Cara Setting Anchor Text WordPress

Apa itu Anchor Links? Anchor text juga disebut sebagai jump menu link atau daftar isi yang merupakan tautan yang secara instan membawa Anda ke bagian tertentu dari halaman (atau halaman eksternal). Tujuan anchor biasanya ditentukan dengan menggunakan elemen A (menamakannya dengan atribut nama) atau oleh elemen lain (penamaan dengan atribut ID).

Jika Anda masih sedikit bingung tentang apa itu tautan anchor, jangan khawatir. Lihat contoh gambar di bawah ini. Kami menggunakan tautan jangkar pada setiap item daftar berpoin ini. Ketika Anda mengkliknya, itu akan membawa Anda langsung ke header H2 yang berisi konten itu. Anda dapat memeriksanya sendiri di pos selanjutnya. Anchor link dapat digunakan pada apa saja, seperti teks, gambar, dan header H1-H6.

Cara Membuat Tautan Anchor secara Manual di WordPress

Cara pertama untuk membuat tautan anchor text di WordPress adalah cukup melakukannya secara manual dengan HTML di setiap posting Anda.

Mari kita buat satu sehingga Anda dapat melihat cara kerjanya.

Langkah 1

Buat teks untuk tautan Anda dan tambahkan hyperlink seperti biasa untuk tautan lainnya.

Langkah 2

Alih-alih menautkannya ke URL, posting, atau halaman; Anda akan memberinya nama anchor text. URI yang menunjuk anchor mengandung karakter “#” diikuti dengan nama anchor. Anda dapat memberi nama ini apa pun yang Anda inginkan, meskipun biasanya kami sarankan untuk membuatnya singkat dan terkait dengan nama sebenarnya dari tajuk tersebut.

Langkah 3

Selanjutnya, Anda perlu menambahkan ID pada tajuk yang ingin Anda tautkan dengan tautan anchor text Anda. Untuk melakukan ini, Anda harus beralih ke tampilan teks (HTML) di editor WordPress. Pada tajuk, dalam hal ini, tajuk H2, tambahkan ID bersama dengan nama anchor yang Anda pilih pada langkah 2. Atribut nama anchor dan ID harus sama persis agar tautan berfungsi.

Contoh: <h2 id=”cara-setting-anchor-text-wordpress”>Cara Setting Anchor Text WordPress</h2>

Apakah Anda tidak ingin repot dengan kode HTML setiap saat? Jangan khawatir, ada beberapa plugin WordPress gratis yang menakjubkan yang dapat Anda manfaatkan untuk membuat dengan mudah menambahkan tautan anchor dan bahkan daftar isi untuk setiap posting.

Tambahkan Anchor Link dengan Plugin

Salah satu cara termudah untuk menambahkan tautan anchor adalah dengan plugin TinyMCE Advanced gratis . Plugin ini pada dasarnya menambahkan fungsionalitas tambahan untuk editor dengan tombol pintas yang cepat. Plugin ini memiliki lebih dari 2 juta pemasangan aktif dengan nilai 4,5 dari 5 bintang.

Langkah 1

Setelah Anda menginstal dan mengaktifkan plugin, masuk ke posting Anda dan buat hyperlink pada anchor text Anda. Alih-alih menautkannya ke URL, posting, atau halaman; Anda akan memberinya nama anchor dengan # di depannya.

Langkah 2

Sorot tajuk yang ingin Anda tautkan. Kemudian klik “Insert” dari tombol di bagian atas dan pilih “Anchor” Tombol ini muncul di editor karena plugin TinyMCE Advanced.

Langkah 3

Masukkan nama anchor yang Anda berikan di Langkah 1 dan klik “OK.” Plugin ini menghemat waktu Anda karena Anda tidak perlu meninggalkan tampilan editor visual. Jika Anda melakukannya secara manual dengan HTML, Anda harus memadukan di antara tampilan editor visual dan editor teks (HTML).

