Cara Membuat Landing Page Pada WordPress

Landing page merupakan sebuah halaman webiste yang didesain dengan sengaja sebagai alat untuk meningkatkan penjualan atau mengumpulkan sebuah leads untuk para pembisnis. Misalnya anda membuat sebuah iklan PPC, memosting disosial media, atau mengirim sebuah promosi dengan email marketing, maka arahkan target pengunjung itu pada halaman website landing page tersebut.
Lalu apa perbedaan landing page dengan Homepage itu? Jika homepage merupakan sebuah bagian depan website yang akan pertama kali dilihat oleh orang saat mengetikan domain pada broweser atau langsung menuju website anda.

Namun, landing page juga bisa merupakan sebuah bagian halama pada website yang berdiri sendiri yang biasanya menjadi halaman pertama yang akan dituju oleh para pengunjung oleh pihak ketiga yakni Media Sosial, Email Marketing, Iklan PPC atau sejenis yang lainnya.

Apabila sebuah homepage merupakan dibuat untuk para pengunjung supaya bisa lebih memahami sebuah bisnis atau produk yang ditawarkan oleh anda dengan menyeluruh. Dengan begitu, para pengunjung bisa melihat-lihat website anda dengan berselancar pada halaman yang lainnya seperti sign up contact us, atau yang lain sejenis dengannya.

Jika homepage adalah bagian website yang menyeluruh, maka landing page dibuat dan didesain hanya untuk menghasilkan sebuah conversion. Pada landing page hanya tersedi link yang sedikit saja, karena ini semua supaya para pengunjung bisa membuat sebuah keputusan dalam pembelian produk, sign up, atau bisa juga subcribe surat kabar.
Untuk lebih jelas lagi, inilah perbedaan homepagae dengan landing page

Homepage

– Diarahkan kepada bagian utama Website
– Memberikan sebuah gambaran yang lengkap dan menyeluruh
– Adanya link pada laman-laman yang memberikan informasi penting
– Calon pelanggan akan lebih lama untuk membuat sebuah keputusan dalam membeli produk karena bisa saja mereka mempelajari terlebih dahulu

Landingpage

– Biasanya hanya akan mengarah pada satu laman saja dalam sebuah website
– Akan lebih fokus pada satu pembahasan contohnya, laman makana enak, laman motorsport dan lain-lain
– Memungkinkan para calon pembeli untuk melakukan satu tindakan lebih cepat, contohnya subcribe kabar berita, mengisis sebuah formuli, atau membeli produk anda.

Perlu anda ketahui, bahwa pada landingpage terdapat dua jenis yang bisa anda gunakan yakni :

1. click through landing page
2. lead generation landing page

Adapun perbedaan dari kedua landing page tersebut adalah sebagai berikut ini!

click through landing page – landingpage ini berfungsi untuk calon pembeli melakukan sebuah pembelian. Disana biasanya terdapat CTA atau Call to Action yang akan mendorong para pelanggan membeli produk.

lead generation landing page – berguna untuk mengumpulkan sebuah informasi yang berkaitan dengan para calon pelanggan misalnya nomor telepon, email, alamat lengkap, dan lain sebagainya. Dengan memberikan sebuah profit seperti konsultasi gratis atau ebook gratis yang bisa anda download.

Untuk membuat sebuah landing page, anda bisa membuatnya dengan sebanyak-banyaknya yang berbeda dengan homepage yang hanya bisa satu saja anda buat. Apabila anda membuat sebuah landing page yang banyak, maka anda bisa menggunakannya dengan tujuan-tujuan yang berbeda-beda.

Seperti anda membuat landing page untuk mendatangkan data email, landing page untuk jualan produk, atau landing page untuk iklan PPC. Pada intinya, landing page ini bisa anda gunakan untuk berbagai macam kebutuhan anda.
Lalu bagaimana cara membuat landing page? Bagi anda yang beniat untuk membuat landing page dan ingin memilikinya, maka simak penjelasan dibawah ini!

