Cara Submit Sitemap di Bing

Anda dapat melakukan cara submit sitemap di Bing dengan beberapa tahapan yang harus dilewait: masuk pada dashboard Alat Webmaster Bing Anda, kemudian tambahkan sitemap menggunakan alat Site Map; submit site map Anda menggunakan HTTP Request atau cukup tambahkan URL ke Sitemap di file robots.txt Anda. Apabila Anda menambahkan URL ke file robots.txt, sitemap ditambahkan pada Bing ketika situs dirayapi secara otomatis. Sitemap Anda harus berupa file XML atau teks dengan satu URL di setiap baris file.

Cara Submit Sitemap di Bing

Untuk lebih jelasnya tentang cara submit sitemap di bing yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

Dashboard Webmaster

1. Buka dashboard Alat Webmaster Bing (link in Resources), kemudian masuk dengan nama pengguna dan kata sandi Anda.

2. Klik widget “Site Map” di layar utama dashboard Anda buat membuka alat Site Map.

3. Ketik URL sitemap Anda di kotak input di sudut kanan bawah layar, kemudian klik “Submit.” URL akan dikirimkan ke Bing dan ditambahkan ke daftar sitemap Anda di atas kotak input.

HTTP Request

1. Buka browser Web di komputer Anda.

2. Salin dan tempel URL berikut ke bilah alamat peramban. Ganti “www.domainkamu.com/sitemap.xml” dengan nama domain dan lokasi sitemap Anda.

http://www.bing.com/ping?sitemap=http%3A%2F%2Fwww.domainkamu.com/sitemap.xml

3. Tekan tombol “Enter”. Sitemap akan dikirimkan ke Bing dan pesan “HTTP Status 200 (OK)” dikembalikan pada browser.

File Robots.txt

1. Buka file “robots.txt” di server Web Anda di editor teks.

2. Ketik “Sitemap:” (tanpa tanda kutip), sisakan spasi setelah tanda titik dua, kemudian ketikkan URL lengkap ke sitemap Anda sebagai baris terakhir dalam file teks. Misalnya, untuk nama domain yang disebut “domainkamu.com” dan sitemap bernama “sitemap.xml,” Anda akan memasukkan yang seperti berikut ini:

Sitemap: http://www.domainkamu.com/sitemap.xml

3. Simpan file. Sitemap Anda secara otomatis ditambahkan ke Bing ketika situs anda dirayapi.

Tips

Gunakan URL lengkap untuk file sitemap Anda, termasuk kode “http: //”, saat mengirimkan sitemap Anda ke Bing atau cantumkan dalam file robots.txt Anda.

Anda juga dapat mengirim umpan RSS menggunakan alat Site Map di dashboard Alat Webmaster Bing.
Anda juga dapat mengirimkan URL dari layar Konfigurasikan My Sites di dashboard Alat Webmaster Bing: ketikkan URL ke Sitemap Anda di kotak “Submit Sitemap”, dan kemudian klik “Kirim.

Itulah cara submit sitemap di bing yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat!