Panduan Pemula : Memahami Dashboard WordPress Admin

Untuk para pemula, belajar dalam memahami dashboard WordPress Admin yang penting. Karena hal itu supaya nantinya tidak bingung saat menggunakan area admin dashboard. Oleh sebab itu, kami memberikan tutorial yang lumayan lengkap dan sudah juga kami pelajari dari alienwp.com. Dibawah ini adalah panduan atau tutorialnya!

Cara Mengakses Dashboard Admin WordPress Anda

Mari kita mulai dari awal:

Bagaimana cara mengakses dasbor admin WordPress Anda. Secara default, Anda selalu dapat mengakses dasbor WordPress dengan menambahkan “wp-admin” di akhir URL WordPress utama Anda.

Biasanya, ini berarti Anda dapat mengakses dasbor di:

yourdomain.com/wp-admin

Dengan itu, jika Anda menginstal WordPress di subfolder dari nama domain utama Anda ( seperti ” domain Anda.com/wordpress”) , Anda harus menambahkan “/ wp-admin” ke folder tertentu untuk mengakses dasbor Anda.

Ketika Anda mengakses URL itu, Anda akan melihat layar ringkasan dasbor Anda ( meskipun Anda mungkin harus masuk ke instalasi WordPress Anda sebelum Anda bisa melihatnya ).

Dashboard admin WordPress Anda memiliki sejumlah bagian, semua dapat diakses oleh opsi menu di sisi kiri layar Anda:

Lihat Layar Ringkasan Dasbor Anda

Secara default, area dasbor utama menunjukkan kepada Anda gambaran umum yang luas tentang situs Anda dan aktivitasnya, serta beberapa informasi tentang acara dan berita WordPress yang akan datang:

Anda mungkin tidak akan menghabiskan banyak waktu di antarmuka ini. Sebagai gantinya, Anda akan menghabiskan sebagian besar waktu Anda menggunakan bagian yang lebih khusus dari dasbor admin WordPress Anda.

Namun, tampilan keseluruhan ini bermanfaat untuk melihat hal-hal “sekilas”, dan beberapa plugin akan menambahkan “widget” yang membantu ke layar ini.

Satu area yang sangat penting adalah submenu Pembaruan . Jika Anda perlu memperbarui perangkat lunak, plugin, atau tema WordPress Anda, angka merah akan muncul yang menunjukkan berapa banyak pembaruan yang perlu Anda lakukan:

Untuk memperbarui situs Anda secara otomatis, Anda dapat mengklik tautan Pembaruan dan menjalankan pembaruan/update langsung dari area dasbor itu:

Membuat dan Mengelola Posting dan Halaman

Beralih dari area dasbor utama, mari kita ke fungsionalitas inti dari sebagian besar situs WordPress:

Posting dan halaman

Kedua jenis konten ini adalah cara default untuk membuat konten untuk situs Anda. Posting adalah yang terbaik untuk konten gaya posting blog, sementara halaman lebih baik untuk konten yang lebih statis.

Untuk membuat posting atau halaman baru, yang perlu Anda lakukan adalah membuka Posting → Tambah Baru atau Halaman → Tambah Baru:

Kemudian, Anda akan berada dalam apa yang disebut Editor WordPress .

Cara Kerja Editor WordPress

Editor WordPress adalah tempat Anda benar-benar dapat memasukkan konten teks untuk posting atau halaman Anda, menambahkan gambar, memilih kategori, dan banyak lagi.

Area editor utama adalah sesuatu yang disebut WYSIWYG ( apa yang Anda lihat adalah apa yang Anda dapatkan ). Itu artinya fungsinya mirip dengan cara kerja sebagian besar program pengolah kata.

Misalnya, jika Anda ingin membuat teks tebal, Anda cukup menekan tombol B , ketik teks Anda, dan Anda akan melihat teks tebal:

Anda dapat menggunakan tombol lain untuk menambahkan lebih banyak pemformatan.

Untuk menambahkan gambar, Anda dapat menggunakan tombol Tambah Media . Dan setiap kali Anda siap untuk mempublikasikan posting atau halaman Anda, yang perlu Anda lakukan adalah menekan tombol Publish .

Mengelola Posting dan Halaman Anda

Setelah Anda mempublikasikan beberapa posting atau halaman, Anda dapat mengelolanya dengan mengklik opsi menu Posting atau Halaman :

Jika Anda mengarahkan kursor ke pos atau halaman tertentu, Anda dapat dengan cepat mengakses berbagai opsi yang bermanfaat. Dan Anda juga dapat memfilter dan menerapkan tindakan massal ke posting Anda dengan menggunakan drop-down di bagian atas antarmuka.

