Perbandingan WordPress dan Drupal (Bagian 1 )

Dalam menentukan CMS yang pas buat situs web Anda tidak dapat sembarangan. Apabila ini merupakan situs web pertama Anda, jadi CMS yang dipakai sebaiknya mempermudah Anda pada mendesain serta mengurus situs.

Drupal serta WordPress merupakan dua CMS yang sangat banyak dipakai di internet. Bahkan juga kedua-duanya kuasai 60% pasar.

Baik Drupal ataupun WordPress mempunyai populasi online yang dedicated dan fanbase yang setia. Diluar itu, ke-2 CMS ini pula jadi basis buat situs-situs besar serta populer.

Biasanya, WordPress merupakan CMS yang gampang dipelajari serta mempunyai populasi yang besar.

Memang membuat ketetapan yang cukuplah susah buat anda yang akan memutuskan manakah yang lebih baik pada Drupal versus WordPress. Akan tetapi, oleh karena ada artikel ini, kami berharap Anda dapat memastikan CMS situs web terunggul buat Anda.

WordPress versus Drupal, Manakah yang Lebih Gampang Dipakai?

Salah satunya fakta penting dalam memakai CMS merupakan keringanan dalam pembuatan serta pengendalian situs Web Anda. Kelebihan pada sistem manajemen content sangat mungkin buat siapa juga dalam membuat serta meningkatkan situs web yang menarik dan fungsional yang tak perlu anda kuasai bahasa pemrograman atau potensi tehnis yang lain lebih dulu.

Berikut ini Anda dapat mengetahui begitu gampangnya memakai Drupal serta WordPress, dan manakah yang terbaik dalam riwayat WordPress versus Drupal.

Drupal

Bila Anda masih menjadi seorang pemula dengan dunaia hosting, karena itu CMS yang termudah buat diinstall yaitu Drupal. Dibagian backend hosting, Anda akan dikasihkan sebuah pilihan buat meng-install beberapa CMS yang berlainan, termasuk juga Drupal.

Drupal pun mempunyai beberapa instalasi yang dimaksud dengan distribution. Anda bisa pilih salah satunya distribution itu alih-alih instalasi Drupal yang tidak ada apa-apa di dalamnya, tentu saja jika Anda ketahui model situs web seperti apakah yang akan dibikin serta dionlinekan.

Sesudah sukses meng-install Drupal pada bagian hosting, Anda akan lihat berbagai macam pilihan kustomisasi yang siap mendukung Anda membuat serta meningkatkan situs web.

Akan tetapi, sampai pada titik ini, learning curve mulai ada kenaikan. Tidak hanya kustomisasi yang dasar saja untuk situs, sejumlah besar pergantian penambahan mengharuskan Anda buat memahami serta mengerti PHP, HTML, serta bahasa pemrograman yang lain. Bila Anda tidak paham langkah memakai bahasa pemrograman, karena itu harus Anda mesti menyewa seorang website developer.

Bahkan juga beberapa hal seperti mengupgrade atau mengupdate web juga memerlukan pengetahuan tehnis sebab Anda mesti mengendalikan serta mengurus kode buat menegaskan jika tiap-tiap komponen pada situs web Anda cocok dengan tampilan yang paling baru.

WordPress

Salah satunya faktor pokok kenapa WordPress jadi CMS yang sangat banyak dipakai ialah keringanan pada bagian setup serta pemakaiannya.

Meng-install WordPress tidak memerlukan waktu yang lama, cuma dalam beberapa waktu atau menit saja. Perihal ini disebabkan sejumlah besar basis hosting memberikan tool install sekali click yang akan mengakhiri semua proses install WordPress untuk Anda.

Sesudah WordPress sukses diinstall serta diaktifkan, Anda akan ditempatkan ke dashboard yang intuitif.

Dari sinilah, Anda dapat meng-install beberapa topik, plugin, membuat content, serta mengupdate situs.

Semua kustomisasi yang akan ditata dari tab Appearance. Selain itu, bila ingin lebih gampang dalam meningkatkan web, jadi Anda dapat meng-install drag and drop builder, contohnya Beaver Builder atau Elementor.

