Cara Memilih Plugin Keamanan WordPress

Dengan genre baru penjahat cyber yang kini memiliki spesialisasi dalam mencuri informasi yang sangat berharga menggunakan internet, sangat penting bagi Anda untuk memastikan situs web Anda aman. Ini harus dilakukan sebelum orang lain menemukan kerentanan di situs web Anda dan menggunakannya untuk Anda.

Ini lebih dari itu ketika Anda menggunakan WordPress. WordPress adalah sistem manajemen konten yang sangat populer yang digunakan di seluruh dunia. WordPress adalah pasar yang sangat menguntungkan untuk ancaman keamanan dan penjahat cyber. Banyak perusahaan telah mengembangkan layanan terkelola yang dapat membantu menangani masalah keamanan yang mungkin terjadi.

Pengembang telah memperkenalkan plugin WordPress untuk lebih membantu pemilik WordPress. Plugin pada dasarnya adalah bagian dari perangkat lunak yang memiliki sekelompok fungsi yang dapat Anda tambahkan ke situs web WordPress Anda. Mereka terintegrasi secara mulus dengan WordPress dengan memperluas fungsionalitas dan juga menambahkan fitur baru yang bermanfaat bagi mereka.

Faktor yang perlu dipertimbangkan ketika memilih plugin WordPress

Hal terbaik tentang WordPress adalah memberi Anda beragam plugin untuk dipilih. Karena mereka memperluas fungsionalitas situs Anda, mereka dianggap secara umum kuat ketika mereka memajukan situs Anda.

Penting untuk dicatat bahwa mendapatkan plugin yang salah dapat dengan mudah memperkenalkan beberapa kerentanan sekuritas. Plugin WordPress adalah open source dan biasanya dikelola oleh seseorang. Dalam beberapa kasus, pembuat plugin mungkin tidak berpengalaman atau tidak peduli dengan pemeliharaannya yang merupakan risiko bagi Anda.

Beberapa faktor termasuk;

Instalasi dan peringkat aktif

Seberapa populer plugin tertentu akan membantu Anda mengetahui seberapa efektif itu. Memeriksa instalasi aktif akan membantu Anda seiring semakin banyak pemasangan plugin tertentu, semakin efektif itu. Yang mengatakan, Anda tidak dapat mendasarkan keputusan Anda pada popularitas saja karena beberapa populer karena mereka lebih baik kode.

Peringkat juga sangat penting dan mereka bisa dibilang indikator terbaik kualitas plugin. Jika peringkatnya rendah maka Anda harus waspada terhadap plugin tersebut. Peringkat juga akan melibatkan membaca ulasan orang lain tentang hal yang sama.

image by tidyrepo.com

Kompatibilitas WordPress

Penting untuk selalu memeriksa versi WordPress dan tanggal terakhir yang diperbarui. Anda harus mendapatkan yang aktif sebagai lawan dari yang belum diperbarui selama bertahun-tahun. Jika tidak ada pembaruan pada plugin tertentu itu berarti dukungan tersebut dipertanyakan. Selain itu, gunakan yang telah diuji dengan versi utama WordPress saat ini.

Mendukung

Jika Anda menggunakan plugin, kemungkinan ada sesuatu yang salah pada satu titik. Ketika itu terjadi, Anda ingin menjangkau penulis dan mendapatkan bantuan segera. Untuk mengetahuinya, lihat repositori plugin WordPress yang dapat menunjukkan kepada Anda responsif pembuatnya. Jika persentasenya tinggi, itu jelas berarti bahwa penulis sangat aktif dan selalu bersedia membantu Anda memperbaiki masalah yang timbul.

Anda juga dapat memeriksa halaman plugin WordPress yang memiliki forum tempat pengguna memposting keluhan atau umpan balik mereka dan memberi tahu apakah penulis tertarik untuk mempertahankan plugin tersebut.

Plugin yang menjamin keamanan situs web

Karena platform WordPress adalah target utama bagi peretas dan lebih dari lima puluh ribu orang menjadi korban peretas setiap hari, plugin merupakan aspek penting dari perlindungan.

Ada sejumlah plugin dan pemindaian yang dapat memeriksa apakah situs web Anda terinfeksi oleh malware atau ancaman keamanan apa pun. Jika Anda memilih untuk sangat bergantung pada plugin untuk keamanan, tidak sulit untuk mendapatkan solusi keamanan lengkap yang memiliki fitur untuk mendeteksi malware.

Beberapa plugin keamanan paling populer termasuk;

  • Wordfence security (read our review)
  • Security Ninja (read our review)
  • Bulletproof security
  • 6scan security
  • Jetpack (read our review)
  • iThemes Security
  • Secupress

Plugin ini memiliki fitur hebat yang digunakan untuk keamanan situs web dan pemindaian malware apa pun. Fitur hebat yang mereka miliki meliputi;

Kemampuan mengelola pembaruan situs web

Banyak plugin diperbarui oleh pengembang mereka sebagai respons terhadap ancaman dan serangan terbaru. Beberapa plugin keamanan untuk WordPress ini dilengkapi dengan fitur pembaruan situs web mereka sendiri. Ini memungkinkan Anda menggunakan dasbor layanan keamanan untuk memperbarui plugin, inti WordPress, dan bahkan tema.

Kemampuan untuk mengeraskan semua keamanan situs web Anda

Plugin keamanan memungkinkan Anda untuk memperkeras keamanan WordPress Anda dengan pada dasarnya mengendalikan semua cara potensial agar situs web dapat diserang. Langkah-langkah untuk mengontrol rentang dari menghapus kata sandi yang mudah ditebak , menghapus perangkat lunak yang tidak diinginkan hingga menonaktifkan hingga memblokir layanan yang tidak dapat dipercaya.

Kemampuan mengidentifikasi malware baru dan kompleks

Karena scammer selalu menemukan cara improvisasi untuk menyerang situs web, penting untuk memiliki plugin keamanan yang dapat mendeteksi mereka. Sebagian besar plugin ini memiliki pemindai yang tidak hanya dapat menandakan Anda ketika ada malware tetapi juga menemukan malware. Mereka menggunakan teknologi yang bekerja sedemikian rupa sehingga semua file dari situs web Anda ditransfer ke server plugin keamanan. Di sini, setiap kali ada file atau perubahan baru, plugin dapat melacak semua perubahan itu dan menyelidikinya sehingga dapat menemukan malware kompleks yang tersembunyi.

Kemampuan untuk mencegah upaya login berbahaya

Serangan brutal adalah situs web WordPress yang sangat umum. Plugin keamanan terbaik pada dasarnya dapat menawarkan perlindungan dari upaya masuk berbahaya ini dengan;

  • Membatasi jumlah upaya login yang gagal
  • Memastikan pengguna memiliki kata sandi yang unik dan kompleks
  • Menggunakan otentikasi dua faktor untuk memberikan lapisan pertahanan

Kemampuan untuk mencegah lalu lintas negatif mengakses situs

Karena penggunaan WordPress tersebar luas, seringkali ditargetkan oleh peretas. Untuk melindungi situs, plugin keamanan menawarkan layanan firewall yang bagus dengan menyaring lalu lintas yang masuk. Untuk mencapai ini, mereka menggunakan firewall berbasis plugin, firewall inbuilt dan firewall berbasis cloud.

Menggunakan Layanan VPN untuk keamanan situs web

VPN adalah cara keamanan situs web yang efektif. Sementara sebagian besar layanan terbaik memberikan layanan hebat terutama pada keamanan situs web, Nord VPN jelas menonjol. Keamanan adalah aspek yang sangat kuat dari NordVPN karena menawarkan 256 enkripsi data sehingga mencegah akses yang tidak sah. Jika Anda mencari VPN yang sempurna untuk perlindungan situs web, Anda dapat membaca lebih lanjut tentang Nord VPN dalam ulasan ini di sini .

Kesimpulan

Karena peningkatan popularitas WordPress yang terus-menerus, itu tidak hilang pada pengembang bahwa itu juga merupakan target utama bagi peretas. Oleh karena itu penting untuk menambahkan lapisan keamanan ke situs Anda dengan menggunakan plugin keamanan yang dirancang khusus untuk memandu terhadap akses yang tidak sah. Plugin harus selalu diperbarui untuk mengurangi kerentanan situs.

Itulah tips dari kami tentang cara memilih plugin keamanaan wordpress, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan berguna untuk Anda semua. Terima kasih!