Cara Setting Struktur Heading WordPress

Judul di halaman mana pun, baik itu cetak atau layar, langsung membuatnya lebih mudah dibaca. Mereka berfungsi sebagai isyarat visual, dan esensi dari sebuah artikel yang jelas. Banyak pembaca hanya membaca sepintas dan lebih memperhatikan bagian teks yang ditangkap oleh judul yang menarik bagi mereka.

Tapi bukan hanya pembaca yang suka judul, mesin pencari juga suka dengan bagian itu . Dan dalam artikel ini, kita akan melihat bagaimana Tag Tajuk WordPress dapat digunakan untuk meningkatkan keterbacaan dan SEO.

Pada artikel ini, kami membahasnya untuk tag heading WordPress

Apa itu Tag Judul?

Kami biasanya menggunakan tag judul ini untuk judul dan subjudul. Tag heading adalah markup HTML yang digunakan untuk membedakan judul dan sub-judul dari sisa teks dalam konten Anda. Dan hal tersebut adalah apa yang disukai oleh pembaca supaya artikel kita lebih menarik dan disukai oleh mesin pencari juga.

Tag heading digunakan untuk menyajikan struktur postingan pada halaman kepada pengguna. Ada enam ukuran tag heading, dimulai dengan <h1>, yang paling penting, dan diakhiri dengan <h6>, yang paling tidak penting.

Jadi, Anda memiliki judul ukuran maksimum pada H1 dan ini biasanya disediakan untuk judul tingkat pertama dari sebuah postingan atau halaman untuk konten di beranda. Sebagian besar CMS, termasuk WordPress, menambahkan tag H1 secara otomatis ke judul posting blog. Namun terkadang suatu tema dapat mengubah pengaturan ini. Jika itu masalahnya, Anda dapat mengubahnya di file template tema.

H2 digunakan untuk memecah konten H1 menjadi bit yang mudah dicerna. Ini adalah bagian yang muncul di Editor Teks:

Gunakan H3 untuk memecah setiap konten H2. Jarang heading yang mencapai level H4 atau lebih.

Cara Setting Struktur Heading WordPress

Anda dapat menambahkan Tag Heading tajuk di WordPress dengan 4 cara,

1. Anda dapat mengetik tag header secara manual di Editor Teks pada WordPress. 

2. Anda bisa melakukannya dengan mudah menggunakan Visual Editor.

Bagian alat di Editor Visual memiliki banyak opsi pemformatan. Anda akan melihat satu baris opsi dengan Toolbar Toggle pada ujung kanan.

Tapi ada baris kedua yang tetap tersembunyi. Bagian tersebut muncul hanya ketika Anda mengklik Toolbar Toggle. Anda akan menemukan pilihan untuk memformat teks sebagai judul di baris ini.

Untuk menambahkan judul, lihat teks dan arahkan ke opsi ‘Paragraf’ di bagian alat. Klik tombol tersebut dan akan memunculkan menu 6 tag heading dan Anda dapat memilihnya satu.

Teks sekarang muncul sebagai tajuk pada postingan.

3. Apabila Anda lebih nyaman melakukannya dengan keyboard, bisa mengunakan Alt + Shift + Angka 1-6 .

Buat menghapus tag heading, ketik ulang perintah yang sama atau terapkan Alt + Shift + 7 .

4. Dalam menggunakan keyboard, Anda juga bisa menggunakan tombol octothorpe atau hash:

## diikuti oleh teks – untuk tag H2.
### diikuti oleh teks – untuk tag H3.
###### diikuti oleh teks – untuk tag H6.

Mengapa Anda Harus Menggunakan Tag Judul?

Judul di halaman web melakukan cukup banyak fungsi yang sama seperti yang mereka melakukan dalam format cetak. Namun, ketika mengarah ke halaman web, pos tidak hanya tentang penampilan. Tag heading juga membantu mesin pencari untuk menemukan halaman web Anda.

Google akan memindai posting Anda buat konten yang relevan dengan kata-kata yang dicari dan mencari di dalam tag heading untuk melihat apa isi semua itu. Kita harus membuatnya lebih mudah bagi Google untuk menemukan kata-kata tersebut.

Sebuah tag judul akan menginformasikan pengguna dan mesin pencari apa topik dari halaman tertentu. Idealnya, Anda harus membuat judul unik untuk setiap halaman di situs web Anda. Tag heading akan memberi tahu mesin pencari bagaimana berbagai blok teks terhubung dan keterkaitannya .

Setelah Anda mengetahui hal tersebut, mudah untuk memahami mengapa kata kunci Anda harus menemukan tempat di dalam tag. Google akan menganggap konten ini sebagai yang paling relevan untuk pencarian serta hal ini kemungkinan akan meningkatkan peringkat di mesin pencari.

Dalam beberapa tahun terakhir, lebih banyak bobot yang diberikan pada konten relevan sebagai faktor peringkat. Namun, Google lebih mudah menemukan kata kunci apabila dibungkus dengan tag heading. Dan karenanya tag heading adalah faktor penting pada halaman SEO yang jangan Anda abaikan saat mengoptimalkan halaman web Anda.

Itulah cara setting heading di WordPress yang bisa kami sampaikan. Semoga informasi ini bermanfaat!