Menulis content sangat gampang. Bila awal mulanya Anda sempat memakai aplikasi atau tool buat menulis, jadi Anda akan familiar dengan skema tulisan content yang di tawarkan oleh WordPress.

Memberikan post serta halaman sama gampangnya dengan menulis dengan cara langsung di editor, men-drag gambar, serta mengeklik pilihan ‘Publish’.

bila Anda ingin keringanan dalam membuat serta mengonlinekan web, jadi pilihannya jatuh pada WordPress. Tidak cuma proses install-nya yang cepat, WordPress pun mempunyai dashboard yang intuitif hingga Anda dapat lebih gampang meng-install topik, plugin, dan menulis content.

Walau Anda dapat mengerjakan beberapa hal dengan Drupal, Anda mesti tahu coding atau langkah memakai bahasa pemrograman. Proses install-nya sendiri gampang. Akan tetapi, saat akan mengurus situs, Anda bisa kemungkinan akan merasakan beberapa permasalahan serta menjumpai jalan buntu bila tidak miliki ketrampilan tehnis.

WordPress versus Drupal : Kemudahan Mengurus Situs Anda

Saat ini Anda telah tuntas membuat situs, mengupload content, serta mengonlinekannya di internet. Sayangnya, pekerjaan Anda tidak berhenti sampai di sini saja.

Tidak hanya membuat situs, Anda harus juga tahu kapan serta bagaimana lakukan up-date web dengan teratur, menangani permasalahan apapun, bahkan juga mengatasi perihal seperti optimasi SEO supaya rangking situs naik di search engine.

Drupal

Menjaga situs Drupal Anda supaya tetap up to date tidak demikian gampang bila Anda bukan seseorang developer. Anda tidak dapat mengupdate Drupal cuma dari UI. Oleh karena itu, Anda mesti jadi seseorang yang pakar atau setidaknnya menyewa layanan situs developer profesional.

Meskipun buat mengupdatenya mesti melalui proses yang susah, Drupal adalah CMS web terunggul bila Anda ingin bergelut dengan SEO. Basis ini diperlengkapi dengan tool terunggul SEO, contohnya coaching bawaan. Diluar itu, Anda akan memperoleh beberapa ekstensi yang dapat meningkatkan rangking situs SEO Anda, contohnya Yoast SEO.

Komune dibalik kehadiran Drupal begitu menolong dan membantu sekali, tetapi jumlahnya masih tetap kurang bila dibanding dengan WordPress. Bahkan juga komune Drupal biasanya dibarengi oleh developer, alih-alih mereka yang masih tetap pemula serta pemula dalam dunia hosting dan web.

WordPress

Dengan WordPress, Anda dapat lebih gampang buat mengupdate tiap-tiap segi dari situs Anda. Dari mulai topik sampai pluggin serta bahkan juga pokok WordPress. Apapun bisa dikerjakan mealui dashboard WordPress cukup dengan click saja. Supaya keamanan tidak gampang disusupi oleh intimidasi dalam dunia internet, terpenting buat Anda untuk selalu mengupdate tiap-tiap segi situs.

Tidak hanya pastikan situs supaya tetap diperbaharui dengan vs paling baru, Anda juga mesti memperhatikan issue yang lain, yaitu traffic.

Untungnya, WordPress sudah dioptimalkan untuk SEO. Anda juga dapat meng-install plugin, seperti Yoast SEO, untuk optimasi situs supaya lebih baik kembali.

Apapun permasalahan yang Anda alami, apa plugin yang sama-sama bertentangan atau ingin memberikan layanan spesifik ke situs, Anda dapat minta pertolongan dari komune WordPress setiap saat.

Keseluruhannya, bila ingin keringanan dalam mengurus serta mengupdate situs, jadi WordPress ialah pilihan terunggul. Bahkan juga keringanan integrasi SEO serta komune yang besar mempermudah pemula yang baru pertama-tama membuat web.

Drupal memang mempunyai potensi tingkatkan SEO dan komune yang ikut serta di dalamnya, tetapi proses up-date yang tidak gampang menyusahkan pemula buat mengurus serta mengupdate situs mereka.

Itulah tentang wordpress dan drupal yang bisa anda ketahui, untuk selebihnya tunggu bagian kedua yang membahas wordpress dan drupal dengan segala kelebihannya.