Cara Mencari, Menginstal dan Mengaktifkan Plugin WordPress

Apabial Anda seorang pemula yang menggunakan WordPress, mungkin salah satu pertanyaan pertama yang akan Anda temui adalah bagaimana menginstal plugin WordPress? Maka, pada kesempatan ini kami akan memberikan panduan mudah yang bisa Anda lakukan.

Jadi WordPress ini penuh dengan saran “dapatkan plugin ini, dapatkan plugin itu!” Ketika masuk di admin WordPress.

Plugin memang adalah salah satu hal utama yang membuat WordPress menjadi luar biasa, dan Anda tentu tidak boleh menghindari plugin yang baru!

Namun, sebelum Anda dapat menikmati manfaat yang diberikan oleh beberapa plugin terbaik, Anda perlu menginstalnya. Berikut cara termudah untuk memasang plugin WordPress:

Cara menginstal plugin WordPress itu gratis

Catatan. Cara menginstal plugin WordPress yang gratis berfungsi sedikit berbeda dari menginstal plugin premium. Dalam panduan ini, kami membahas keduanya. Dimulai dengan plugin gratis:

Mulailah dengan masuk ke dashboard admin Anda – http://your-domain.com/wp-admin/dan klik “Plugins” di menu sidebar:

Kemudian, klik tombol “Tambah Baru” yang ada di atas:

Apa yang akan Anda lihat selanjutnya adalah halaman yang memperlihatkan kepada Anda daftar pendek dari plugin yang ditampilkan atau direkomendasikan, dan bidang pencarian yang berguna di sebelah kanan ini adalah yang akan kami gunakan:

dan disini cara anda untuk mencari plugin yang dibutuhkan

Masukkan nama plugin yang ingin Anda instal di bidang pencarian itu. Dalam kasus ini, misalnya anda akan menunjukkan cara menginstal plugin Revive Old Post.

Sekarang, hal terbaik di sini adalah Anda bahkan tidak perlu memasukkan seluruh nama plugin. Misalnya, Anda hanya akan menggunakan “menghidupkan kembali” dan tekan tombol enter di keyboard saya.

Sebentar kemudian saya melihat ini:

Plugin yang dicari adalah yang pertama dalam daftar. Yang perlu Anda lakukan sekarang adalah klik tombol “Instal Sekarang”. Ketika Anda melakukannya, WordPress akan mengambil plugin dan memasangnya di situs web Anda. Ini berfungsi seperti menginstal aplikasi baru dari App Store.

Tapi ada satu langkah tambahan. Ketika instalasi selesai, Maka Anda perlu mengaktifkan plugin dengan mengklik tautan “Activate Plugin” yang baru nanti juga akan muncul setelah install plugin berhasil.

Pada tahap ini, selesai. Plugin telah diaktifkan, dan WordPress akan memberi tahu Anda tentang fakta ini melalui catatan kecil di bagian atas halaman.

Cara menginstal plugin WordPress premium / berbayar

Untuk cara menginstal plugin WordPress yang premium atau berbayar agak berbeda. Karena plugin premium tidak tersedia di direktori plugin resmi plugin yang dapat Anda akses melalui opsi pencarian di wp-admin panel Anda .

Maka, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mendapatkan plugin itu sendiri. Langkah ini perlu Anda tangani sendiri. Paling umum, ini melibatkan pergi ke pasar atau toko plugin serta membeli salinan plugin dari sana.

Singkatnya, sebagai hasil pembelian Anda, Anda harus menyimpan file plugin yang dapat diinstal disimpan sebagai arsip ZIP.

Anda misalnya, memiliki plugin Intergeo Google Maps.

Setelah Anda memiliki file ZIP Anda, kembali ke wp-admin panel WordPress Anda, lalu klik “Plugins” di menu sidebar, dan kemudian pada tombol “Add New“:

Apabaila sudah di sana, klik tombol “Unggah Plugin” yang terlihat di atas.

Di layar berikutnya, Anda dapat mengunggah file ZIP plugin langsung ke WordPress Anda:

Cukup pilih ZIP dari desktop Anda dan konfirmasikan unggahan dengan mengklik “Instal Sekarang”.

Ketika WordPress selesai melakukannya, Anda hanya perlu mengaktifkan plugin.

Setelah plugin diaktifkan, plugin tersebut online dan Anda dapat mulai menggunakannya.

Demikianlah cara mencari, menginstall dan mengaktifkan plugin WordPress. Panduan ini sangat cocok untu para pemula.