Panduan Untuk Membuat Sitemap Pada WordPress

Dengan pembahasan kali ini, kami akan mengulas langkah membuat sitemap pada website. Apa yang dimaksud sitemap? Seperti namanya, Sitemap merupakan rincian halaman situs yang bisa dibuka hingga dapat bisa dibaca oleh pemakai dan search engine. Mungkin Anda sempat lihat atau temukan berbagai macam situs, terlebih situs pemerintah yang salah satunya link-nya dinamakan ‘sitemap’. Link ini akan mengarahkan pemakai serta search engine untuk menelusuri semua halaman yang ada pada situs web itu.

Sitemap dikenalkan di awalnya munculnya internet pada tahun 1994 serta 1995. Saat itu, sitemap dipandang paling sangat terpenting untuk diikutkan dalam web. Mungkin lantaran pada beberapa tahun itu sitemap situs web adalah alat navigasi penting sebelum beberapa desainer mengenalkan navigasi yang mutakhir serta gampang dipakai.

Mungkin Anda memandang jika sitemap tak akan dibutuhkan sebab telah ada alat navigasi yang lebih baik serta tambah cepat. namun anda salah, Dari pemikiran SEO, sitemap bahkan juga benar-benar dibutuhkan sekarang ini. Tersebut beberapa keuntungan kenapa Anda memerlukan sitemap:

Sitemap membuat halaman situs Web Anda lebih gampang ditemukan oleh search engine, dan indexing semakin lebih cepat.
Bila ada pergantian pada susunan situs web Anda, sitemap akan menginformasikannya pada search engine.
Sitemap pun mendukung search engine dalam mengindeks situs web besar yang mempunyai sangat banyak halaman yang tidak tersusun ataukah tidak interlinked.

Tiga point diatas merupakan beberapa fakta kenapa sitemap begitu penting dan kenapa Anda mesti membuat sitemap untuk situs web WordPress. Pada pembelajaran WordPress kesempatan ini, kami akan ajak Anda untuk tahu langkah memberikan sitemap pada WordPress

Perbedaan XML Sitemap dan HTML Sitemap

Pada umumnya, sitemap dibagi dalam dua kelompok: XML sitemap serta HTML sitemap. Perbedaan penting ke-2 sitemaps ini yaitu XML diperuntukkan untuk search engine, sedang HTML dibikin untuk pemakai web.

XML sitemap:

Seperti yang telah diterangkan, XML sitemap diperuntukkan untuk search engine. Diluar itu, XML pun berisi metadata dengan URL web. Metadata berisi semua info, termasuk juga kapan akhir kali satu URL di-update, berapa cepat pergantian berjalan, dan lain-lain.

HTML sitemap:

HTML sitemap diperuntukkan untuk pemakai. Diluar itu, HTML pun memberi navigasi yang lebih gampang. Sitemap ini pula mengarahkan pemakai untuk berkunjung ke halaman Kontak Us atau Shopping Cart, dan lain-lain. Tidak diragukan kembali, HTML sitemap tidak hanya betul-betul didesain untuk pemakai, tetapi pun meningkatkan rangking web sebab web Anda lebih gampang dipakai.

Baik HTML sitemap ataupun XML sitemap begitu mempermudah search engine untuk menelusuri halaman. Ke-2 sitemap ini begitu kami merekomendasikan untuk dipakai – satu untuk search engine serta satunya kembali untuk pemakai. Kenapa? Sebab Anda akan tidak kehilangan beberapa komponen terpenting yang terkait dengan SEO dan memberi jaminan sebuah pengalaman maksimal pada pemakai Anda.

Walau Anda menjalankan web popular, atau web baru, atau website, Sitemap begitu diperlukan untuk semua web. Untuk website baru yang tidak mempunyai banyak back-link, sitemap menolong dalam mengindeks halaman situs.

