Cara Memasukkan Gambar di WordPress

Apabila anda sedang membuat konten dalam situs web, mungkin tidak sempurna dan menarik apabila tidak memasukkan gambar kedalamnya. Namun biasanya, bagi sebagian pemula sering kesulitan dalam memasukkan gambar pada konten WordPress. Oleh sebab itu, kami akan memberikan tutorial yang mungkin bisa membantu Anda untuk mengatasi masalah tersebut.

Cara Memasukkan Gambar di WordPress

Berikut ini adalah tata cara memasukkan gambar di WordPress yang bisa Anda praktekan!

1. Siapkan gambar dan login ke Admin WordPress

Pastikan Anda mengetahui nama file dan lokasi gambar yang akan ditambahkan terlebih dahulu sebelum diupload ke WordPress.

Gambar Anda harus berupa file yang berformat JPG, GIF atau PNG. Format lain apa pun cenderung tidak sesuai untuk penggunaan web dan perlu dikonversi terlebih dahulu (biasanya dengan perangkat lunak pengedit gambar seperti : corel draw, photoshop, photoscape dan lainnya).

2. Posisikan kursor dalam konten

(Pertama, edit halaman atau posting di mana gambar diperlukan.)

Posisikan kursor dengan teliti dan rapih di dalam konten yang ingin ditambahkan gambar.

Kami sangat menyarankan untuk menempatkan kursor di awal paragraf atau judul (atau paragraf kosong). Hindari menempatkan kursor di antara teks itu sendiri atau Anda mungkin mendapatkan hasil yang tidak memuaskan. Anda dapat menyelaraskan gambar relatif dengan posisi ini nanti .

3. Tambahkan Media

Klik tombol Tambah Media (di atas bilah alat editor teks) lihat gambar dibawah ini!

4. Unggah File

Klik atau pilih Unggah Berkas apabila ingin menambahkan gambar baru atau Pustaka Media untuk memilih gambar yang telah Anda unggah sebelumnya.

Kemudian klik Pilih Berkas dan cari file di komputer Anda untuk diunggah. WordPress setelah itu akan mengimpor gambar Anda ke Perpustakaan Media.

Seperti yang disarankan, gambar baru Anda juga dapat diseret dan disimpan ke dalam kotak, dengan menggunakan opsi ‘Pilih Berkas‘.

5. Sesuaikan opsi sebelum memasukkan

Ketika gambar telah diunggah, pastikan Anda mempertimbangkan dan mengatur opsi yang disajikan (menggunakan catatan bantuan dibawah).

Kemudian tekan tombol Masukkan ke Halaman / Posting .

Tambahkan Opsi kotak dialog Media

Judul : Deskripsi teks singkat dari gambar
Keterangan : Tidak diperlukan kecuali gambar Anda mendukung tampilan keterangan gambar

Alt Text : Biasanya sama dengan judul
Deskripsi : Biasanya tidak diperlukan

Alignment : Seperti yang dipersyaratkan. Biasanya tidak ada yang berfungsi lebih baik ketika gambar diposisikan pada baris kosong (paragraf). Kiri dan Kanan berfungsi paling baik saat gambar diposisikan dengan teks atau judul. Teks yang tersedia akan membungkus gambar secara otomatis. Center biasanya sering dihindari.

URL Tautan : Biarkan kosong (Tidak Ada) atau pilih File Media jika gambar akan ditautkan ke versi ukuran penuh (ini memungkinkan pengguna untuk memperbesar gambar). Anda juga dapat menautkan ke alamat web (URL) apa pun pilihan Anda. Hal ini bisa ke halaman lain di situs web Anda atau halaman web eksternal.
Ukuran : Pilih sesuai kebutuhan. Jika ukuran yang ditampilkan tidak sesuai dengan desain dan tata letak Anda, Anda mungkin perlu berbicara dengan perancang web Anda.

Mengubah opsi setelah gambar dimasukkan …

Jika Anda ingin mengedit opsi untuk gambar Anda, klik gambar sekali dan kemudian klik tombol ‘Edit’ (ikon pensil) yang muncul. Opsi perataan juga dapat diubah dengan cepat di sini. Ada juga tombol untuk menghapus gambar (menampilkan tanda silang).

Cara lain untuk membuat tautan gambar

Tombol Sisipkan Tautan pada Bilah Alat juga dapat digunakan untuk membuat gambar yang ditautkan (pilih gambar terlebih dahulu).

Gambar bisa (dan bisa dibilang harus) disiapkan sebelum penyisipan menggunakan perangkat lunak seperti Adobe Photoshop Elements atau yang serupa. Hal ini memberi Anda manfaat tambahan karena dapat menyesuaikan kualitas lain seperti kecerahan, kontras, warna, dan terkadang memotong gambar bisa sangat berguna.

Semua tugas ini harus dilakukan terlebih dahulu sebelum memasukkan gambar Anda ke situs web WordPress Anda (dalam perangkat lunak pengedit gambar favorit Anda).

Beberapa opsi pengeditan gambar yang cukup primitif dibangun di WordPress (misalnya untuk memotong, memutar, dan membalik gambar). Untuk mengakses fitur-fitur ini, cari tombol Edit Gambar di kotak Tambah Media (terlihat prosedur pengunggahan).

Jika Anda ingin mengedit gambar yang diunggah sebelumnya, buka Media Library Anda, klik gambar yang ingin Anda Edit dan kemudian gunakan tombol ‘Edit Gambar’ di bawah gambar.

Perpustakaan Media

Semua gambar yang diunggah ke situs web Anda dapat dilihat dan diedit di Perpustakaan Media . Klik Media di menu navigasi sebelah kiri dasbor untuk melihatnya.

Imsanity! Kompres gambar Anda ke ukuran yang Lebih Kecil

TIP : Kami merekomendasikan penggunaan plug-in kompresi gambar seperti Imsanity atau yang lainnya bisa. Hal ini akan secara otomatis mengubah ukuran gambar Anda ke ukuran yang tidak terlalu besar. Alat tersebut sangat penting jika memasukkan gambar yang datang langsung dari kamera. Melakukan hal tersebut akan menghemat ruang disk berharga di server hosting Anda.

Itulah cara memasukkan gambar di WordPress yang bisa Anda lakukan. Semoga tutorial ini bermanfaat!