Membuat Daftar Isi dengan Plugin

Apakah Anda ingin mempercepat prosesnya lebih lagi? Apabila Anda menulis banyak konten  dan selalu ingin menyertakan daftar isi (daftar tautan anchor / menu lompat) dalam postingan Anda, maka Anda harus memanfaatkan plugin daftar isi.

Salah satu plugin gratis terbaik adalah Easy Table of Contents . Plugin ini secara otomatis akan menghasilkan tautan anchor untuk header Anda dan memungkinkan Anda memasukkan daftar isi di mana saja dalam posting Anda dengan kode pendek yang sederhana. Plugin ini memiliki lebih dari 30.000 pemasangan aktif dengan nilai 4,5 dari 5 bintang.

Langkah 1

Setelah Anda menginstal dan mengaktifkan plugin, ada beberapa pengaturan yang mungkin ingin Anda ubah. Bagian ini dapat ditemukan di bawah “Pengaturan > Daftar Isi.”

  • “Aktifkan dukungan” memungkinkan Anda untuk memilih jenis posting yang Anda inginkan untuk menggunakan daftar isi. Kemungkinan besar ini adalah jenis “Postingan” Anda.
  • Anda kemudian dapat memilih apakah Anda ingin daftar isi dimasukkan secara otomatis atau jika Anda ingin memasukkannya secara manual. Kami mungkin akan merekomendasikan melakukan manual jika postingan Anda ingin sedikit berubah.
  •  “Show when” memungkinkan Anda menentukan berapa banyak pos yang harus dimiliki sebelum daftar isi muncul. Misalnya, Anda mungkin tidak ingin daftar isi muncul di postingan blog pendek, jadi melakukan setidaknya empat header atau lebih.

Langkah 2

Untuk menyisipkan daftar isi secara manual, cukup masukkan [ez-toc]kode pendek tempat Anda ingin ditampilkan di pos.

Daftar isi kemudian secara otomatis dihasilkan untuk semua header dalam posting.

Anda juga dapat membuat lebih banyak perubahan dalam pengaturan mengenai apa yang harus ditampilkan, pengecualian, penampilan, dll. Misalnya, mungkin Anda selalu memiliki judul “Kesimpulan” di akhir posting Anda. Anda bisa memasukkan header itu ke daftar pengecualian di pengaturan sehingga tidak termasuk dalam daftar isi.

Editor Gutenberg baru hampir tiba dan diproyeksikan untuk dikirim dengan WordPress 5.0. Dengan itu ditingkatkan dan dukungan built-in untuk menambahkan jangkar ID ke header.

Langkah 1

Sorot tajuk di blok Gutenberg dan klik “Advanced” di sisi kanan. Anda kemudian akan melihat opsi untuk menambahkan Anchor HTML.

Langkah 2

Jika Anda ingin menautkannya, cukup buat hyperlink pada jangkar teks Anda. Alih-alih menautkannya ke URL, posting, atau halaman; Anda akan memberinya nama jangkar dengan # di depannya.

Tidak ingin membuat tautan jangkar dengan HTML atau menginstal plugin? Maka Anda harus memeriksa ekstensi Chrome Links Links gratis . Ini sepenuhnya kompatibel dengan WordPress yang di-hosting sendiri , WordPress.com, dan Medium .

Langkah 1

Setelah Anda menginstal ekstensi Chrome cukup sorot tajuk yang ingin Anda tambahkan tautan jangkar. Kemudian klik ikon kecil Anchor Link Chrome extension di bilah alat browser Anda.

Di belakang layar, itu menciptakan jangkar ID (berasal dari nama header). Dalam contoh ini: #Header_1. Ketika Anda mengklik ikon itu secara otomatis menyalinnya ke clipboard Anda.

Langkah 2

Lalu pergi ke teks yang ingin Anda tambahkan tautan jangkar, buat hyperlink seperti biasa, dan tekan “Tempel.”

Ekstensi Chrome membantu membuatnya cepat dan mudah tanpa bergantung pada plugin pihak ketiga.

Itulah cara settings anchor text di WordPress yang bisa kami berikan untuk Anda. Semoga tutorial ini bermanfaat!