Cara Mengatasi Err_Connection_Refused di FileZilla

Cara Mengatasi Err_Connection_Refused di FileZilla, FileZilla ini mempunyai manfaat sebagai akses file atau folder dengan menggunakan sistem File Transfer Protocol (FTP). Mungkin sebagian anda ada yang pernah mengalami yang namanya error saat menggunakan FileZilla.

Biasanya, permasalah pada FileZilla ini ditemukan dengan sebuah permasalah seperti yang terjadi pada koneksi FileZilla yang memberikan pesan err_connection_refused.

Bagi anda yang belum tanya cara mengatasi error err_connetion refused pada koneksi FileZilla, maka dalam artikel kali ini kami akan membahasnya yang bisa anda pelajari.

Terjadi masalah err_connection_refused ini akan muncul disebabkan oleh koneksi yang terjadi pada FileZilla ditolak oleh server. Namun adanya error tersebut ada beberapa hal yang menyebabkanya muncul, seperti masalah di firewall atau software anti vitus yang bisa saja menghalangi FileZilla yang akan melakukan sebuah koneksi dengan server.

Apabila anda sudah mencoba langkah dengan mematikan sementara anti virus dan hasilnya tidak membantu, ada mungkin harus memerlukan pengecekan lainnya. Seperti anda melakuakn sebuah pergantian konfigurasi FileZilla pada Network Configuration.
Tapi itu juga bukan masalah satu-satunya, error tersebut bisa muncul juga karena ada masalah karena terlalu banyak user yang sedang menggunakan sebuah koneksi. Namun biasanya kasus seperti itu terjadi pada shared hosting. Tapi bisa juga menimpa masalah tersebut pada mode transfer.

Cara Mengatasi Err_Connection_Refused di FileZilla

Erro apapun pasti ada cara untuk mengatasinya, oleh sebab itu, anda jangan khawatir karena err_connectio_refused yang terjadi pada FileZila bisa terasa dengan beberapa langkah yang bisa anda lakukan dibawah ini!
Cek Antivirus Firewal atau Program Lain

Antivirus, firewall, dan program lain yang meblokir koneksi. Ketika anda ingin menyelesaikan permasalah dengan koneksi ini, maka anda harus memastikan dengan melakukan sebuah pengecekan pada pengaturan firewall atau antivirus. Karena firewall atau antivirus bisa saja menjadi penyebab sebuah program atau sambungan yang diblokir olehnya.
Setelah itu, anda juga harus memastikan pada port 21 dan port 22 yang umumnya digunakan FTP client dan File Aplikasi misalnya FileZilla.exe yang tidak terblokir.

Itulah cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah pada err_connection_refused pada FileZilla. Namun anda juga bisa melakukannya dengan cara lain seperti dibawah ini!

Melihat User Yang Sedang Menggunakan

Pengguna user aktif pada FTP server dibatasi dalam menggunakannya secara bersama-sama. Karena batasi itu untuk mencegah sebuah penggunaan sumber daya yang berlebih, karena jika tidak seperti itu satu sever bisa digunakan oleh para user yang berbeda-beda.
Jika saat itu penggunaan koneksi memang penuh, maka anda sebagai user baru harus menggun terlebih dulu sampai user pemakai itu keluar, namun itu juga apabila anda ingin melakukan sebuah
koneksi.
Cara untuk mengecek jumlah user yang aktif, anda bisa melihatnya dengan Cpanel. Adapun cara yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut ini!

– Pertama anda masuk dan login ke Cpanel Anda
– Kedua arahkan Navigasi pada FTP Connections

Maka, pada opsi itu anda akan melihat jumlah user aktif yang sedang melakukan koneksi pada FTP yang sama dengan anda. Selain itu, anda juga bisa memustus sebuah koneksi FTP pada halama tersebut.

Itulah cara untuk mengatasi error_connection_refused pada FileZilla dengan mengecek pengguna user aktif yang sedang melakukan sebuah koneksi FTP dengan server yang sama digunakan oleh anda.

