Kelebihan dan Kekurangan Google AMP untuk WordPress

Web terus berkembang, dan bagi banyak pemilik bisnis, ini berarti perlunya menyadari setiap perubahan pada Google. Jika Anda tidak beradaptasi, itu berarti Anda selalu selangkah di belakang yang lain. Google AMP, inisiatif seluler untuk mempercepat web, sekarang mendekati peringatan satu tahun. Karena sekarang jauh lebih stabil daripada 6 bulan yang lalu, kami pikir ini akan menjadi saat yang tepat untuk berbagi dengan Anda beberapa langkah tentang cara mulai menggunakan Google AMP di WordPress, serta beberapa pro dan kontra dari platform baru ini.

Apa itu Google AMP?

Proyek Google Mobile Accelerated Pages ( AMP ) awalnya diluncurkan pada Oktober 2015. Proyek ini didasarkan pada AMP HTML, kerangka kerja terbuka baru yang seluruhnya terdiri dari teknologi web yang ada dan memungkinkan situs web untuk membuat halaman web yang ringan. Sederhananya, ia menawarkan cara untuk menyediakan versi ramping dari situs web Anda saat ini.

Banyak perusahaan besar telah meluncurkan Google AMP selama setahun terakhir, termasuk WordPress, Reddit, eBay, Pinterest, Washington Post, Wired, Gizmodo, dll. Menurut Google , Slate melihat peningkatan 44% pengunjung unik bulanan dan 73% peningkatan kunjungan. per pengunjung unik bulanan .

Ketika halaman diputar di AMP di Google, ikon AMP akan muncul di sebelahnya, seperti yang ditunjukkan dalam demo New York Times di bawah ini . Perhatikan bahwa Anda harus menggunakan perangkat seluler untuk mengujinya. Anda juga dapat menggunakan emulator perangkat di devtools Chrome. Penandaan data terstruktur memungkinkan Google untuk menyajikan konten Anda dengan lebih baik dalam hasil pencarian. Sebagai contoh, artikel AMP yang memiliki properti markup yang sesuai dapat menerima slot carousel yang didambakan dalam SERPs seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

image by kinsta

Dan berikut adalah contoh tampilan halaman AMP di situs web New York Times. Seperti yang Anda lihat, halaman ini sangat sederhana dan sederhana, yang merupakan tujuan AMP. Ini memastikan bahwa halaman dimuat dengan cepat dan memberikan kegunaan yang lebih baik.

Manfaat Google AMP

  • AMP gratis dan open source.
  • AMP dapat secara signifikan meningkatkan waktu muat situs WordPress Anda. Dan ingat bahwa kecepatan adalah faktor peringkat.
  • Peringkat yang lebih baik di SERPs dengan kemampuan korsel untuk RKT yang lebih baik. Dalam penerapan penerbit populer ,
  • Google AMP menghasilkan peningkatan RKPT 600% !
  • Google AMP memberlakukan banyak praktik kinerja web yang direkomendasikan, seperti menghindari kerangka CSS dan JS yang besar.
  • Ini bisa berdampak positif pada konversi Anda.
  • Banyak perbaikan telah dilakukan selama setahun terakhir, dan opsi periklanan sekarang tersedia di Google AMP. Ini memungkinkan majalah dan rilis baru untuk mempertahankan atau bahkan meningkatkan pendapatan AdSense mereka.
    optimisasi gambar otomatis (juga konversi ke format WebP!)
  • AMP Lite memperkenalkan pengoptimalan lebih lanjut untuk koneksi jaringan yang lambat. Google melihat pengurangan gabungan byte hingga 45%.

Kerugian Google AMP

  • AMP saat ini bukan merupakan faktor peringkat , tetapi bisa menjadi salah satu di masa depan. Ini bisa dilihat sebagai keuntungan dan kerugian.
  • AMP bisa sulit diimplementasikan dan diuji jika Anda bukan pengembang. Untungnya, platform WordPress sedikit lebih mudah daripada yang lain.
  • Kenalkan platform dan fungsi terpisah yang benar-benar baru yang perlu Anda khawatirkan. Apa yang terjadi pada pengoptimalan sederhana situs seluler kami?
    dapat memengaruhi atau berdampak negatif pada konversi Anda
  • Ada laporan di Google AMP yang mengacaukan statistik di Google Analytics .
  • Beberapa pemilik situs web melihat keterlibatan yang lebih buruk dan tingkat pentalan yang lebih tinggi.
  • Masih ada skrip dan aplikasi pihak ketiga yang mungkin tidak didukung.
    tidak ada dukungan dari beberapa browser lama seperti Internet Explorer 11. Google telah menyatakan bahwa mereka umumnya akan mendukung 2 versi browser utama seperti Chrome, Firefox, Edge, Safari dan Opera. Dan mereka mendukung versi desktop, ponsel, tablet, dan tampilan web browser mereka.

