Cara Memasang Situs Web WooCommerce Di WordPress

Situs Web WooCommerce – Dengan lebih dari 4 juta instalasi aktif, peringkat pengguna 4,6 di WordPress.org, dan banyaknya pemilik toko digital, maka WooCommerce adalah solusi e-commerce gratis paling populer untuk WordPress. Pada Januari 2018, WooCommerce membuat lebih dari 35% dari semua toko online ! Jika Anda ingin membuka toko virtual di situs web berbasis WP Anda, memasangnya dengan WooCommerce adalah salah satu keputusan terbaik yang dapat Anda buat. Di sini Anda akan menemukan tutorial WooCommerce yang komprehensif dan cara mengaturnya di situs web Anda.

Instalasi WooCommerce

Langkah 1

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menginstal plugin WooCommerce. Anda dapat mengunduhnya secara gratis dari repositori WordPress atau ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menginstalnya di dasbor WordPress Anda.

Untuk menginstalnya dari dashboard Anda, navigasikan ke Admin WordPress> Plugin> Tambah Baru , cari “woocommerce” dan klik “Instal Sekarang“. 3+ saat ini adalah versi terbaru dari WooCommerce.

Langkah 2

Kemudian klik “Activate“.

Langkah 3

Anda kemudian akan dihadapkan dengan Walkthrough untuk pengaturan WooCommerce. Anda dapat melewati ini, klik “lets go“.

Langkah 4

WooCommerce memberi tahu Anda di layar pengaturan halaman yang secara otomatis membuat beberapa halaman untuk Anda yang diperlukan untuk pengaturan. Ini termasuk toko, keranjang belanja, mesin kasir dan halaman akun saya. Klik “Next” untuk membuatnya untuk Anda.

Langkah 5

Pada layar Pengiriman & Pajak, Anda dapat memilih untuk mengirimkan barang fisik kepada pelanggan. Ingat, WooCommerce juga dapat digunakan untuk menjual produk dan unduhan digital. Dan kemudian Anda dapat mengaktifkan pajak penjualan jika perlu. Kemudian klik “Next“.

Langkah 6

Pada layar pembayaran, Anda dapat memilih prosesor pembayaran pihak ketiga mana yang ingin Anda gunakan.

Toko WooCommerce Anda sudah siap sekarang. Anda dapat mengklik tautan di bawah ini untuk kembali ke dasbor WordPress Anda dan mulai membuat produk Anda. Lihatlah tutorial WooCommerce di bawah ini.

Tambahkan & kelola produk baru

Perubahan pertama yang akan Anda perhatikan adalah dua tab baru tambahan untuk menu halaman dasbor Anda yang disebut WooCommerce (Area Pengaturan Umum) dan Produk (Area Pengaturan Produk Anda). Untuk mulai mengatur toko elektronik Anda, buka Admin WordPress> Produk> Tambah Produk untuk menambahkan produk pertama Anda.

Buat judul dan deskripsi singkat tentang produk.

Kemudian gulir ke bawah editor pos untuk membuka dua widget baru di layar setelah pengeditan (Data Produk dan Deskripsi Singkat Produk).

Data Produk

Admin WordPress> Produk> Tambah Baru

Di widget Layar Data Produk, Anda dapat memilih apakah produk itu virtual (opsi sebelumnya menghapus tab Data Pengiriman ) dan apakah produk tersebut dapat diunduh (digital). Anda dapat memasukkan harga reguler & jual pada tab Umum.

Jika Anda menjual produk digital , Anda perlu meng-upload ke file untuk menyesuaikan batas download (biarkan kosong untuk menandainya sebagai unlimited), proses download (biarkan kosong untuk tetap permanen tersedia) dan jenis file (default / aplikasi / musik). Jenis file yang dipilih memengaruhi markup Schema.org untuk produk.

Selanjutnya, pada tab Inventory, Anda dapat menyesuaikan opsi manajemen inventory dengan menentukan jumlah produk, status stok (stok habis), dan memungkinkan untuk mendapatkan pesanan kembali. Selain itu, Anda dapat menandai produk sebagai dijual secara terpisah, yang berarti bahwa hanya satu produk yang dapat dibeli dalam satu urutan. Di sini Anda juga bisa memasukkan SKU (nomor identifikasi) jika Anda memilikinya.

Pada tab Produk Tertaut , Anda dapat menambahkan penjualan, cross-sell, dan pengelompokan produk. Dengan itu Anda dapat memasukkan keterangan untuk spesifik produk (misalnya. produk handal, tidak mudah rusak, dll) dalam versi front-end dari halaman produk di bawah tab Informasi tambahan akan ditampilkan. Terakhir, Anda dapat memasukkan catatan belanja khusus, memberikan menu produk, dan mengaktifkan / menonaktifkan ulasan pada tab Lanjut.

