Langkah Mengatasi error 413 Request Entity Too Large di WordPress

Setiap praktisi seorang internet marketing atau orang yang begelut membuat sebuah blog, maka akan mendapatkan sebauh permasalah baik itu saat mengupload file atau masalah yang lainnya. Terkadang apabila anda ingin mengupload sebuah file dengan ukuran yang sangat besar biasanya akan terjadi sebuah masalah. Maka pada umumnya apabila terjadi tersebut akan muncul sebuah pesan error 413 Request Entity Too Large. Namun pastinya hal tersebut akan menganggu dalam pekerjaan anda. Tapi anda tak perlu panik, dalam kesempatan ini kami akan membahas tentang cara mengatasi error 413 Request Entity Too Large pada WordPress.

Pengertian Tentang error 413 Request Entity Too Large

Sebelum ke teknis dalam mengatasi error 413 Request Entity Too Large, maka anda perlu tahu dulu pengertian dan apa maksud dari error 413 Request Entity Too Large tesebut. Pesan itu akan muncul apabila anda melakukan kesalahan saat mengupload file yang dengan ukuran sangat besar pada server yang membuat sistem error. Pada umumnya, dalam mencakup ukuran standar untuk sebuah file media ada pengaturan defaultnya.

Apabila anda merasa telah melakukan sebuah upload file dengan ukuran yang sangat besar dengan melebihi ketentuan yang biasanya sudah ada aturannya maka error 413 Request Entity Too Large akan muncul pada layar monitor anda.

Cara Untuk Mengata error 413 Request Entity Too Large pada WordPress

Jika pada hari ini anda mengalami error 413 Request Entity Too Large di WordPress anda, maka ikuti tutorial dibawah ini dengan dipelajari dan langsung praktekan.

Peringatan : Sebelum anda melakukan metode metode dibawah ini, sebaiknya anda melakuakn back up fil terlebih dahulu untk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

1. Cara Pertama – Memodifikasi File Functions.php

File function.php biasanya suka digunakan untuk menentukan sebuah action dan classes pada situs yang website WordPress. File ini terdapat didalam bagian folder tema WordPress. Fungsi dari file tersebut adalah untuk menambahkan sebuah fungsionalitas dan fitur-fitur, misalnya menambahkan menu navigasi, post thumnail, dan post format.
Untuk memodifikasi file function.php tersebut sebagai berikut ini!

– Anda masuk pada Control Panel
– Buka File Manager
– Pada file manager ada 3 folder dibagian bawah public_html
– Lalu anda klik folder wp-content, maka setalah itu akan muncul file di sebelah kanan
– Kemudian anda klik 2 kali pada folder tema dan cari file function.php 
– Dan pastikan anda memilih file theme yang sedang anda gunakan
– Klik 2 kali di file function.php serta anda menambahkan code snippet yang akan kami sediakan dibagian bawah. Fungsi code snippet bisa menaikkan value upload_max_size, post_max_size, dan max_execution_time. 
– Setelah anda selesai mengkonfigurasi, jangan lupa untuk menyimpan sebuah perubahan

Apabila anda sudah melakukan langkah-langkah diatas dengan baik dan benar, maka sekarang anda untuk mengecek pada admin WordPress apakah error 413 Request Entity Too Large masih muncul atau sudah hilang. Jika error 413 Request Entity Too Large sudah tidak ada lagi, maka cara-cara diatas sudah bisa mengatasi. Namun apabila belum teratasi bisa melakukan langkah kedua berikut ini!

2. Cara Kedua – Memodifikasi File htaccess

Apabila cara pertam yang anda lakukan tidak mengatasi error 413 Request Entity Too Large tersebut, maka lakukan cara kedua dengan memodifikasi atau mengedit file htaccess. Tapi dengan cara ini anda harus berhati-hati dan jangan membuat sebuah perubahan yang tidak perlu pada file tersebut.

Perlu anda tahu, bahwa file htaccess ini merupakan sebuah alat pengaturan atau konfigurasi yang dibaca oleh server. Seperti pengaturan konfigurasi pada otorisasi, caching, serta optimasi itu di timpa oleh file htaccess tersebut.
Untuk melakukan sebuah modifikasi pada file htaccess dalam mengatasi error 413 Request Entity Too Large sebagai berikut ini!

– Buka terlebih dahulu Cpanel anda
– Kemudian cari file htaccess pada folder public_html dan klik 2 kali ke file itu. Gambar
– Untuk menambahkan kode, nanti akan ada tempat popup yang muncul.
– Setalah itu anda baca line dengan detail dan seksama
– Apabila anda menemukan file #END WordPress pada akhir file, maka salin kode di berikut ke bagian bawahnya.
php_value upload_max_filesize 256M
php_value post_max_size 256M
php_value max_execution_time 600
php_value max_input_time 600

Jangan lupa anda untuk menyimpan sebuah perubahan tadi dengan klik tombol save atau simpan.
Jika anda sudah melakukan langkah-langkah diatas, maka cek kembali pada WordPress anda apakah anda sudah bisa mengupload file media dan tidak muncul lagi error 413 Request Entity Too Large.

Apabila cara kedua bisa mengatasi error 413 Request Entity Too Large di WordPress makan sekarangan anda sudah aman. Namun, jika belum berhasil maka silahkan anda melakukan langkah ke 3 berikut ini!

3. Cara Ketiga – Memodifikasi Konfigurasi Ngingx

Munculnya sebuah error 413 Request Entity Too Large ini karena website pada server membatasi sebuah ukuran file. Pada Nginx terdapat client_max_body_size yang mana itu merupakan ukuran maksimal pada suatu file yang telah ditentukan ketika anda ingin mengupload file. Jika anda bersikeras melebihi ukuran file yang telah ditentukan saat mengupload, maka pesan error 413 Request Entity Too Large akan muncul. Oleh karen itu, anda perlu mengatur atau mengonfigurasi ulang pada Nginx supaya saat anda mengupload file bisa normal kembali.

Saat anda ingin mengonfigurasi, maka anda memerlukan yang namanya editor teks. Untuk hal tersebut kami menyarankan anda memakai Vi text editor. Menurut kami tool tersebut sangat baik untuk melakukan sebuah proses konfigurasi dengan baik.

Cara yang bisa anda lakukan untuk memodifikasi konfigurasi Nginx sebagai berikut ini!

– Buka VPS melalui SSH dan Ketik command pada bagian bawah di teminal supaya bisa mengedit sebuah teks dengan Vi : vi /etc/nginx/nginx.conf
– Kemudian anda tambahkan baris diberikut kepada ngingx.conf .
– Baris tersebut untuk mengatur dari batasan file yang diinginkan oleh klien serat server menginzinkannya. Maka, lakukanlah untuk mengedit dan memasukkan jumlah file maksimum dengan ukuran file yang diinginkan. Contohnya dibawah ini

# set client body size to 8M #
client_max_body_size 8M;

Jangan lupa anda untuk menyimpannya dan reload website server nginx menggunakan command dibawah ini!

# nginx -s reload

Demikianlah cara mengatasi pesan error 413 Request Entity Too Large yang bisa kami sajikan dan bahas untuk anda. Semoga dengan tutortial kali ini bisa anda mengerti dan pahmi untuk mempraktekannya. Serta perlu anda ketahui, bahwa muncul pesan error 413 Request Entity Too Large tersebut karena saat anda mengupload sebuah file terlalu besar dengan ukuran maksimal yang sudah ditetapkan oleh konfigurasi server.