Cara Memasang Live Chat Pada WordPress dan 3 Plugin Terbaiknya

Membuat sebuah website toko online atau layanan-layanan yang menawarkan jasa pasti anda akan mempunyai banyak pertanyaan dari berbabagi pelanggan anda. Hal tersebut tak bisa anda hindari, suka atau tidak suka apabila anda mempunyai website toko online atau layanan jasa pasti akan berhadapan dengan pertnyaan-pertanyaan dari para pelanggan.

Jika hari ini anda tidak mempunyai sistem yang pas untuk menampung seluruh perntanyaan tersebut, maka masalah tersebut akan susah untuk mempertahankan para pelanggan anda. Karena sebuah respon yang baik dan cepat akan sangat disenangi oleh para pelanggan dalam menjawab keluh kesannya.

Maka jika sekarang anda belum mempunyai live chat untuk menujang kebutuhan toko online anda, pada artikel kali ini kami akan membahas cara membuat live chat dengan website yang berbasis WordPress.

Penting Live Chat Untuk Website Anda

Dalam membuat toko online atau layanan jasa, anda akan dihadapkan dengan berbagai macam pertanyaan. Apabila hari ini akan tidak menggunakan sebuah komunikasi yang tepat dengan pelanggan, maka itu ada hal yang akan fatal dan kemungkinan besar anda akan ditinggalkan oleh para pelanggan. Hal ini karena para pelanggan membutuhkan sebuah komunikasi yang respon cepat untuk menjawab semua keluhannya.

Ada banyak cara untuk bisa berkomunikasi dengan pelanggan, seperti memasang tiket, email atau live chat. Namun apabila anda menggunakan fitur live chat para website WordPress anda, maka akan banyak keunggulan yang bisa anda dapatkan diantaranya sebagai berikut ini!

  • Website Anda akan Terlihat Profesional

Adanya fitur live chat para website anda, itu akan lebih disenangi oleh para calon pelanggan. Karena mereka sudah tahu bahwa akan ada yang siap menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka dengan cepat.

  • Memiliki Akses yang Relatif Mudah

Jika anda menggunakan live chat untuk berkomunikasi dengan pelanggan anda, maka akan bisa langsung untuk berkomunikasi dengan admin, karena tidak sedikit dari mereka yang malas atau tidak mau mengirim sebuah email untuk keluhan dan pertanyaan para pelanggan.

  • Fast Respon

Selama anda online, tentu saja dengan live chat ini bisa dengan cepat untuk menjawab semua pertanyaan-pertanyaan yang masuk.

  • Tingkat Konversi Akan Tinggi

Dengan ilmu komunikasi marketing yang anda miliki, tentu dengan live chat ini bisa menawarkan dan keunggulan kepada calon pelanggan dengan mudah. Pada umumnya, setiap user yang baru akan menanyakan sebuah keunggulan dari produk yang mereka inginkan.

Fitur live chat memang bisa dipasang untuk jenis website apapun. Selain untuk toko online, blog pribadi dan website portofolia juga bisa untuk dipasangkan live chat. Namun dengan fitur yang mempunyai keunggulan ini tidak pas sebenarnya untuk blog tersebut. Maka website yang berbasis jual beli yang memang sangat cocok untuk dipasang fitur live chat ini. Karena para pemilik website e-commerce akan berhadapan dengan keluhan-keluhan yang akan ditanyakan oleh para pelanggan.

3 Plugin Live Chat WordPress Terbaik

Disamping anda menggunakan layanan bantuan dengan menerapkan email untuk para pelanggan, alangkah baiknya anda juga memasang live chat untuk opsi bantuan yang lainnya. Karena semakin puas layanan untuk para pelanggan, maka tingkat kemungkinan konversi juga akan semakin tinggi.
Maka cara terbaik dan mudah yang bisa anda lakukan untuk memasang live chat adalah dengan plugin chat. Oleh karena itu, berikut adalah tiga plugin chat terbaik untuk WordPress anda!