Ringkasan Produk

Admin WordPress> Produk> Tambah Baru

Widget Uraian Singkat Produk memungkinkan Anda membuat keterangan pendek untuk gambar yang muncul di bawah judul produk.

Setelah bermain-main dengan semua menu ini, jangan lupa untuk menambahkan tag, memilihnya dalam kategori, dan masukkan gambar / galeri produk.

Kelola Produk

Admin WordPress> Produk> [berbagai tab]

Di halaman lain di bawah Admin WordPress> Produk, Anda dapat melihat produk, kategori, tag, pengiriman, keterangan, dan kalender Anda. Masing-masing halaman ini terlihat seperti halaman default Admin WordPress> Posting> Kategori , kecuali Tampilan Produk.

Mengelola WooCommerce

Tab WooCommerce memungkinkan Anda menjelajahi berbagai hal melalui toko digital Anda. Anda dapat melihat pesanan, kupon, dan ulasan. Anda juga dapat menyesuaikan pengaturan dan menambahkan ekstensi baru.

Pesanan

WP Admin> WooCommerce> Pesanan

Halaman ini menampilkan daftar pembelian dan pesanan Anda saat ini. Jika Anda menjual produk digital, tidak banyak yang bisa dilakukan di sini, kecuali untuk melihat siapa yang membeli. Tetapi jika Anda menjual barang fisik, Anda dapat mengatur di sini produk mana yang perlu Anda kirim dan pesanan mana yang diproses atau ditahan.

Kupon

Admin WordPress> WooCommerce> Kupon [> Tambah Baru]

WooCommerce memiliki beberapa opsi penawaran untuk menambahkan kupon baru ke e-store Anda. Tampilan pemrosesan kupon memungkinkan Anda untuk menyesuaikan dengan diskon dan pembatasan kupon.

Laporan

Admin WordPress> WooCommerce> Laporan

WooCommerce juga menawarkan pelacakan bawaan yang kuat. Anda dapat melihat laporan dan grafik penjualan Anda, pesanan dan biaya pengiriman dalam lima periode waktu yang berbeda. Setiap gambar dapat dibatasi untuk penjualan produk tertentu, kategori produk, atau kupon. Pada tab Pelanggan , Anda dapat melihat akuisisi pelanggan Anda untuk lima periode waktu yang sama. Last but not least, Anda juga dapat melihat produk rendah, tidak lagi tersedia, dan paling banyak ditebar di tab Orders . Semua data ini dapat diekspor ke lembar CSV.

Pengaturan

WP Admin> WooCommerce> Pengaturan

Di sinilah WooCommerce benar-benar mengesankan: Pada bagian tampilan pengaturan, Anda dapat menyesuaikan hampir setiap aspek dari e-store Anda. Semuanya mulai dari pemisah ribuan hingga proses check out hingga opsi email dapat disesuaikan dengan kepuasan Anda.

Tab Umum menampilkan informasi dasar Anda seperti mata uang, lokasi dasar dan penjualan, serta opsi tampilan.

Data produk Anda, termasuk pengurutan khusus, tampilan standar, sistem pengukuran, thumbnail produk, metode pengunduhan.

Metode pajak dimodelkan pada tab Pajak (Tax). jika Anda mau, Anda bahkan dapat menonaktifkan perpajakan di toko Anda.

Metode pengiriman dan model penetapan harga. Anda juga dapat mengaktifkan / menonaktifkan pengiriman di seluruh toko dan mengedit berbagai opsi tampilan. Dimungkinkan juga untuk membatasi ketersediaan bisnis Anda hanya di negara-negara tertentu.

Dengan Checkout Anda dapat menyesuaikan proses checkout. Anda dapat memilih dari lima gateway pembayaran, mengedit halaman, menambahkan halaman untuk ketentuan, dan mengubah lampiran URL.

Akun akan menangani semua opsi tampilan dan registrasi untuk akun front-end.

Tab Email memungkinkan Anda menyesuaikan semua aspek dukungan pelanggan. Secara khusus, Anda dapat menyesuaikan semua opsi pengirim untuk email yang dihasilkan oleh WooCommerce, langsung dalam warna latar belakang email.

Demikianlah pembahasan tentang situs web WooCommerce untuk Anda yang ingin membuka toko digital. Semoga bermanfaat!

*all image by kinsta.com