Panduan Search Engine Optimization (SEO) untuk On Site

Teknik search engine optimization atau yang sering dikenal denga singkatan SEO merupakan teknik yang banyak dicari orang sekaligus teknik ini misterius. Teknik ini selain menjadi sebuah senjata untuk mempromosikan website, namun teknik ini juga sangat ditakuti oleh para penggunanya.

Apabila anda menggunakan sebuah cara SEO yang benar akan sangat membantu dalam meningkatkan peringkat sekaligus mendatangkan pengunjung yang banyak kepada situs web anda. Apabila anda seorang yang suka dengan dunia blog dan ingin memonetisasi blog atau anda seorang internet marketing, maka ilmu ini sangat diperlukan oleh anda.
Maka dalam artikel kali ini kami akan membahasa tentang cara optimasi SEO dengan lengkap. Berikut adalah ulasan-ulasannya untuk anda.

On Site Atau Pengaturan Situs Web SEO

Sebelum anda akan mulai menerapkan optimasi untuk setiap laman, maka perhatikan dan pastikan bahwa anda sudah mengatur seluruh website dengan benar. Karena, tidak sedikit ditemukan sebuah website yang tak ramah dengan SEO, sekalipun website itu sudah di dengan benar dari awal.

Biasanya, selain memberi aturan pada konten, alangkah baiknya anda harus memastikan untuk memiliki akses yang bisa mengatur judul laman, title tag, dan meta tags. Pada umumnya, website sekarang sudah menggunakan platform yang berbasis kode Hypertext Mark Up Language atau sering disingkat dengan HTML, contohnya, Conten Management System atau CMS dan Blogsopt. Maka dengan semua itu anda harus bisa login dan mengatur kode HTML pada situs web anda.

Jika sekarang anda masih menggunakan WordPress yang gratisan, saran dari kami untuk cepat mempertimbangkan dengan menggunakan web hosting dan domain yang berbayar. Sebab, pada akun gratis pengaturan pada kode CMS tersebut sangat terbatas.

Pengaturan Awal Website

Langkah pertama untuk memulai cara search engine optimization atau SEO kami akan memberikan sebuah daftar yang harus anda persiapkan untuk melakukan pengaturan pada website anda. Dan pastikan bahwa anda bisa mempunyai akses pada pengaturan daftar tersebut. Karena proses ini akan berhubungan dengan masalah teknis yang memang agak mendalam. Jadi, apabila anda memiliki webmaster atau web designer, anda bisa meminta bantuan padanya. Atau apabila anda tidak bisa melakukannya tersebut, anda bisa mencari informasi tentang ini, karena diluar sana akan ada banyak tentang teknik pengaturan website yang bisa anda pelajari.

Adapun daftarnya sebagai berikut ini!

• HTML tag pada setiap laman atau Page title pada setiap laman
• Meta keyword pada setiap laman
• Meta tag pada setiap laman
• Mempunyai laman Privacy Policy
• Mempunyai laman kontak
• Tautan pada homepage perlu berupa text link, buka kode javaScript yang tersembunyi pada navigasi
• Hanya mempunyai satu

atau Heading pada setiap laman serta postingan. H1 pada umumnya akan digunakan pada judul laman dan postingan. Untuk H2 anda bisa gunakan semaumu, namun pastikan untuk H1 ada satu, karena akan dianggap spam apabila ada H1 lebih dari satu.

• Bisa akses ke blog/news page
• Bisa menambahkan dan mengubah konten pada laman.

Perlu anda ketahui, bahwa yang dimaksud dengan sebuah blog adalah anda mempunyai akses untuk membuat, mempublish, dan mengedit sebuah postingan lama maupun baru.

