggung jawab atas Libra?

Mata uang akan dilayani oleh sekelompok perusahaan yang disebut “Asosiasi Libra”. Berfungsi sebagai apa yang dikenal sebagai “stablecoin”, dipatok ke aset yang ada seperti dolar atau euro, dengan tujuan membuatnya kurang tunduk pada volatilitas yang dialami banyak cryptocurrency.

 

Asosiasi Libra digambarkan oleh Facebook sebagai organisasi nirlaba independen yang berbasis di Swiss. melayani dua fungsi utama: untuk memvalidasi transaksi pada blockchain Libra dan untuk mengelola cadangan, Libra terikat dan mengalokasikan dana untuk tujuan sosial.

Di dalam Asosiasi Libra akan ada badan pengatur yang disebut Dewan Asosiasi Libra, yang terdiri dari perwakilan dari setiap anggota asosiasi, yang akan memberikan suara pada kebijakan dan keputusan operasional.

Facebook mengklaim bahwa meskipun ia menciptakan Libra Association dan Libra Blockchain, begitu mata uang diluncurkan pada 2020, perusahaan akan menarik diri dari peran kepemimpinan dan semua anggota asosiasi akan memiliki suara yang sama dalam tata kelola Libra.

Perusahaan-perusahaan yang menyumbang minimal $ 10 juta untuk terdaftar sebagai anggota pendiri Asosiasi Libra termasuk perusahaan teknologi seperti PayPal, Ebay, Spotify, Uber dan Lyft, serta perusahaan keuangan dan modal ventura seperti Andreessen Horowitz , Modal Berkembang, Visa dan Mastercard.

Bagaimana saya bisa menggunakannya?

Saat cryptocurrency diluncurkan, pengguna dapat mengunduh Calibra, dompet digital, yang memungkinkan mereka mengirimkannya kepada siapa pun yang memiliki ponsel cerdas. Ini akan tersedia di Messenger, WhatsApp, dan sebagai aplikasi mandiri lainya.

Tidak jelas di Negara mana koin akan diluncurkan pertama, meskipun Facebook mengatakan “hampir semua orang” di dunia dengan smartphone akan dapat mengunduh aplikasi.

Apa yang bisa Anda beli dengan Libra?

Facebook akan meluncurkan Calibra, dompet digital Libra, untuk memungkinkan pengguna mengirim uang ke dan dari satu sama lain.

Terlepas dari transaksi pada aplikasi itu sendiri, Facebook ingin memfasilitasi penggunaan Libra di berbagai vendor untuk transaksi sehari-hari. Jadi pada dasarnya facebook ingin semual bisa dibeli dengan Libra.

Perusahaan bonafit seperti  wahana, Uber dan Lyft adalah investor awal dalam proyek ini, menunjukkan bahwa mungkin pengguna akan dapat membayar layanan pada aplikasi menggunakan Libra, meskipun tidak ada pihak dari 1 perusahaan tersebut memberikan komentar terhada Libra.

Apakah ini aman?

Ada sejumlah masalah privasi terkait aplikasi keuangan yang dijalankan oleh Facebook. Perusahaan mengatakan akan menerapkan teknologi untuk mencegah pencucian uang dan penipuan.

“Kami akan menggunakan semua proses verifikasi dan anti-penipuan yang sama seperti yang digunakan bank dan kartu kredit, dan kami akan memiliki sistem otomatis yang secara proaktif akan memantau aktivitas untuk melindungi dan mencegah perilaku penipuan,” kata Facebook.

 

Ia juga mengklaim akan memiliki “dukungan langsung” untuk membantu pengguna yang kehilangan akses ke akun dan, jika pengguna kehilangan uang karena penipuan, Facebook telah menawarkan pengembalian uang.

Libra Blockchain Facebook akan dibangun di atas kode sumber terbuka yang memungkinkan pengembang dan komunitas riset untuk memantaunya karena cacat desain dan keamanan, dan perusahaan akan mengimplementasikan program “bug bounty” untuk memberi insentif kepada para pakar keamanan untuk menunjukkan kerentanan di platform.

Bagaimana ini akan menghasilkan uang dari Facebook?

Libra akan dipertahankan melalui biaya kecil per transaksi di blockchain, kata Facebook. Banyak dari biaya ini akan ditransfer ke vendor yang kemudian dapat menyerap sendiri biaya atau menyampaikannya kepada pengguna.

 

Apakah Facebook akan menjual data crypto saya ke perusahaan iklan?

Facebook mengklaim akan memisahkan data keuangan dari transaksi di Libra terpisah dari profil iklan pengguna. Blockchain adalah “nama samaran”, kata perusahaan dan, seperti banyak jaringan crypto, akan memungkinkan pengguna untuk memegang satu atau lebih alamat yang tidak terkait dengan identitas kehidupan nyata mereka.

“Informasi akun pelanggan Calibra dan data keuangan tidak akan digunakan untuk meningkatkan penargetan iklan di keluarga produk Facebook, Inc,” kata perusahaan itu.

 

Nah Buat para pembaca ke depan kita bakal punya pesaing serius terhadap ovo, gopay, dan layanan keuangan lainya. Keuntunganya kita akan semakin mempnyai banyak pilihan metoode pembayaran dan juga diharapkan akan menimbulkan banyak Discount :D.

Dewabiz Penyedia hosting murah Indonesia.

 

Dikutip dari

https://www.theguardian.com/technology/2019/jun/18/what-is-libra-facebook-new-cryptocurrency