Panduan Untuk Membuat Sitemap Pada WordPress

Ada cara-cara untuk bikin WordPress XML sitemap. Pada panduan ini, Anda akan belajar mengenai langkah untuk memberikan sitemap dengan memakai beberapa plugin WordPress sitemap. berikut adalah cara dan langkah yang bisa anda lakukan

Membuat XML Sitemap dengan SEO Yoast

Yoast SEO plugin adalah salah satunya plugin yang popular serta banyak dipakai untuk mengimprovisasi SEO dalam satu web WordPress atau website. Plugin tersebut berperan mengendalikan semua segi cara yang terkait dengan content serta mendukung Anda untuk menaksir kata kunci (keyword) density, tag H1 serta H2, apa dapat dibaca ataukah tidak (readability), dan lain-lain. Yoast SEO plugin pun mendukung Anda pada membuat XML sitemap.

Berikut ini merupakan langkah-langkah untuk memberikan XML sitemap pada situs web WordPress Anda dengan memakai Yoast SEO plugin:

  • Pertama anda Install plugin tersebut serta jangan lupa untuk mengaktifkan WordPress SEO by Yoast plugin.
  • Sesudah plugin itu diaktifkan, lihat SEO -> Features serta aktifkan feature Advanced setting pages.

Feature tersebut itu akan mengaktifkan XML sitemap buat WordPress Anda. XML Sitemaps halaman baru itu akan terlihat dibagian bawah pada menu SEO. Di sini Anda dapat mengendalikan beberapa penyusunan, Contohnya seperti max entries per sitemap, exclude particular pages/posts dari sitemap, dan sebagainya. Anda tak perlu merubah apapun di sini terkecuali bila ingin custom WordPress sitemap.

Pada langkah ini Anda membuat XML sitemap memakai plugin itu. URL WordPress sitemap bisa anda melihatnya di bagian bawah Your XML Sitemap.

Membuat XML Sitemap dengan Google XML Sitemap

Plugin Google XML sitemap Juga dapat dipakai dalam membuat XML sitemap buat mempermudah search engine dalam menelusuri situs web Anda.

Plugin tersebut adalah metode yang gampang dalam membuat sitemap buat beberapa search engine, seperti Ask, Google, Yahoo, dan Bing. Plugin Google XML juga membuat sitemap buat semua halaman WordPress serta custom URL. Dengan automatis, Plugin ini akan memberikan sebuah pemberitahuan ke semua search engine penting pada saat content teranyar dimuat atau di-publish.

Selanjutnya cara-cara yang dapat Anda ikuti:

  • Install dan jangan lupa untuk aktifkan plugin Google XMl dari WordPress plugin directory yang sah.
  • Sesudah diaktifkan, plugin ini akan dengan automatis memperlihatkan sitemap untuk situs web Anda.

Jika anda ingin melihat URL WordPress sitemap Anda,maka bukalah halaman konfigurasi plugin dengan mengeklik Settings -> XML Sitemap. Pada halaman tersebut Anda dapat juga bisa merubah beberapa penyusunan, post/page priority, exclude konten, dan lain-lain.

Sitemap adalah sisi terpenting dari situs web. Maksud penting dalam pembuatan web yaitu buat menyiapkan info pada pemakai serta lebih jauh kembali dalam mengamankan top rangking pada halaman search engine. Ke-2 segi ini akan perkaitan dengan sitemap yang bukan sekedar ada untuk dalam membuat situs web Anda lebih gampang dicari serta dipakai, tapi ikut membuat penelusuran juga dalam pengindeksan oleh mesin pencari spiders serta bots bertambah cepat.

Demikianlah penting sitemap untuk webiste anda dan cara memang sitemap denga plugin-plugin yang mendukung dalam pembuatan sitemap website untuk anda. mudah-mudahan dengan adanya panduan ini bisa memberikan sebuah pelajaran yang berharga untuk anda sebagai langkah untuk membantu menaikkan ranking pada mesin penelusuran search engine.

Selain itu, apabila saat ini anda membutuhkan hosting dan domain murah, maka dewabiz.com sebagai perusahaan yang menyediakan layanan hosting dan domain murah siap membantu anda dalam menemukan hosting dan domain terbaik untuk anda.

Jika saat ini anda memilih layanan hosting dan domain dari dewabiz.com, maka anda akan mendapatkan pelayanan full support 24 dari kami dalam menjaga website atau ada hal-hal yang tidak anda ketahui.