Filter ini mungkin tidak terlalu membantu ketika situs Anda masih baru. Tetapi ketika situs Anda semakin populer, mereka pasti akan berguna.

Mengelola “Media” Gambar Aka, Video, dan Lainnya

Di tab Media , Anda dapat mengelola gambar dan file media lain yang Anda unggah ke situs WordPress Anda:

Anda dapat beralih di antara berbagai tampilan dengan beralih ikon. Dan Anda juga bisa mengurutkan dan memfilter menggunakan drop-down.

Anda tidak akan sering menggunakan area ini dari dashboard admin WordPress. Tapi itu berguna untuk situasi tertentu, seperti ketika Anda ingin menghapus file media tertentu dari situs Anda.

Anda juga dapat menambahkan file media baru dengan mengklik Tambah Baru . Tapi, biasanya lebih mudah untuk mengunggah gambar melalui antarmuka Editor WordPress saat Anda membuat posting atau halaman.

Mengelola Komentar Dari Pengunjung Anda

Di menu Komentar , Anda dapat mengelola komentar dari pengunjung Anda. Tab ini sangat penting karena, setidaknya secara default, komentar pengunjung Anda tidak akan muncul di bagian depan situs Anda sampai Anda menyetujui komentar secara manual.

Anda dapat mengubah pengaturan ini di area Pengaturan (lebih lanjut tentang itu nanti!), Tetapi secara default, komentar pertama pengguna selalu membutuhkan moderasi manual.

Untuk setiap komentar, Anda dapat mengarahkan kursor untuk menandainya sebagai:

  • Disetujui
  • Spam
  • Sampah

Dan Anda juga dapat dengan cepat mengedit atau membalas komentar dari menu yang sama:

Menggunakan Customizer WordPress

Jika Anda mengklik opsi Kustomisasi , Anda akan meluncurkan sesuatu yang disebut Customizer WordPress.

Jika tema Anda mendukungnya, ini adalah antarmuka yang berguna yang memungkinkan Anda membuat perubahan pada tema Anda tanpa perlu tahu kode apa pun. Yang lebih bermanfaat adalah Anda dapat melihat pratinjau perubahan itu secara waktu nyata:

Menambah atau Menghapus Widget

Di menu Widget , Anda dapat menambah atau menghapus widget hanya dengan menarik dan menjatuhkannya di antara kolom Widget yang Tersedia di sebelah kiri dan kolom Bilah Sisi di kanan:

Tergantung pada tema spesifik Anda, Anda mungkin memiliki beberapa area widget yang tersedia. Setiap area akan ditandai dengan judul.

Menambah atau Menghapus Item Menu

Di tab Menu , Anda dapat menambah atau menghapus tautan dari menu navigasi yang digunakan di situs Anda. Anda dapat menggunakan opsi di sisi kiri layar untuk menambahkan item menu baru. Kemudian, Anda dapat mengatur ulang item menu yang ada dengan menyeret dan menjatuhkannya:

Menambah dan Mengelola Plugin WordPress

Plugin WordPress membantu Anda menambahkan banyak fungsionalitas yang rapi ke situs Anda. Di area menu Plugins , Anda dapat menambahkan plugins baru dan mengelola plugins yang ada.

Ketika Anda pertama kali mengklik pada Plugin , Anda dapat melihat daftar semua plugin yang diinstal di situs Anda. Anda juga dapat mengaktifkan, menonaktifkan, atau menghapus setiap plugin dari area ini:

Jika Anda mengklik tombol Tambah Baru , Anda dapat menambahkan plugin baru dengan mencari direktori plugin WordPress.org atau mengunggah file ZIP:

Menambah dan Mengelola Pengguna

Di area Pengguna , Anda dapat melihat dan mengelola semua akun yang terdaftar di situs Anda. Jika Anda adalah satu-satunya orang yang memiliki akses ke situs Anda, kemungkinan Anda tidak akan pernah menggunakan area ini dari dashboard admin WordPress.

Tetapi jika Anda memiliki penulis atau kontributor lain, area ini bermanfaat untuk mengelola akun tersebut. Anda dapat mengklik tombol Edit di bawah setiap pengguna untuk mengelola lebih banyak pengaturan.

Itulah panduan pemula untuk memahami dashbord WordPress Admin yang bisa dipelajari. Semoga bermanfaat!

*image all : alienwp.com