Cara Optimasi Gambar dengan Alt Text WordPress (Lengkap)

Anda harus selalu mengikuti tip dan trik itu untuk menjaga diri Anda dari berbagai masalah. Tetapi ada lebih banyak yang harus dipertimbangkan dalam gambar yang digunakan untuk pemasaran konten Anda.

Selain hak cipta, gambar melayani penggunaan yang lebih besar ketika datang ke praktik terbaik untuk SEO (Search Engine Optimization).

Berikut adalah tiga hal yang perlu Anda lakukan untuk mengoptimalkan gambar untuk SEO:

Optimalkan Ukuran File
Optimalkan Nama Gambar
Atur Teks Gambar Alt Dengan Benar

Mari selami masing-masing ini secara bertahap dibawah ini:

1. CARA MENGOPTIMALKAN UKURAN FILE

mesin pencari melihat ukuran file dari setiap gambar di web sebagai bagian dari algoritma mereka untuk menentukan peringkat halaman.

Ukuran file penting karena mempengaruhi waktu memuat halaman faktor lain dalam algoritma peringkat mereka. Meskipun tidak ada yang tahu seberapa besar bobot yang diberikan Google, Bing, atau Yahoo untuk setiap elemen, kami tahu bahwa itu demi kepentingan Anda sebagai pemasar konten untuk mengoptimalkan ukuran file gambar Anda sebelum mengunggahnya ke server Anda.

APA UKURAN FILE TERBAIK?

Ini adalah salah satu pertanyaan yang hanya dapat Anda jawab berdasarkan situs web Anda, gambar itu sendiri, dan untuk apa Anda menggunakannya. Apabila itu adalah gambar untuk beranda Anda, Anda ingin gambar tersebut masuk dalam resolusi layar terluas sehingga tidak menjadi piksel.

Jika itu untuk posting blog, Anda harus memotret dengan lebar 300px hingga 800px. Sekali lagi, hal ini tergantung pada bagaimana Anda ingin menggunakan gambar di blog Anda. Sejalan dengan teks Anda melayang ke kiri atau kanan? Gunakan ujung spektrum yang lebih kecil.

Gambar lebar penuh yang mencakup seluruh kolom konten? Anda akan menginginkan gambar yang cocok. Sebagian besar area konten utama memiliki lebar antara 600px dan 1000px.

Ukuran gambar sangat penting untuk SEO karena memiliki dampak langsung pada waktu memuat halaman dan pengalaman para pengguna. Karena idak ada yang suka menunggu gambar dimuat.

JPG paling baik digunakan untuk foto. Aturan praktis yang baik untuk kompresi gambar JPG adalah menggunakan kualitas 80 persen. Namun, ketika melihat ukuran file, ada penurunan drastis. Begitu Anda turun ke kisaran 70 persen dan di bawah kisaran, ketidaksempurnaan dalam gambar menjadi jelas, terutama di sekitar teks.

Ketika melihat format GIF, mereka terbaik untuk ilustrasi, atau gambar hanya dengan segelintir warna. Gambar GIF hanya dapat memiliki hingga 256 warna, sehingga foto yang hidup dan berwarna tidak akan terlihat sebagus GIF.

Untuk gambar dengan lebar 800px atau kurang, akan hampir selalu mendapatkan ukuran file di bawah 100rb. Semakin rendah semakin baik, tapi jangan mengorbankan kualitas gambar untuk ukuran file. Temukan tempat terbaik Anda. Kisaran 80 persen sempurna.

2. PENAMAAN GAMBAR UNTUK SEO

Jangan buat nama gambar seperti ini: IMG_955234.jpg. Tidak ada artinya. Bagaimana Anda bisa tahu apa yang ditunjukkan gambar dengan nama file seperti itu? Memberi nama pada gambar dengan benar setidaknya memiliki manfaat dua kali lipat:

Pertama, mereka jauh lebih mudah ditemukan di sistem file situs web Anda. Beri nama gambar Anda menggunakan deskripsi tentang apa yang sebenarnya ditampilkan gambar.

