Content

    Cara men-install WordPress secara manual

    WordPress ialah sebuah aplikasi content management system open source atau sumber terbuka yang sangat populer dan dapat anda download secara gratis digunakan sebagai mesin blog pribadi anda. WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis database MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka yang biasanya digunakan dalam pembuatan website.

    Salah satu kelebihan menggunakan cara manual dalam penginstalan wordpress ialah anda dapat menentukan sendiri versi berapa wordpress yang ingin digunakan dan membuat penamaan database secara manual yang memungkinkan pemberian nama database lebih mudah untuk kita ingat dan kelola jika terdapat lebih dari puluhan database yang digunakan untuk website lainnya. Masih banyak juga kelebihan yang di dapatkan melalui penginstalan wordpress secara manual.

    Terdapat 2 langkah sederhana yang dapat anda gunakan untuk menggunakan wordpress pada website anda. Yaitu dengan cara instalasi menggunakan softaculous (baca artikel disini) dan yang kedua yaitu cara manual.

    Ikuti langkah sederhana untuk melakukan instal wordpress secara manual langsung di dalam cPanel hosting anda

    1. Pertama pastikan anda sudah melakukan penambahan domain melalui fitur addon domain pada cPanel hosting DewaBiz anda. Jika belum silahkan cek artikel Cara menambah domain di hosting
    2. Kedua pastikan anda telah membuat database (jika belum baca tutorial disini)
    3. Ketiga cari menu File manager pada laman utama cPanel DewaBiz kesayangan anda
    4. Cari folder website yang ingin anda instal wordpress
    5. Selanjutnya download file wordpress di website resmi wordpress.org
    6. Langkah selanjutnya Upload file zip anda ke dalam folder website anda
    7. Lakukan ekstrak file
    8. Buka tab baru lalu kunjungi alamat website anda
    9. Selamat website anda sudah terinstal wordpress.
    10. Langkah selanjutnya ialah anda hanya tinggal melakukan beberapa settingan konfigurasi awal instalasi wordpress sebelum wordpress dapat digunakan yaitu
    • Memasukan nama database dan akses database
    • Menentukan Judul blog dan deskripsi website
    • Membuat user login seperti username dan passwird untuk mengakses kedalam website

    Demikian tutorial cara melakukan install wordpress secara manual dari DewaBiz semoga tutorial ini dapat bermanfaat menambah wawasan para pembaca. Jika ada suatu permasalahan yang dialami silahkan buat Support Ticket pada dashboard Client Area DewaBiz atau anda bisa hubungi tim teknis kami sekarang juga melalui live chat pada kolom kanan bawah pada website DewaBiz.