Cara Submit Sitemap di Google Search Console

Apabila Anda baru memulai karir blogging Anda, Anda mungkin tidak tahu bagaimana mesin pencari bekerja dan bagaimana menampilkan situs web Anda di hasil pencarian Google untuk mengarahkan lalu lintas ke blog Anda.

Anda dapat menunjukkan situs web Anda di pencarian Google secara gratis apabila Anda ingin membantu Google menemukan blog Anda lebih cepat.

Untuk melakukan hal tersebut, Anda perlu tahu mengenai pengetahuan Google Search Console atau dulu dikenal dengan Google Webmaster Tools.

Search Console merupakan alat gratis yang ditawarkan oleh Google untuk membantu Anda menampilkan situs web Anda di hasil pencarian Google (mengindeks atau merayapi situs web Anda).

Alat tersebut juga membantu Anda dalam meningkatkan tingkat perayapan blog Anda.

Cara Submit Sitemap di Google Search Console

Untuk melakukan submit sitempa di Google yang harus Anda lakukan adalah mengikuti langkah-langkah berikut ini!

Pertama-tama, Anda harus memverifikasi di Google Search Console bahwa Anda adalah pemilik situs webnya.

Dan, tugas kedua dan paling penting adalah mengirimkan sitemap blog / situs web Anda ke console pencarian.

Pada pembahasan ini Anda akan dipandu melalui metode langkah demi langkah tentang cara mengirim peta situs web ke Google Search Console.

Tapi, sebelum itu kita perlu memahami apa sebenarnya Sitemap itu, dan mengapa penting bagi blog Anda untuk mengirimkan Sitemap.

Apa itu SiteMap?

Saat kata itu terdengar, Sitemap sebenarnya adalah peta situs web Anda.

Ketika Google crawler menjelajahi web dengan mengindeks halaman web baru dalam database-nya, blog-blog baru biasanya terlewatkan karena hanya sedikit atau tidak ada situs yang terhubung dengan mereka dan mereka tidak mengetahui hal-hal tentang sitemap.

Sitemap merupakan file XML atau HTML yang berisi semua URL halaman di dalam blog Anda.
Sementara sitemap HTML membantu pengunjung Anda menavigasi melalui blog Anda, sitemap XML akan membantu crawler mesin pencari dengan cara yang sama.

Saat Anda mengirimkan sitemap XML ke Google Search Console, hal ini akan membantu crawler mesin pencari buat menemukan semua URL di situs web Anda dan menambahkannya ke database mereka.

Ada berbagai bagian sitemap yang memengaruhi tingkat perayapan blog Anda, seperti ukuran sitemap Anda, jumlah URL dalam peta situs Anda, prioritas pengindeksan halaman di blog Anda, frekuensi pembaruan, dll.

Sekarang, setelah Anda sudah mengetahui tentang sitemap dan paling pentingnya, mari memulai untuk langkah selanjutnya.

Cara Submit Sitemap di Google Search Console

Di bawah ini merupakan proses lengkap yang harus Anda ikuti untuk mengirimkan sitemap blog Anda ke Google Search Console.

Tutorial ini dibagi menjadi 2 bagian.

Satu untuk mengirim sitemap untuk posting blog (artikel) dan satu lagi untuk mengirimkan sitemap untuk halaman statis seperti hubungi kami, tentang kami, kebijakan privasi dll.

Langkah 1: Masuk ke Akun Google Search Console Anda.

Langkah 2 : Pilih blog yang diinginkan untuk mengirimkan sitemap.

Langkah 3 : Di sisi kiri halaman, klik pada Sitemap di bawah bagian Perayapan.

Langkah 4 : Sekarang, di sudut kanan atas halaman, klik tombol Add / Test Sitemap.

Langkah 5 : Tambahkan kode di bawah ini di bidang teks yang disediakan.

atom.xml? redirect = false & start-index = 1 & hasil maksimal = 500

Diatas merupakan kode sitemap untuk blog Anda yang perlu Anda tambahkan.

Langkah 6 : Klik tombol “Submit Sitemap”.

Langkah 7 : Refresh halaman.

Selamat! Anda telah menyelesaikan proses pengiriman sitemap blog Anda.

Catatan : Sitemap di atas hanya akan berfungsi untuk 500 posting. Apabila Anda memiliki lebih dari 500 posting yang diterbitkan di blog Anda, maka Anda harus menambahkan satu lagi sitemap.

Itulah langkah-langkah yang harus Anda lewat mengenai cara submit sitemap di Google. Semoga beramanfaat!

Atau Anda juga bisa melakukan langkah-langkah berikut dibawah ini jika yang diatas kurang dimengerti!

Kunjungi xml-sitemaps.com situs web yang akan membantu dan submit URL Anda dan tekan mulai. Dalam waktu singkat file Anda akan selesai, dan Anda hanya perlu menyimpannya dengan mengklik Unduh XML Sitemap yang tidak terkompresi dan simpan file sitemap.xml Anda untuk disimpan pada komputer Anda di mana Anda dapat dengan mudah menemukannya seperti di desktop

Buka Alat Webmaster Google dan buat akun. Saran untuk memiliki email terpisah yang didedikasikan buat alat ini.

Masuk ke akun Alat Webmaster Anda dan pilih tombol Tambahkan Situs di bagian bawah layar Anda

Selanjutnya Anda perlu mengkonfirmasi kepemilikan situs web Anda. Hal ini dilakukan dengan memilih “Unggah File HTML” dari kotak drop-down.

Sebelum Anda mengklik verifikasi pastikan terlebih dahulu untuk Mengunduh File Verifikasi HTML ini dan menyimpan file tersebut ke tempat di mana Anda dapat dengan mudah menemukannya.

Menggunakan program FTP Gratis seperti FileZilla, unggah file xml dari desktop Anda ke folder web root seperti yang ditunjukkan di bawah ini (Ini bisa disebut public_html tetapi bisa juga disebut www atau httpdocs). Pastikan Anda untuk mengunggah file sitemap.xml yang Anda buat sebelumnya pada folder yang sama.

Setelah file XML Anda berhasil diunggah, kembali ke Alat Webmaster dan pilih tombol “Verifikasi”.
Layar berikut harus menjadi dashboard situs web Anda. Kunjungi bagian kanan bawah layar Anda dan pilih Submit Sitemap dan pilih file Anda, yang seharusnya sitemap.xml kecuali Anda menamainya.

Anda hampir selesai! Cukup masuk kembali ke akun Alat Webmaster Anda dalam 7-10 hari buat memastikan Google telah mengindeks halaman Anda. Hal tersebut seharusnya cukup waktu bagi Google untuk mengunjungi, tetapi mungkin butuh waktu lebih lama. Anda akan tahu bahwa halaman Anda telah diambil ketika Anda mengunjungi dashboard situs Anda. Cukup kunjungi area Sitemap untuk melihat berapa banyak halaman yang diindeks.

Terima kasih!