Cara Memasukkan Video di WordPress

Video merupakan suatu hal yang bisa ditonton dan membuat ketertarikan para pengguna semakin interaktif. Dengan adanya sebuah video yang dimasukan ke dalam postingan blog di WordPress, artikel anda akan semakin menarik dan keren. Namun, sebenarnya bagaimana cara memasukkan video di WordPress?

Ada beberapa cara yang mudah untuk memasukkan video ke dalam postinga WordPress. Anda bisa mengambil video dari penyedia web video seperti Youtube, Facebook, Vimeo dan Lain sebagainya.

Oleh sebab itu, dalam tutorial ini kami akan memberikan sedikit cara memasukkan video di WordPress dengan mudah.

Cara Memasukkan Video di Posting dan Halaman Blog WordPress

WordPress hadir dengan berbagai fitur hebat yang disebut embed otomatis yang memungkinkan situs web Anda akan secara otomatis mendapatkan kode sematan dari layanan penyedia video populer seperti YouTube, Vimeo, dll.

Yang perlu Anda lakukan adalah menempelkan URL video ke editor WordPress .

Misalnya, Anda dapat menyalin URL YouTube untuk video yang ingin Anda sematkan.

Selanjutnya, edit posting atau halaman WordPress di mana Anda ingin menambahkan video, dan cukup tempel URL di area konten. Lihat gambar dibawah ini!

Tampilan di postinga blog WordPress akan seperti ini :

Setelah Anda menempelkan URL video, maka WordPress akan mengambil kode sematan dan menampilkan video YouTube di dalam editor konten.

Anda sekarang dapat menyimpan video di posting Anda dan klik tombol pratinjau untuk melihat video tersimpan di posting blog Anda.

Setelah Anda menambahkan video, Anda dapat mengubah pengaturannya dari bilah alat blok dan pengaturan di sebelah kanan.

Anda dapat menyesuaikan lebar video, membuatnya menjadi lebar penuh, mengubah perataan, dan masih banyak lagi. Anda juga dapat menambahkan dan mempertahankan rasio aspek video di perangkat seluler.

WordPress hanya dapat melakukan embed otomatis untuk layanan video yang terdaftar putih. Buat situs web lain, Anda masih harus mendapatkan kode sematan dan menempelkannya di postingan blog WordPress Anda.

Berikut adalah daftar layanan video untuk embed otomatis di WordPress:

Amazon
Animoto
Cloudup
Perguruan Tinggi Kumor
Crowdsignal
Dailymotion
Facebook
Flickr
Hulu
Imgur
Instagram
Issuu
Kickstarter
Meetup.com
Mixcloud
Reddit
ReverbNation
Screencast
Scribd
Slideshare
SmugMug
Beberapa kartu
SoundCloud
Speaker Deck
Spotify
TED
Tumblr
Kericau
VideoPress
Vimeo
WordPress.tv
Youtube

Apabila Anda ingin menambahkan video dari situs web di luar daftar ini, maka Anda memerlukan kode embed HTML lengkap untuk video tersebut.

Cukup salin kode HTML yang disediakan oleh situs web video dan simpan di dalam blok ‘HTML Khusus’ di editor teks.

Memasukkan Video di WordPress Menggunakan Editor Klasik (Lama)

Apabila Anda masih menggunakan editor klasik WordPress lama , maka Anda dapat menyematkan video dengan cara yang sama.

Cukup salin URL dari layanan hosting video seperti YouTube dan simpan URL di editor. Apabila Anda menggunakan editor visual, maka Anda akan melihat pratinjau video.

Namun, Anda tidak akan dapat menggunakan penyesuaian lebar dan opsi lain yang dapat Anda gunakan di editor blok WordPress baru.

Cara Memasukkan Video di Widget Sidebar WordPress

Sama seperti halaman atau posting WordPress, Anda juga dapat menyematkan video di widget sidebar WordPress.

Cukup buka halaman Appearance > Widgets dan tambahkan widget ‘Text‘ ke sidebar.

Di dalam pengaturan widget, Anda perlu menempelkan URL video di area konten. WordPress akan secara otomatis mengambil kode sematan dan menampilkan pratinjau video.

Jangan lupa untuk klik tombol ‘Simpan’ buat menyimpan pengaturan widget Anda.

Silahkan Anda sekarang mengunjungi situs web Anda untuk melihat video yang tersimpan di widget sidebar WordPress.

Apabila tidak bisa mengunggah video ke WordPress

Sebagian besar blog kecil menggunakan akun hosting WordPress bersama dan video dapat mengambil banyak sumber daya server. Apabila video Anda mendapat banyak lalu lintas, maka situs web Anda lebih cenderung mogok atau down.

Kedua, Anda kehilangan lalu lintas dari pengguna YouTube.

YouTube tidak hanya situs hosting video terbesar, tetapi juga mesin pencari terpopuler kedua di dunia dan jaringan sosial terpopuler kedua setelah Facebook.

Jika Anda tidak ingin mengunggah video Anda ke YouTube, maka Anda dapat mencoba Vimeo atau DailyMotion.

Plugin Video Untuk WordPress

Secara default, Anda tidak perlu menggunakan plugin untuk menanamkan video di WordPress. Namun, Anda mungkin ingin menggunakan plugin buat meningkatkan pengalaman menonton video di situs web Anda.

Berikut adalah beberapa plugin yang mungkin ingin Anda coba.

1. YouTube Subscribe Bar

YouTube Subscribe Bar menunjukkan tombol berlangganan YouTube di bawah embed video YouTube Anda di WordPress. Itu juga mengambil jumlah pelanggan YouTube Anda untuk menambahkan bukti sosial dan mendorong lebih banyak pengguna buat berlangganan.

Secara default, WordPress tidak dilengkapi dengan fitur galeri video tertanam. Apabila Anda mau menampilkan galeri video pada halaman blog, maka Anda memerlukan plugin untuk melakukannya.

Galeri Envira adalah salah satu plugin galeri foto terbaik untuk WordPress. Plugin ini juga dilengkapi dengan addon video yang memungkinkan Anda untuk membuat galeri video yang indah dengan dukungan popup lightbox.

3. Lazy Load for Videos

Video menyematkan skrip muat dari situs web eksternal, yang berdampak kecil pada kecepatan dan kinerja pemuatan laman.

Lazy Load for Videos memecahkan masalah ini dengan hanya memuat gambar video pada pemuatan halaman blog. Plugin ini memuat kode embed hanya ketika pengguna mengklik tombol play.

Itulah tutorial cara memasukkan video di WordPress yang bisa Anda lakukan. Cara diatas tersebut sangat mudah Anda lakukan. Oleh sebab itu, jangan mengeluh untuk selalu belajar dan berlanggan beli domain serta hosting murah di Dewabiz.com. Terima kasih!