1. WP Live Chat Support

Jika anda memilih plugin ini untuk menunjang komunikasi dengan para pelanggan, maka anda akan mendapatkan keunggulan dari fitur tersebut sebagai berikut ini!

  • Live Chat akan dibuat hanya dengan hitungan menit
  • Bisa digunakan untuk berkomunikasi lebih dari 1 user
  • Cara kerja sistem dan tampilan bisa diubah-ubah
  • Transkrip chat bisa anda kirim kepada user atau disimpan

WP live chat support dalam versi dasarnya gratis, tapi apabila anda ingin lebih bagus lagi, maka uprade ke versi berbayar atau pro

2. Live Chat by Formilla

Pada live chat by formilla ada dua metode yang bisa anda lakukan, yaitu anda bisa menggunakan widget untuk mengontrol live chat atau menambahkannya pada halama dengan cara otomais. Selain itu, anda juga bisa memulai obrolan dan memonitor seorang user lewat control panel.

Keunggulan-keunggulan dari plugin ini adalah sebagai beriku ini!

  • Dapat dicustomisasi untuk live chat window
  • Adanya estimasi menunggu untuk pengunjung website
  • Konfigurasi memasang liva chat menggunakan widget
  • Chat window bisa anda konfigurai untuk memunculkan live chat dengan otomatis sesuai waktu yang akan ditetapkan

Sebelum memakai plugin ini, anda diharus untuk membuat akun formilla terlebih dahulu.
Seperti live chat yang lainnya, formilla juga menawarkan versi grati dan versi berbayar dengan harga %11.99 perbulannya

3. Click to Chat for Whatsapp Chat

Dengan whatsapp chat akan otomatis dan terbuka untuk berkomunikasi secara langsung dengan para pelanggan atau pemakai. Media sosial yang begitu populer dikalangan masyarakat menjadi keunggulan plugin live chat ini. Namun anda harus rela bahwa nomor anda akan diketahui oleh para pelanggan, jadi sarannya untuk memakai nomor yang khusus dalam menangani para pelanggan.
Keunggulan yang bisa anda dapatkan dari Whatsapp chat tersebut diantaranya sebagai berikut ini!

  • Dapat dibuka melalui dekstop maupun smartphone
  • Aplikasi chat whatsapp bisa langsung diakses oleh para user dari website WordPress anda.

Plugin ini mempunyai versi premiun yang bisa anda nikmati dengan keunggulan-keunggulannya nanti. Namun anda juga bisa menggunakannya secara gratis jika belum mampu untuk membeli versi berbayarnya.

Cara Memasang Live Chat Pada WordPress

Tadi kami sudah menjabarkan tentang plugin terbaik live chat yang bisa anda gunakan untuk menunjang komunikasi yang baik dengan para pelanggan dan calon pelanggan. Maka selanjutnya anda harus mengerti cara memasang live chat di WordPress.
Membuat Konfigurasi Plugin Live Chat WordPress

1. Anda masuk dashoard WordPress terlebih dahulu
2. Kemudian buka tab Plugin dan klik Add New
3. Setelah itu cari WP Live Chat Support pada bagian pencarian 
4. Lalu Install Now dan tunggu beberapa menit dan aktifkan 
5. Setelah itu anda buka live chat ke settings serta cari pilihan Chat enabled atur pada No. 
6. Jangan lupa anda untuk menyimban perubahan yang anda lakukan.

Dengan langkah diatas anda bisa mengkonfigurasi live chat dengan leluasa.
Kemudia anda kembali pada tab dibawah ini

1. General Settinggs kemudian,
2. Cari Opsi Required Chat Box Fields dan Default vistor name 

 


3. Setelah itu cari Chat Transcript Settings pada bagian bawah 
4. Buka tab styling untuk memilih tema yang ada di pengaturan halaman plugin 
5. Kemudian cari pengaturan First Section Text untuk menerapkan pesan otomatis yang akan dilihat oleh para pengunjung.

Terakhir, anda jangan lupa untuk menyimpan perubahan yang anda lakukan. Cek dan tes tenteng fitur live chat anda pasang dalam kinerjanya.