Cara Migrasi Blogger Ke WordPress Secara Aman

Blogger adalah sebuah pilihan platform yang bisa anda gunakan untuk pertama kalinya dalam membuat blog, karena blogger ini relatif sangat mudah digunakan. Mereka mempunyai banyak fitur yang pastinya mudah anda utak atik dan bisa menambahkan berbagi konten yang menjadi daya tarik untuk mendatangkan para pengunjung. Namun, dengan keterbatasan fitu bagi para pengguna, tidak sedikit mereka berpindah dari platfrom Blogger ke WordPress yang bisa menujang kebutuhannya.

Kenapa Pindah Ke WordPress?

Menurut kami, alasan yang paling rasional kenapa banyak yang berpindah ke WordPress, karena mereka menawarkan berbagai fitur yang keluasa dibandingkan dengan Blogger. Keunggulan-keunggulan tersebut bisa dilihat dari sisi tampilan, SEO, dan Bahkan kelengkapan fitur. Selain itu, ada hal-hal berikut yang menjadi poin unggulan bagi WordPress dibandingkan dengan Blogger.

– Display yang Lebih Menarik

WordPress mempunya berbagai macam tema dan widget yang bisa membuat situs web anda semakin menarik. Bahkan kabarnya, angka untuk teme dan widget sudah mencapai ribuan yang tersedia. Sementara untuk blogspot terbatas dalam hal tema dan walpaper.

– Website dapat Dikontrol dengan Mudah

Apabila anda menggunakan hosting untuk mengonlinekan website, maka anda akan sangat leluasa untuk memberikan dan melakukan sebuah pengaturan untuk website. Dengan begitu, anda bisa menerapkan segala yang anda butuhkan.

– Pengelolaan Relatif Mudah

Pada WordPress, mereka mempunyai sebuah kenyamanan dan kemudahan untuk mengelola dan mengontrol situs web dengan area admin yang telah tersedia.

– Adanya Plugin dan Fitur Lainnya

Adanya plugin menjadi sebuah keunggulan bagi WordPress dibandingkan dengan Blogspot yang bisa melakukan apapun yang anda butuhkan dengan plugin tersebut. Contohnya, apabila anda ingin melakukan sebuah keamanan untuk webiste WordPress anda, bisa membuat website dengan plugin builder. Dengan begitu anda bisa melakukannya dengan mudah.

– Lebih Cepat dalam Mengakses Website

Jika anda menggunakan WordPress, maka anda akan menemukan berbagai file database untuk HTML yang dibandingkan blogspot file HTML nya terdapat pada satu tempat. Maka apabila anda menggunakan blogspot tidak akan lebih cepat dibandingkan dengan WordPress.

Cara Migrasi Tanpa Merusak pada Ranking Google

Kebanyakan orang belum tahu, mereka berpikir bahwa apabila mereka bepindah dari platform Blogspot ke WordPress akan merusak pada peringkat ranking Google. Namun anda tidak perlu khawatir, kami akan memberikan langkah-langkah mudah untuk migrasi Blogger ke WordPress.

Selain itu, anda juga akan memindahkan semua yang ada pada blogspot seperti postingan, halaman, dan komentar-komentar.

1. Memilih Hosting untuk Website WordPress

Dalam memindahkan website Blogpsot ke website WordPress anda memerlukan hosting yang akan menampung semua data website anda.

  1.  Anda harus memilih layana hosting yang menyediakan berbagai layanan hosting terbaik. Anda bisa memilih layanan hosting dan domain dewabiz.com. ‘
  2. Setelah anda memilih layanan hosting dan mengaktifkannya
    3
  3. Kemudian install WordPress di bagian hosting melalui cPanel.
  4. Jika anda belum tahu, bisa tanyakan CS dewabiz.com

Itulah cara pertama yang harus anda lakukan dalam melakukan migrasi Blogspot ke WordPress

2. Data Blogger di Export Ke WordPress

Untuk melakukan sebuah migrasi Blogspot pada WordPress, maka anda harus melakukan backup seluruh data Blogger pada komputer dengan format file XML. Mengambil data tersebut sebelum anda melakukan migrasi.