Cara Membuat Landing Page Pada WordPress

Cara yang bisa anda lakukan untuk membuat sebuah landing page di WordPress dengan mudah adalah dengan menggunakan plugin. Plugin yang tersedia pada WordPress untuk membuat landing page akan membuat anda lebih mudah dalam membuat, mengedit, bahkan untuk melakukan sebuah customisasi pada tata letak website tanpa perlu ilmu coding.

Untuk membuat sebuah landing page dengan plugin memungkinkan anda cukup menarik sebuah elemen yang diperlukan untuk sebuah kebutuhan landingpage anda. Misalnya, tulisan pada posisi yang diinginkan, gambar tombol, kolom, dan sejenis lainnya.
Ada beberapa plugin yang bisa anda gunakan untuk membuat landing page pada WordPress, mulai dari yang sederhana sampai yang rumit, mulai dari yang gratis sampai yang berbayar. Tentu dengan perbedaan itu ada fasilitas yang memang berbeda.

Dan pada kesempatan ini, kami akan memberik sebuah contoh untuk membuat landing page dengan salah satu plugin yang bisa dibilang populer untuk membuat landing page di WordPress yaitu plugin Beaver Builder. Adapun cara yang harus anda lakukan untuk membuat landing page dengan plugin Beaver Builder adalah sebagai berikut ini!

Langkah Pertama

Pastikan anda untuk melakukan pemasangan plugin Beaver Builder dan mengaktifkannya. Kemudian jika sudah berhasil mengaktiviasi plugi tersebut, maka bukalah menu Settings Beaver Builder sebagai langkah untuk konfigurasi.

Langkah Kedua

Klik tombol Enter License Key untuk memasukan sebuah license key yang harus anda isi. Kode license tersebut anda akan dapatkan saat membuat akun pada plugin Beaver Builder.

Langkah Ketiga

Setalah anda berhasil memasukan license key pada plugin Beaver Builder, kemudian anda buka pada menu Page dan klik Add New. Add New disini kegunaannya adalah untuk membuat sebuah landing page anda yang pertama.

Disana, WordPress sudah menyediakan berbagai macam tema WordPress untuk template page Builder atau template full width untuk anda gunakan. Template itu sudah cocok atau kompatible dengan plugin landing page pada WordPress.
Apabila tema WordPress yang ingin anda gunakan tidak mempunyai template full width, maka untuk solusi tersebut anda bisa membuatnya langsung pada Beaver Builder.

Langkah Keempat

Untul langkah keempat anda harus memilih page builder yang kosong atau bisa juga template yang full width pada kolom page attrubutes yang terletak di sebelah kanan. Setelah itu, pada bagian kolom judul anda tulis judul landing page yang ingin anda buat dan jangan lupa untuk tekan tombol Save.
Apabila sudah, anda tekan tombol tab Beaver Builder untuk membuka editor Beaver Builder yang terletak dibagian atas post editor.

Langkah Kelima

Dilangkah ini Beaver Builder template yang sudah anda pilih pada halaman sebelumnya akan ditampilkan. Kemudian anda harus menekan tombol Add yang terletak pada pojok kanan atas dengan mengubah bagian tersebut menjadi tab template.

Langkah Keenam

Pada langkah ini, anda akan memilih sebuah template dengan poin-poin yang tersedia, dengan nantinya anda bisa edit jika anda memerlukannya. Dengan adanya tab Row anda bisa menambah dan mengurangi kolom yang ada di template.

Langkah Ketujuh

Setelah melewati langkah keenam, maka pada langkah ini anda masuk ke tab module. Pada tab ini anda akan bisa mengedit bagian dibawah ini!

  • Teks,
  • warna background, gambar,
  • heading,
  • tombol, video, audio, countdown timer,
  • hingga menyesuaikan lebar dan tinggi kolom.

Langkah Kedelapan

Pada langkah kedelapan ini adalah tahap terakhir untuk membuat sebuah landing page yang sudah anda desain sesuai dengan keinginan. Maka pada langkah ini anda harus mengklik Done yang terletak dipojok atas. Landing page tersebut bisa anda simpan atau langsung anda terbitkan.

Demikianlah cara membuat landing paga pada WordPrees, semoga bisa membantu anda