Melakukan Pengecekan Pada Network Configuration Wizard

Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk melakukan sebuah pengecekan pada konfigurasi jaringan dengan Network Configuration Wizard. Hal ini bisa anda temukan pada bagian depan aplikasi FileZilla. Cara yang bisa anda lakukan untuk akses Network Configuration Wizard adalah dengan mengklik Edit lalu Network Configuration Wizard.


Menu tersebut bisa anda gunakan untuk melakukan sebuah konfigurasi firewall atau router dengan tepat. Adapun langkah-langkah yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut ini!

1. Mengakses Network Configuration Wizard pada FileZilla Client

Dijendela pertama, pada pengaturan anda bisa langsung klik pada tombol Next. Karena hanya itu saja yang harus dilakukan

2. Melakukan Konfigurasi Mode Transfer atau Transfer Mode

Pada bagian ini, moder transfer bisa anda pilih. Sebagai mode transfer default, kami rekomendasikan untuk menggunakan Passive.
Setelah itu anda jangan kelewat untuk melakukan checklist Allow fallback to other transfer mode on failure setelah itu klik Next.

3. Melakukan Konfigurasi Mode Pasif atau Passive Mode.

Pada bagian ini, anda harus memilih Use the servers external IP address instead dan setelah itu klik Next.

4. Konfigurasi External IP address

Pada langkah ini, anda melakukan sebuah konfigurasi dan harus memilih Get external IP address from the following URL. Apabila pada kolom tersebut tidak ada isinya, cobalah anda untuk memasukan http://ip.filezilla-project.org/ip.php
Jika sudah selesai mengisi beberapa pilihan, maka langkah yang harus anda lakukan adalah klik tombol Next.

5. Melakukan Konfigurasi Port Range

Pada bagian ini, anda tidak perlu untuk memakai port dengan spesifik serta konfigurasinya juga, maka pilihlah Ask operting system for a port kemudian anda klik tombol Next

6. Lakukan Testing Pada Konfigurasi

Pada bagian ini, anda tidak perlu untuk melakuan apapun. anda hanya perlu memastikan semua sudah siap terkonfigurasi dengan benar. Kemudian anda klik Test sebagai pengecekan konfigurasi.

Maka FileZilla biasanya mencoba terhubung pada probe.filezilla-project.org, maka setelah itu akan beberapa pengetesan akan berjalan.
Apabila pengetasan tersebut sukses dan tidak menimbulkan pesan error atau yang lainnya, maka lakukan koneksi pada akun hosting anda. Apabila err_connection_refused masih muncul, sebaiknya anda menghubungi penyedia web hosting anda dan meminta untuk bantuan kepada mereka dalam menyelesaikan masalah ini.

Mengatasi Erro FileZilla Dengan FTP Hostname

Kadang-kadang, FTP Hostname bisa mengatasi masalah pada FileZilla anda. Dengan melakukan penggantian menambahkan ftp. pada bagian depan FTP Hostname agar bisa tersambung koneksi.
Contoh yang bisa anda adalah sebagai berikut ini!

Misal alamat domain anda kurusterus.com, maka cobalah untuk menambahkan ftp pada bagian depan menjadi ftp.kurusterus.com.

Ganti Port FTP 21 menjadi 22

Yang membedakan port 21 dengan port 22 adalah pada bagian tipe koneksi. Jika port 21 menggunakan koneksi defaulr dengan menggunakan File Transfer Protocol (FTP) tapi untuk port 22 defaultnya dengan menggunakan Secure File Transfer Protocol (SFTP).

Apabila server anda membutuhkan SFTP untuk melakukan sebuah koneksi, maka anda perlu mengganti port tersebut menjadi 22. Cara yang bisa anda lakukan mudah sekali, cukup anda menulis port 22 sebelum memulai koneksi.

Dengan adanya artikel ini, untuk melakukan sebuah cara mengatasi masalah err_connection_refused pada FileZilla, maka lakukanlah semua langkah yang sudah kami tulis dan bahas untuk anda. Kami berharap dengan adanya tutorial yang tertulis ini semoga bisa membantu masalah anda.

Jika anda membutuhkan bantuan, silahkan untuk menghubungi CS dewabiz.com. semoga artikel ini sangat bermanfaat untuk anda. Terima kasih