– Pertama anda masuk ke bagian admin Blogspot
– Lalu klik tab setelan
– Setelah itu klik tab lainnya
– Setelah itu ada menu impor dan cadangan, maka klik pada tombol Cadangan Konten. Lihat gambar dibawah ini.

Maka setelah anda klik tombo diatas, maka akan ada kotak dialog yang muncul dengan contoh dibawah ini. Setelah itu anda simpan pada komputer untuk melanjutkan tahap berikutnya.
Data Blogspot dengan format XML akan terunduh pada laptop atau komputer anda.

3. Blogger Siap Import Ke WordPress

Jika saat itu anda sudah berhasil mengunduh data Blogger, maka lanjutkan untuk beralih pada WordPress anda. Hosting dan Domain yang telah anda pilih pastikan sudah terinstall dan aktif.
Cara yang bisa anda lakukan untuk mengimport Blogger ke WordPress sebagai berikut ini!

– Masuk ke area dashboard admin WordPress
– Lalu anda klik tab Tools dan pilih Import. Setelah itu pilih blogger.

– Kemudian lakukan sebuah Install Now yang tersedia pada dashboard WordPress. Maka setelah itu akan ada tampilan gambar seperti
contoh dibawah. Untuk memindahkan file XML yang telah terunduh tadi, maka anda memerlukan plugin importer untuk dimasukan ker WordPress.

– Untuk mengakifkan plugin tersebut, anda klik link Active Plugin dan Run Importer seperti yang bisa anda lihat dibawah ini, cara ini dilakukan sebelum anda memindahkan data WordPress.
– Kemudian anda bisa mengunggah file XML yang sudah tersedia di kompter anda setelah anda mengaktifkan atau aktivasi plugin.
(dalam menunggah file akan ada kapasitas maksimal untuk meupload file, maka apabila file yang ingin anda unggah melebihi kapasitasnya, maka anda perlu meningkatkan kapasitas upload tersebut)

Setelah anda mengupload file XML, maka anda sudah selesai memindahkan blogger pada WordPress. Tapi anda harus memperhatikan dan memasktikan bahwa ranking website pada Google anda tidak kehilangan saat berpindah ke WordPress.
Maka untuk langkah selanjutnya, anda harus mengatur permalink dan redirection supaya pengunjung tetap ada untuk website anda.

Jika saat ini anda sudah berhasil melakukan pemindahan migrasi Blogger pada WordPress, maka anda jangan lupa untuk melakukan pengaturan permalink pada WordPress. Hal itu dilakukan agar anda tidak kehilangan index Google yang sudah anda bangun.

Kemudian anda hanya butuh untuk mengatur dengan menyerupai struktur SEO diblogger sebelumnya, karena permalink ini merupakan struktur SEO.

Cara yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut ini!

– Masuk ke area admin dan klik tab Settings
– Kemudian pilih permalink > month and name
– Setelah itu jangan lupa klik Save

5. Mengatur Redirection

Apabila anda tidak ingin kehilang Google Ranking pada saat memindahkan Blogger ke WordPress, maka anda harus melakukan pengaturan pada redirection.

Cara yang bisa anda lakukan sebagai berikut ini!

– Pilihlah template yang klasik kembali
– Setelah itu maka akan ada tampilan editor HTML
– Masukan script nya untuk mengganti script yang ada di halam editor HTML
– Lalu ubah nama domain dengan yang anda gunakan
– Jika sudah mengeditnya, maka masukan script ke editor Blogger lalu Save
Maka anda sudah me redirect blogger, untuk selanjutnya anda harus me redirect pada WordPress.
– Tambahkan kode HTML yang tersedia di Theme Function. Untuk mengambilnya pilih Appearance lalu ke function.php . maka setelah itu akan muncul kode HTML yang diperlukan
– Kemudian tambahkan kode HTML ke editor HTML WordPress

Jika langkah diatas sudah anda lakukan, untuk redirect Blogger pada WordPress sudah selesai.

Itulah cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk melakukan migrasi blogspot ke wordpress dengan cara yang aman dan tidak akan menghilangkan dan menurunkan ranking google.