Kedua, nama gambar memiliki manfaat SEO. Google (sama seperti Anda) tidak tahu apa arti IMG_955234.jpg, sehingga tidak dapat mengindeks dengan benar.

Coba ini: lakukan Pencarian Gambar Google cepat untuk topik apa pun. Perhatikan nama file yang Anda lihat. Hal ini akan memudahkan Google untuk menemukan gambar pada halaman Anda dan mengindeksnya.

URL, judul halaman, tajuk, dan konten halaman semuanya mengandung kata kunci yang berhubungan dengan perpustakaan. Google menghubungkan titik-titik tersebut dan menganggap gambar itu sebagai perpustakaan.

TIPS PENAMAAN GAMBAR UNTUK SEO

Hal yang paling penting untuk nama file gambar adalah membuatnya singkat dan relevan, baik untuk referensi internal dan untuk pencarian eksternal. Pada dasarnya, nama file harus beberapa kata dari apa yang sebenarnya ditampilkan gambar. Jika itu adalah gambar library books on shelf, nama yang bagus adalah library-books-on-shelf.jpg

BAGAIMANA DENGAN KATA KUNCI?

Jika gambar itu sendiri menunjukkan kata kunci yang Anda targetkan untuk halaman tersebut, maka lakukanlah. Jika Anda menemukan diri Anda memaksakan kata kunci ke nama file, Anda salah melakukannya. Ini tentang pengoptimalan gambar untuk SEO. Jika posting ini menargetkan buku-buku perpustakaan, maka nama gambar sudah mengandung kata kunci yang relevan. Tapi itu tidak menargetkan buku-buku perpustakaan dan memaksa kata kunci yang ditargetkan artikel ini ke nama file itu akan menjadi ide yang buruk.

Memasukkan kata kunci ke nama file yang digunakan untuk bekerja bertahun-tahun yang lalu, sebelum Google cukup pintar untuk mengetahui lebih baik. Hari-hari ini, itu ide yang buruk dengan konsekuensi yang fatal.

Ini juga merupakan praktik terbaik untuk memisahkan kata dengan tanda hubung dan hanya menggunakan huruf kecil. Misalnya, library-books-on-shelf.jpg baik, sedangkan LibraryBooksOnShelf.JPG buruk.

3. ATUR ALT TEXT DENGAN BENAR

Alt teks, atau Alternatif Teks jika Anda ingin menggunakan istilah resmi, dapat ditemukan dalam kode sumber gambar Anda. Ini terlihat seperti ini:

Teks alt gambar, seperti nama file, melayani beberapa tujuan.

Pertama, ini membantu Google mengindeks gambar. Tidak hanya itu, tetapi jika teks alternatif Anda berisi kata kunci yang relevan, itu juga merupakan cara yang baik untuk meningkatkan peringkat SEO pada halaman itu.

Kedua, teks alt memiliki manfaat kegunaan. Untuk pengguna tunanetra dengan pembaca layar, ketika mereka menjelajah halaman Anda dan pembaca layar menemukan gambar, itu akan membacakan kembali kepada mereka isi dari atribut alt text. Bayangkan diri Anda buta dan menjelajah situs web dengan perangkat pembaca layar. Ketika menemukan gambar, itu membaca kembali kepada Anda. “Gambar Perpustakaan dan Buku Bacaan Anak.”

Anda baru saja menambahkan konteks untuk pengguna itu dan menciptakan pengalaman yang tak terlupakan di situs web Anda.

Terakhir, teks alt Anda akan ditampilkan untuk pengguna yang gambarnya dinonaktifkan, atau jika gambar tidak dapat ditemukan karena alasan tertentu. Teks alt akan ada di sana untuk menghemat hari dan memberi tahu pengguna apa yang seharusnya ada di sana.

Cara Optimasi Gambar dengan Alt Text WordPress

Buka tombol “Tambahkan Media”

Cara Optimasi Gambar dengan Alt Text WordPress

Setelah itu, klik gambar yang dipilih > Isi kolom yang dibagian kanan: Lihat gambar dibawah ini!

Semoga bermanfaat!