On Site pada SEO

Ada dua bagian utama untuk sebuah Optimasi SEO yakni On Site dan Off Site

1. On site SEO merupakan sebuah optimasi yang bisa anda lakukan pada bagian dalam website anda yang akan kami bahas pada artikel kali ini.
2. Off Site SEO merupakan sebuah optimasi yang bisa anda lakukan pada bagian luar website anda. Maksudnya, anda mendapatkan backlink dari website orang lain. Ada beberapa perbincangan tentang cara off site SEO ini, namun kami tidak akan membahas off site SEO pada artikel kali ini.
Cara cara yang bisa anda lakukan untuk Optimasi On Site SEO adalah dengan panduan berikut ini!

1. Laman Privaci Policy dan Kontak

Pada kedu laman ini ada beberapa kebijakan dari google untuk sebuah website. Google akan lebih suka dengan website yang mempunyai Privacy Police dan Laman Kontak karena website ini akan dianggap lebih kredibel. Jadi, silahkan anda siapkan dan lengkapi website anda dengan kedua laman tersebut.
Pada Privacy Police ada beberapa macam bentuk yang bisa anda terapkan pada website anda, yakni laman Term of Service atau Disclosure

2. Memahami Struktur Website

Memahai sebuah struktur pada website anda sendiri sangat penting karena dengan menggunakan cara ini anda akan menautkan antara satu laman dengan laman lainnya yang bisa menjadi optimasi SEO atau sebalinya. Pernah mendengari silo structure? Ini merupakan istilah yang sangat populer karena bisa menghasilkan optimasi SEO.
Adapun gambar yang bisa anda pelajari tentang silo structure sebagai berikut ini!

3. Tautan Website

Cara yang bisa anda lakukan untuk meng optimasi SEO on site adalah dengan menautkan sebuah laman yang satu dengan laman yang lainnya. Apabila dalam satu artikel mempunyai tautan pada artikel lain, itu berarti anda sedang menggunakan cara tautan tersebut yang biasa dikenal dengan link juice yang bermanfaat untuk saling membantu dalam meningkatkan peringkat atau trafik.
Ada beberapa website yang dilengkapi dengan fitur Read More atau Baca Selengkapnya. Namun anda jangan gunakan itu, sebaiknya gunakan kata kunci untuk anchor text tersebut.

4. Bermacam-macam Tautan

Anda juga bisa menggunakan sebuah variasi pada tautan selain dengan kata kunci. Contohnya sebagai berikut ini!

• Judul Postingan
• Artikel Berikut
• Baca Selengkapnya Di
• Klik Disini
• DLL

Apabila anda melakukan langkah-langkah tersebut dengan benar dan baik, maka peringkat pada website anda akan meningkat dalam beberapa minggu kemudian. Maka harap bersabar dengan teknik SEO ini, karena mereka akan berproses dengan waktu yang lama.

Optimasi Pada Kata Kunci Baru

Misalkan anda sudah memegang kata kunci, maka sekarang anda untuk memulai optimasi. Coba lihat pada google Webmaster Tools dan cek keyword pada search console. Carilah kata kunci tersebut dengan tidak ada pada peringkat 5 teratas. Lalu salin kata kunci tersebut pada pencarian google serta anda lihat artikel yang muncul pada hasil pencarian tersebut. Maka laman ini yang anda optimasi dengan kata kunci yang sudah diketahui tadi.

Masuk pada laman serta buat perubahan dengan daftar berikut ini!

1. Simpan frasa keyword pada title bag.Alangkah baiknya simpan pada bagian awal.
2. Simpan frasa kata kunci pada H2 tag atau subheading. Tambahkan dengan sebagian keyword yang memang relevan dengan membentuk suatu kalimat yang utuh. Misalnya, keyword anda “Cara Membersihkan Luka” maka jadikan satu kalimat yang utuh dengan “ 10 Cara Membersihkan Luka secara Alami”.
3. Simpan 1 frasa keyword pada isi konten
4. Simpan frasa keyword pada meta keyword

Demikianlah pemabahasan tentang cara search engine optimasi (SEO) on site yang bisa kami sajikan untuk anda, semoga pembahasan kali ini bisa membantu anda untuk masalah SEO.