Cara Menambahkan Feature Images di WordPress

Feature Images yang ditampilkan juga dikenal sebagai post thumbnails adalah fitur populer di tema WordPress. Saat ini sebagian besar tema fotografi WordPress, tema restoran, tema masjid dan jenis-jenis tema telah built-in untuk mendukung thumbnail posting.

Maka pada tutorial ini kami akan menunjukkan kepada Anda cara menambahkan Feature Images di WordPress.

Feature image merupakan hal penting bagi postingan anda karena ini yang akan mengundang para pelanggan atau pembaca blog Anda. Oleh sebab itu, maka pelajari cara menambahkan feature imga di WordPress.

Cara Menambahkan Feature Images di WordPress

Feature Images atau Posting Thumbnail adalah fitur tema. Sebagian besar tema seperti Genesis dan lainnya mendukung gambar yang ditampilkan secara default.

Cara mudah untuk mengetahui apakah tema Anda mendukung Feature Images adalah dengan mengecek ke editor pos. Cukup buat posting baru dan scrol sedikit ke bawah untuk melihat apakah ada kotak meta yang disebut gambar unggulan atau feature images di sisi kanan layar.

Menambahkan Posting Thumbnail atau Gambar Unggulan di WordPress

Buat memasukan atau menambahkan featured image pada posting di WordPress, Anda hanya perlu klik tautan “Set Featured Image” pada kotak meta feature image atau gambar unggulan seperti gambar diatas.

Ini akan membuka Pengunggah WordPress Media. Anda dapat menggunakannya untuk mengunggah gambar dari komputer Anda atau menggunakan gambar yang ada dari perpustakaan media Anda. Setelah Anda memilih gambar, cukup klik tombol Set Featured Image.

Gambar akan muncul di kotak meta Featured Image, seperti dibawah ini:

Penting untuk dicatat bahwa gambar mungkin tampak sedikit berbeda dalam tema Anda. Itu semua tergantung pada bagaimana tema Anda menangani gambar yang ditampilkan.

Beberapa tema majalah menggunakan thumbnail yang lebih kecil di sepanjang ringkasan posting samping pada halaman utama, dan versi yang lebih besar pada tampilan posting tunggal.

Bergantung pada pengaturan yang ditentukan oleh pengembang tema Anda, gambar unggulan Anda akan secara otomatis muncul dengan posting Anda. Namun, jika Anda ingin mengubah cara tema Anda menangani gambar yang ditampilkan dan memposting gambar kecil kemudian lanjutkan membaca.

Pengembang Tema untuk Gambar Unggulan dan Posting Gambar Kecil di WordPress

Meskipun gambar unggulan adalah fitur populer yang didukung oleh sejumlah besar tema, Anda mungkin akan mengalami menggunakan tema yang tidak mendukung gambar unggulan. Pada kasus ini, Anda dapat menambahkan gambar unggulan ke tema Anda. Jika Anda merasa nyaman mengedit file tema dan mengetahui sedikit tentang CSS, maka Anda dapat melakukannya sendiri.

Untuk menambahkan dukungan gambar unggulan atau featur image dalam tema WordPress, Anda perlu menambahkan baris kode ini di file functions.php tema Anda:

add_theme_support( ‘post-thumbnails’ );

Kode ini akan memungkinkan untuk dukungan gambar unggulan buat postingan dan halaman. Anda sekarang dapat mengunjungi ke posting atau halaman, dan Anda akan melihat opsi gambar unggulan diaktifkan. Namun, ketika Anda mengatur gambar unggulan, itu tidak akan secara otomatis ditampilkan di dalam tema WordPress Anda. Untuk menampilkan gambar yang ditampilkan dalam tema Anda, perlu mengedit template dan menambahkan baris kode ini di mana Anda ingin menampilkan gambar yang ditampilkan:

<?php the_post_thumbnail(); ?>

File yang Anda tambahkan kode diatas akan bervariasi berdasarkan tema Anda. Anda akan ingin menambahkan kode di dalam loop posting Anda.

Kode di atas adalah fungsi dasar yang Anda butuhkan untuk menambahkan dukungan feature image dan menampilkan feature image atau gambar unggulan di tema Anda. Untuk mengatur ukuran gambar buat gambar unggulan yang Anda unggah, Anda perlu menambahkan baris kode ini ke functions.phpfile Anda .

set_post_thumbnail_size( 50, 50);

Parameter untuk set_post_thumbnail_size berada dalam urutan ini: lebar, tinggi.

Anda juga dapat mengatur ukuran gambar tambahan buat digunakan dengan fungsi the_post_thumbnail (). Sebagai contoh:

// Image size for single posts
add_image_size( ‘single-post-thumbnail’, 590, 180 );

Dalam contoh tersebut telah menambahkan ukuran gambar baru yang disebut single-post-thumbnail dengan 590px dengan dan 180px tinggi.

Untuk menggunakan ukuran gambar ini dalam tema, masih perlu menambahkannya di file tema yang sesuai.

Jika sebelumnya Anda telah mengunggah gambar unggulan, tetapi masih muncul dalam ukuran lain, maka Anda perlu membuat ulang thumbnail dan ukuran gambar untuk postingan yang lama.

Di bawah ini adalah contoh dari fungsi gambar unggulan dengan ukuran gambar tertentu.

<?php the_post_thumbnail( ‘single-post-thumbnail’ ); ?>

Ini adalah versi rusak dari fungsionalitas penuh. Anda selanjutnya dapat memperluas fungsionalitas gambar yang ditampilkan. Misalnya, Anda dapat mengatur gambar mundur default untuk thumbnail postingan, menampilkan gambar unggulan dengan teks, atau bahkan menambahkan beberapa thumbnail postingan atau gambar unggulan.

Itulah cara menambahkan feature image di wordpress yang bisa kami berikan untuk Anda. Semoga bermanfaat!