Cara Non-aktifkan dan Hapus Plugin WordPress

Ada banyak lebih dari 50.000 plugin WordPress direpositori, hal ini memungkinkan Anda akan menguji serta membandingkanya dengan yang berbeda buat menyelesaikan tugas atau menyelesaikan masalah disitus web Anda.

Apabila sudah selesai, biasanya Anda hanya mencopotnya dengan menonaktifkan atau menghapusnya kan? Hal itu ternyata salah, ini adalah masalah apabila cara ini dipakai, karena bahwa ia dapat meninggalkan tabel dan baris dalam database Anda. Dengan seiring waktu, hal ini dapat bertambah dengan lumayan cepat yang pada gilirannya dapat mempengaruhi kinerja situs web Anda dan bahkan biaya pada ruang disk. Pada artikel ini kami akan menunjukkan kepada Anda beberapa cara tentang cara menghapus plugin WordPress dengan tepat untuk memastikan database Anda tetap kecil dan situsnya cepat .

Cara Menghapus Instalasi Plugin WordPress di Dashboard

Sebelum mempelajari cara menghapus plugin WordPress dengan benar, mari bahas terlebih dahulu cara biasanya pengguna menonaktifkan dan menghapus plugin di WordPress. Yang pertama hanya dari dashboard. Ikuti tutorial di bawah ini untuk menghapus instalasi WordPress dengan cara biasa (tanpa menghapus data).

Cara Non-aktifkan dan Hapus Plugin WordPress (tanpa menghapus data)

Langkah 1

Pergi ke “Installed Plugins” di dashboard dan klik “Nonaktifkan” di sebelah plugin.

Cara untuk menonaktifkan plugin

Langkah 2

Langkah terakhir adalah cukup klik pada “Hapus atau Delete”

Cara Menghapus Instalasi Plugin WordPress melalui FTP

Metode umum kedua yang biasa digunakan pengguna adalah mencopot pemasangan plugin melalui FTP (tanpa menghapus data). Ikuti tutorial di bawah ini.

Langkah 1

Hubungkan ke situs web WordPress Anda melalui SFTP .

Langkah 2

Telusuri ke / wp-content / plugins / folder. Kemudian hapus folder plugin dari server.

Sangat mudah dan sederhana bukan? Nah, pada kebanyakan kasus metode tersebut adalah cara yang salah untuk menghapus instalan plugin, terutama jika Anda tidak akan pernah menggunakan plugin itu lagi.

Cara Menghapus Instalasi Plugin WordPress (Cara yang Tepat)

Pada pembahasan ini akan menunjukkan kepada Anda beberapa rekomendasi dan trik tentang cara menghapus plugin WordPress dan atau tema dengan cara yang tepat. Cara tersebut dapat mencakup segala sesuatu mulai dari menggunakan proses penghapusan penuh opsional pengembang atau harus melakukan pembersihan sendiri dalam database.

Langkah 1

Salah satu masalah dengan menghapus plugin WordPress dengan cara yang tepat adalah bahwa setiap pengembang memperlakukan ini sedikit berbeda.

Langkah 2

Plugin yang dikembangkan dengan baik harus menyertakan opsi dalam pengaturan plugin mereka untuk melakukan uninstall yang lengkap.

Berikut ini beberapa cara pintas untuk menghapus penginstalan untuk beberapa plugin WordPress populer yang terkadang bermasalah untuk beberapa orang:

Menghapus Shortcode yang Tidak Digunakan

Jika Anda menggunakan plugin yang menggunakan kode pendek dan menghapusnya atau menghapus plugin tersebut, situs web Anda bisa terlihat sangat aneh sampai Anda menggantinya. Apabila Anda ingin menonaktifkan sementara shortcode dari plugin lama, cukup gunakan kode berikut di file functions.php Anda. Memperbarui ‘pluginshortcode’ dengan tag plugin yang sebenarnya.

define( ‘WC_REMOVE_ALL_DATA’, true);

Kode itu akan menonaktifkannya agar tidak ditampilkan sama sekali. Tetapi ingat, Apabila Anda ingin menggunakannya dengan plugin asli lagi, Anda harus menghapus kode tersebut. Namun, ini bisa menjadi cara cepat untuk membersihkan situs Anda saat Anda mengganti kode pendek dengan memungkinkan mengformat shortcode plugin yang lebih baru.

Cara Membersihkan Tabel Secara Manual yang Tertinggal oleh Plugin

Mungkin ada saat-saat di mana Anda telah menghapus plugin dan yang perlu Anda lakukan adalah pembersihan. Atau mungkin metode penghapusan penuh pengembang sebenarnya merujuk bahwa Anda menghapus tabel database secara manual. Ada beberapa cara Anda dapat melakukan pendekatan ini, salah satunya adalah dengan menggunakan plugin pembersihan tabel, dan yang lainnya adalah menghapus tabel secara langsung di dalam phpMyAdmin.

Dalam kedua pendekatan ini, kami sangat menyarankan agar Anda mengambil cadangan terlebih dahulu sebelum melakukannya.

Tabel Pembersihan dengan Plugin

Pilihan terbaik untuk sebuah plugin bagi Anda adalah Advanced Database Cleaner. Plugin tersebut merupakan plugin premium, tetapi dapat memindai instalasi WordPress dan memungkinkan Anda untuk menghapus tabel tunggal.

Tabel Pembersihan di phpMyAdmin

Anda juga dapat membersihkan tabel secara manual di phpMyAdmin. Ada orang yang sebenarnya lebih suka metode ini daripada menggunakan plugin. Banyak plugin akan memberi nama tabel mereka sesuatu yang mirip dengan nama plugin mereka.

Untuk melakukan ini cukup login ke phpMyAdmin. Di bawah tab “Cari”, masukan “wpseo,” pilih semua tabel, dan klik “Pergi.” (ini untuk pembersihan plugin seo yoast)

Apabila Anda tidak tahu sebelumnya, semoga Andau lebih banyak tahu sekarang tentang cara menonaktifkan dan menghapus plugin WordPress dengan cara yang benar. Sebagian besar plugin di luar sana memiliki dokumentasi yang bagus tentang cara menghapus sepenuhnya, atau bahkan opsi dalam pengaturannya. Dan jika semuanya gagal, coba Google cara menghapusnya.

Itulah sedikit pembahasan tentang cara menonaktifkan dan menghapus plugin WordPress yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat!