Cara Membuat Situs Pekerjaan Mikro Seperti Fiverr (Langkah demi Langkah)

Apakah Anda ingin membuat situs web seperti Fiverr dengan WordPress? Jika Anda tahu cara kerja Fiverr, Anda sudah memiliki ide tentang proses latar belakang. Situs kerja mikro, seperti Fiverr, menangani komunikasi 2 arah antara majikan dan pekerja / freelancer. Namun, Anda adalah pihak ketiga yang mendapat komisi untuk setiap pekerjaan yang dilakukan melalui situs web Anda.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan cara membuat situs microjob seperti Fiverr, dan bagaimana Anda bisa menghasilkan uang.

Membangun Situs Web Pekerjaan Mikro dari Awal

Sebelum kita mulai, Anda harus memastikan Anda memiliki semua yang diperlukan untuk membuat situs web pekerjaan mikro. Karena Anda membangunnya di WordPress, Anda akan memerlukan nama domain, hosting web, sertifikat SSL, dan tema WordPress MicrojobEgnine.

Yang kami maksud dengan WordPress adalah WordPress.org yang di-hosting sendiri. Anda harus memeriksa artikel lengkap kami untuk perbandingan mendalam antara WordPress.com vs WordPress.org .

Sebagian besar situs web bisnis kecil mencari opsi yang lebih murah. Tetapi ketika Anda mencari nama domain dan hosting web , Anda mungkin menemukan opsi dengan biaya antara $ 25 – $ 30 / bulan.

Kami tahu itu banyak uang untuk memulai. Tapi, jangan khawatir!

Ada banyak penyedia hosting murah yang juga dapat membantu Anda mendaftarkan nama domain gratis . Namun, kami sarankan untuk menggunakan Dewabiz.

Menginstal Tema MicrojobEngine

Setelah membuat situs web Anda dengan WordPress, Anda harus menginstal dan mengaktifkan tema MicrojobEngine . Jika Anda memerlukan bantuan, lihat panduan kami tentang cara memasang tema di WordPress .

Setelah mengaktifkan tema, Anda akan diminta untuk menambahkan kunci lisensi di halaman selamat datang tema. Anda bisa mendapatkan kunci lisensi ini dari halaman akun EngineThemes Anda.

Setelah diverifikasi, Anda dapat mengklik tombol ‘Instal Demo’. Ini akan mengimpor semua konten demo dan membuat situs demo untuk Anda.

Kami akan membahas mengganti konten demo dengan teks asli Anda di bawah ini. Ini akan lebih mudah daripada mengatur semuanya dari awal sendiri, dan Anda akan mendapatkan tampilan situs web pekerjaan mikro yang dibangun dengan benar.

Hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah memilih skin (templat) untuk situs web Anda. Secara default, ada 2 skin yang tersedia untuk dipilih untuk meluncurkan situs Anda.

Setelah selesai, kunjungi situs web pekerjaan mikro Anda untuk melihat apakah semuanya berfungsi seperti yang Anda inginkan.

Menambahkan Metode Pembayaran ke Situs Web Pekerjaan Mikro Anda

Situs web ini akan menangani pembayaran antara banyak orang yang menggunakannya untuk posting pekerjaan dan lepas. Gateway pembayaran default adalah PayPal dan 2Checkout. Tetapi Anda juga dapat membeli ekstensi premium untuk pembayaran seperti Stripe, PayU, Authorize.net, dll.

Untuk mengatur metode pembayaran, buka halaman Pengaturan Mesin » Halaman Pembayaran Gateway di WordPress.

Akan ada 2 cara bagi Anda untuk menghasilkan dari situs web pekerjaan mikro Anda:

Metode default adalah membebankan komisi pada setiap pekerjaan. Namun, Anda juga dapat menetapkan jumlah tetap, yang berarti pengguna Anda hanya dapat membebankan biaya yang sama atau kurang untuk setiap pekerjaan (seperti Fiverr) dan Anda akan mendapatkan komisi tetap.

Disarankan untuk tidak menambahkan batasan apa pun di awal sehingga Anda dapat menarik lebih banyak pengguna ke situs kerja mikro Anda. Ketika situs web Anda mulai mendapatkan lalu lintas, Anda dapat mengubah pengaturan dan membatasi jumlah untuk menghindari spam.

Cukup buka Pengaturan Engine » Opsi Tema . Dari sini, Anda harus pergi ke ‘Jenis Pembayaran‘ di menu atas.

Dalam pengaturan pekerjaan ‘Gratis untuk Mengirimkan’, Anda dapat mengaktifkan / menonaktifkan posting pekerjaan gratis untuk majikan. Jika Anda mengaktifkannya, maka pengusaha dapat menetapkan harga berapa pun untuk suatu pekerjaan. Pada penonaktifan, Anda harus menambahkan jumlah yang tetap atau menambahkan paket untuk pengguna Anda.

Memperbarui Merek dan Teks Anda

Sekarang Anda perlu mempersonalisasi situs web dengan memperbarui merek dan teks. Untuk ini, Anda harus pergi ke halaman Penampilan »Kustomisasi di area admin WordPress Anda dan ganti konten demo.

Buat semua perubahan yang Anda perlukan, dan itu akan muncul di pratinjau langsung di sisi kanan layar Anda. Setelah selesai mengedit, klik tombol ‘Terbitkan’ untuk melihat situs Anda yang sebenarnya sedang beraksi.

Menjalankan Tes dan Mengelola Situs Web Anda

Situs web pekerjaan mikro Anda siap!

Sekarang Anda harus memastikan semuanya bekerja dengan baik. Ini dimungkinkan dengan menguji situs web Anda dan melihatnya sebagai pengguna. Anda dapat memposting iklan, menyewa layanan, menerima pekerjaan, menarik pembayaran, dll. Untuk memeriksa prosesnya.

Halaman Profil

Semua pengguna Anda akan memiliki halaman profil mereka sendiri. Di situlah mereka dapat menambahkan informasi pribadi, proyek, dll. Halaman profil akan memiliki peringkat untuk setiap pengguna yang diberikan oleh majikan atau freelancer yang bekerja dengan mereka.

Dasbor Pengguna

Pengguna Anda akan memiliki akun di situs web Anda untuk menyimpan percakapan, pekerjaan, dan statistik mereka. Mereka dapat mengelola profil mereka dari akun ini.

Notifikasi email

Saat menguji situs web Anda, Anda harus mengirim email ke beberapa alamat untuk memverifikasi bahwa notifikasi berfungsi dengan benar. Jika ada masalah dengan pemberitahuan email, Anda dapat mengikuti artikel ini tentang cara memperbaiki WordPress yang tidak mengirim email .

Kelola Pekerjaan

Anda dapat mengelola pesanan dan pekerjaan dari area admin WordPress Anda. Cukup kunjungi Pengaturan Mesin »Pesanan untuk melihat semua pesanan dan pekerjaan di situs Anda. Dari sini, Anda juga dapat menerima, memverifikasi, dan menolak pekerjaan.

Penarikan Pembayaran

Pengguna hanya dapat menarik uang dari situs web Anda setelah verifikasi Anda. Pada halaman Verifikasi Pekerjaan , Anda harus memperbarui statusnya ke ‘Disetujui’.

Anda juga dapat memeriksa status penarikan dari halaman Pengaturan Mesin »Penarikan Uang .

Baca Percakapan

Setelah situs web Anda mulai populer, Anda dapat membaca percakapan antara pengguna (pengusaha dan freelancer) secara diam-diam. Dengan begitu, Anda bisa menghapus perselisihan dengan mengetahui kisahnya.

Membaca percakapan juga akan memberi Anda wawasan tentang jenis transaksi apa yang terjadi dan apa maksud tersembunyi dari pengguna Anda (seperti memotong Anda dan membawa klien Anda ke samping, dll.).

Setelah semua tes dan tugas manajemen selesai, Anda dapat memperkenalkan situs web pekerjaan mikro di pasar.

Cara Monetize Situs Web Pekerjaan Mikro Anda

Membangun situs kerja mikro tidak sulit, tetapi Anda harus memonetize untuk keberlanjutan nantinya. Semakin banyak proyek yang ditutup, semakin banyak penghasilan Anda.

Anda harus mengikuti panduan kami untuk meningkatkan lalu lintas situs web Anda . Setelah Anda menangkap audiens yang tepat, Anda akan bisa mendapatkan posting pekerjaan yang sukses.

Kami menyarankan Anda memulai blog dan mempromosikan tujuan situs web pekerjaan mikro Anda. Jelaskan bagaimana Anda ingin membantu pengusaha dan pekerja lepas. Anda juga harus fokus membuat situs web Anda unik dari situs pekerjaan mikro lainnya secara online.

Itu saja. Kami harap panduan ini membantu Anda mempelajari cara membuat situs kerja mikro seperti Fiverr. Anda mungkin juga ingin membaca artikel kami tentang cara membuat situs review di WordPress yang menghasilkan uang .

*image all isitwp.com