Cara Tambah Kategori dan Tag di WordPress?

Kategori dan tag di WordPress merupakan sesuatu yang akan selalu Anda temukan di sidebar kanan saat menulis atau mengedit posting. Tapi ada lebih dari topik itu. Kategori dan tag jauh lebih penting ketika menyangkut organisasi konten di situs Anda, dan juga SEO.

Kategori dan tag adalah dua cara utama untuk mengelompokkan konten di situs WordPress. Secara sederhana, kategori merupkana label umum, sementara tag lebih spesifik (menjelaskan posting Anda lebih detail).

Berikut ini akan bahas kategori dan tag di WordPress satu per satu:

Apa itu kategori di WordPress?

Secara singkat, kategori merupakan metode buat pengelompokan konten yang paling umum di situs WordPress. Suatu kategori akan melambangkan suatu topik atau sekelompok topik yang terhubung satu sama lain dalam beberapa cara.

Terkadang, sebuah postingan dapat menjadi memiliki banyak kategori pada saat yang bersamaan. Namun, mungkin bukan ide terbaik untuk menetapkan lebih dari 2-3 kategori pada satu postingan. Intinya di sini adalah mengatur konten Anda dengan serapih mungkin sehingga memudahkan akses bagi pembaca.

Misalnya, apabila Anda menulis posting yang mengumumkan berita terbaru, maka memasukkannya ke dalam kategori “Berita”. Jika Anda menulis tutorial tentang cara menjaga situs WordPress Anda tetap aman, maka meletakkannya di “Keamanan.” Tapi, jika menemukan beberapa berita yang melibatkan keamanan, maka bisa menambahkan postingan ke kedua kategori: “Berita” dan ” Keamanan.”

Untuk mengedit kategori di situs Anda, buka Posting/Kategori :

Mari kita bayangkan Anda menjalankan majalah online. Satu jalur yang bisa Anda ikuti adalah membuat kategori untuk setiap kolom yang Anda jalankan. Misalnya, politik, olahraga, sosial, seni, dll. Setiap kategori harus memiliki:

sebuah nama,
slug (struktur URL halaman kategori … sesuatu seperti permalink ),
apakah itu kategori induk atau bukan (apabila itu termasuk kategori yang lebih besar),
deskripsi.

Selain membuat kategori seperti itu, Anda juga dapat menetapkannya setiap kali menulis atau mengedit postingan blog. Ada kotak ini di bilah sisi kanan:

Apa itu tag di WordPress?

Tag merupakan mekanisme yang bagus jika Anda ingin mengidentifikasi suatu konten dengan beberapa kata kunci tertentu. Cukup pilih beberapa kata yang menggambarkan postingan yang diberikan.

Perbedaan utama antara kategori dan tag adalah cara Anda menggunakannya. Di satu sisi, kategori dimaksudkan untuk menunjukkan genre posting. Tag di sisi lain, lebih mendalam untuk menunjukkan hal-hal individual yang dibicarakan oleh pos. Karenanya, Anda dapat atau bahkan diharapkan menggunakan banyak tag dengan satu posting blog.

Misalnya, jika Anda menulis posting tentang Jojo memenangkan emas di Olimpiade, maka dapat menambahkan tag berikut: Jojo, emas, badmintton, Rio, Olimpiade. Dan daftarnya bisa lebih banyak. Biasanya, ketika dibaca bersama, tag sepertinya meringkas ide posting.

Untuk mengedit tag, buka Posting/Tag:

Meskipun Anda tidak perlu sering mengunjungi bagian itu, ada baiknya memeriksanya sesekali, hanya untuk melihat tag spesifik mana yang paling sering Anda gunakan.

Lebih penting lagi, seperti halnya dengan kategori, Anda juga dapat menetapkan tag saat mengedit posting blog. Seperti ini:

Cara mengoptimalkan Kategori dan Tag di WordPress untuk SEO

Kategori

Kategori dan tag terkadang dapat berdampak negatif pada SEO jika Anda tidak mengubah cara default yang digunakan WordPress.

Anda dapat melakukan perubahan ini dengan plugin Yoast SEO:

Setelah Anda menginstal plugin, buka bagiannya di menu dasbor (berlabel “SEO”). Selanjutnya, klik Judul & Metas, lalu buka tab Taksonomi . Di sana, disarankan untuk mengatur parameter “Meta Robots” ke noindex:

Melakukannya akan secara efektif mencegah Google mengindeks daftar kategori Anda sendiri. Ini akan membantu Anda menghindari masalah “duplikat konten” potensial.

Tag

Tag berfungsi hampir sama dengan kategori (juga ditangani di panel “Taksonomi” yang sama dari plugin Yoast SEO:

Pada akhirnya, kategori dan tag di WordPress sangat penting dalam mengatur konten situs web Anda dan memastikan bahwa semuanya mudah diikuti oleh pembaca.