Content

    Cara melakukan dan Contoh Setting Cron Jobs pada cPanel DewaBiz

    Cron Job merupakan salah utility program yang terdapat di dalam Linux, pada dasarnya Cron sendiri tidak hanya terdapat di Linux saja, namun juga dapat anda gunakan di Windows. Fitur Cron job sendiri pada umumnya digunakan untuk melakukan eksekusi perintah secara otomatis pada waktu yang spesifik atau tertentu saja sesuai yang kita inginkan. Dengan adanya fitur Cron Jobs ini anda dapat melakukan berbagai aktivitas tanpa harus anda lakukan nantinya. Fitur Cron jobs sendiri dapat mengotomatisasi perintah atau skrip tertentu di dalam sebuah hosting linux untuk mengelola kebutuhan yang ada pada website.

    Fitur Cron Jobs ini dapat membantu anda dalam mengatur sebuah perintah atau script untuk dijalankan pada waktu tertentu pada setiap hari, minggu, sehingga dapat mengurangi beban kerja kita di waktu kemudian dalam hal manajemen pengelolaan hosting. Pada contoh kasusnya anda dapat membuat settingan cron jobs anda sendiri untuk kepentingan menghapus temporary files di dalam hosting anda setiap mingguan, bulanan atau beberapa minggu sekali dalam membersihkan penggunaan quota disk pada hosting anda.

    Dibawah ini kami berikan contoh cara penggunaan dan melakukan setting cron jobs. Ikuti panduan konfigurasi cron jobs pada cPanel DewaBiz sebagai berikut :

    1. Pertama lakukan login ke dalam account cPanel DewaBiz kesayangan anda
    2. Klik menu “Cron Jobs” di bagian group “ADVANCED” pada laman utama cPanel DewaBiz
    3. Pertama yang harus anda lakukan yaitu mengubah alamat email yang Anda gunakan terlebih dahulu. Fungsinya, Anda akan menerima email secara otomatis ketika Cron Job menjalankan perintah yang telah anda susun. (Catatan : Kosongkan apabila Anda tidak ingin )
    4. Pada langkah selanjutnya adalah mulai lakukan pengaturan settingan cron job yang Anda perlukan. Misalnya pilih Common Settings apabila anda tidak menginginkan pengaturan yang terlalu rumit pada Cron Jobs anda. Pada sample sederhana yang kami buat ini pilihan 1st and 15th ( atau artinya setiap tanggal 1 dan tanggal 15 atau dua kali dalam sebulan). Untuk kolom selanjutnya akan terisi secara otomatis oleh sistem karena ini adalah preset sistem Cron Jobs.
    5. Untuk perintah yang ingin anda jalankan dapat anda tinggal masukkan pada isian kolom Command (masukkan path dari root). Lalu selanjutnya klik tombol Add New Cron Job.
    6. Selamat, sekarang anda dapat menerima notifikasi seperti ini apabila cron job telah berhasil dibuat oleh cPanel. Kemudian, cron job aktif milik Anda juga akan muncul pada daftar di bawahnya.

    Demikian tutorial lengkap cara melakukan dan contoh sederhana mensetting Cron Jobs pada cPanel Hosting DewaBiz kesayangan anda. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan anda dalam dunia per hostingan. Baca tutorial lengkap lainnya hanya di Tutorial DewaBiz. Jika anda mengalami permasalahan teknis yang dihadapi silahkan buat Support Ticket pada dashboard Client Area DewaBiz atau hubungi tim teknis kami sekarang juga melalui kontak livechat pada kolom kanan bawah di website DewaBiz.