Google AMP di WordPress

Untungnya, sekarang jauh lebih mudah untuk mengimplementasikan Google AMP di WordPress daripada 6 bulan yang lalu. Kemajuan besar telah dibuat pada plugin WordPress dan platform secara keseluruhan. Ingat, bagaimanapun, bahwa kode Anda harus divalidasi dengan Google untuk menampilkan versi AMP dari halaman web Anda di SERPs . Plugin mengubah posting Anda menjadi versi AMP, tetapi terserah Google untuk memutuskan apakah Anda melihat versi AMP Anda.

Pada dasarnya, ini berfungsi agar posting WordPress Anda diberikan URL yang berbeda. Semua ini secara otomatis diambil alih oleh plugin WordPress. Biasanya, / amp atau amp ditambahkan ke posting Anda saat ini. Berikut ini sebuah contoh:

URL Posting Blog Asli: https://domain.com/blog-post
AMP URL Posting Blog: https://domain.com/blog-post / amp /

Plugin Google AMP WordPress

Saat ini ada 2 plugin WordPress populer di repositori yang dapat membantu Anda mengatur dengan Google AMP. Yang pertama adalah plugin AMP resmi gratis , yang sebenarnya dikembangkan oleh tim di Automattic.

Validasikan kode Google AMP Anda

Setelah Anda mendapatkan pengaturan Google AMP di situs WordPress Anda, Anda akan ingin memastikan bahwa kode Anda valid. Jika tidak, Google tidak akan menampilkan versi AMP dalam SERPs. Anda dapat menjalankan situs WordPress Anda melalui alat Google AMP Validator . Ini akan menunjukkan Anda di bagian bawah jika Anda lulus atau gagal.

Setelah menyiapkan Google AMP di halaman WordPress Anda, Anda harus memastikan kode Anda divalidasi. Jika tidak berhasil, Google tidak akan menampilkan versi AMP di SERPs. Anda dapat menjalankan halaman WordPress Anda melalui Alat Validator Google AMP.

Google AMP SEO

Aspek lain adalah SEO karena Anda sekarang memiliki dua salinan dari halaman atau posting yang sama. Anda tidak perlu khawatir tentang duplikat konten, karena kedua plugin di atas menggunakan tag kanonik dengan AMP. Tag kanonik memberi tahu Google bahwa konten asli adalah versi desktop Anda. Google secara otomatis mengenali halaman AMP di halaman web Anda karena halaman asli Anda memiliki tag header yang mengarahkan Googlebot ke halaman AMP Anda.

Plugin AMP untuk WP yang disebutkan di atas juga berfungsi baik dengan plugin Yoast SEO untuk menambahkan meta dan tag OG Anda untuk SEO dan keperluan sosial.

Pemantauan Relik Baru untuk Google AMP

Penting juga untuk dicatat bahwa bagi pelanggan yang menggunakan Pemantauan Relik Baru.

Ini karena halaman HTML yang diformat untuk Google AMP tidak boleh mengandung JavaScript pihak ketiga. AMP untuk WP Plugin yang disebutkan di atas sepenuhnya mendukung Relik Baru. Namun, jika Anda perlu menonaktifkan Browser Relik Baru pada halaman AMP, ikuti instruksi di Menonaktifkan pemantauan browser untuk halaman tertentu . Ada juga plugin WordPress gratis, Nonaktifkan NewRelic Untuk AMP , yang dapat Anda instal.

Aktifkan AMP untuk tautan eksternal dengan Cloudflare

Cloudflare memiliki fitur baru, baru-baru ini diperkenalkan, yang memungkinkan Anda mengaktifkan tautan seluler yang dipercepat ke tautan eksternal yang menjalankan AMP. Salah satu manfaat situs web Anda adalah konten AMP dimuat di pemirsa langsung di halaman web yang ditautkan ke konten. Ini berarti bahwa setelah membaca konten, pembaca menutup pemirsa dan membawanya kembali ke halaman web Anda. Dalam arti, itu bisa meningkatkan waktu di situs web Anda secara keseluruhan. Anda dapat mengaktifkan ini di Dashboard Kinerja Cloudflare.