Cara Kompress Images WordPress dengan Plugin

Gambar merupakan sebuah kebutuhan yang harus dipunyai oleh setiap web. Gambar tersebut akan memberikan sebuah keindahan dan pengalaman yang asyik untuk para pembaca situs web Anda. Namun, gambar juga bisa menjadi sebuah malapetaka yang bisa memperlambat muatan loading situs web. Untuk mengatasi hal tersebut, anda harus tahu cara kompress image WordPress. Biasanya dengan plugin

Cara Kompress Images WordPress Dengan Plugin

Saat Anda melihat-lihat plugin pengoptimal gambar WordPress, Anda memiliki beberapa opsi kualitas.

Optimalisasi adalah elemen yang paling penting, tetapi Anda masih ingin memastikan bahwa Anda tidak membayar terlalu mahal atau antarmuka tidak terlalu sulit buat dipahami saat memakainya.

1. Layanan pengoptimalan gambar oleh Optimole

Plugin pengoptimalan gambar Optimole bersih dan modern, dengan sebagian besar alat berjalan di latar belakang tanpa Anda sadari. Hal itu membutuhkan pembuatan akun cepat dan penyisipan kunci API. Sesudah itu, Anda dapat melihat semua gambar yang dioptimalkan pada dasbor dan memodifikasi pengaturan tertentu seperti penggantian gambar, mengubah ukuran gambar besar, kualitas kompresi, dan lazy load. Optimole juga mempunyai dashboard sendiri di luar WordPress.

Semua gambar yang dioptimasi dilakukan secara otomatis dengan Optimole. Plugin ini juga didukung oleh CDN sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang memuatan gambar Anda lambat. Pelacakan dan pemantauan merupakan salah satu fitur terbaik, karena Anda menerima detail yang sangat spesifik tentang apa yang terjadi pada gambar dan berapa banyak ruang yang disimpan pada situs web. Seiring dengan pemuatan lazy load dan pengubahan ukuran gambar, hal tersebut merupakan paket yang bagus tanpa perlu membayarnya.

Paket Gratis tersbut memungkinkan untuk penyimpanan 1GB gambar per bulan, CDN, dan bandwidth menonton 10GB per bulan. Tiga paket lainnya juga dijual, mulai dari $ 29 per bulan buat 15GB setiap bulan dan 100GB bandwidth menonton. CDN juga lebih kuat dalam rencana pembayaran.

2. Imagify

Imagify mempunyai modul Pengaturan yang paling terlihat pada daftar ini. Hal itu dipecah menjadi Pengaturan Umum, Optimasi, dan Opsi Tampilan dengan hanya satu halaman buat mengelola bagian pengaturan. Mode optimisasi adalah tombol besar. Selain itu, Perbandingan Visual antara mode pengoptimalan akan memberikan Anda gagasan tentang mana yang akan digunakan.

Pada pengaturan default Aggressive optimasi. Anda juga bisa menggunakan Normal (lossless) dan Ultra (lebih lossy). Jadi, Anda dapat mengompres gambar lebih banyak atau kurang apabila Anda khawatir dengan sebuah kualitas.

Selain itu, sebagian besar fitur dapat diatur untuk otomatisasi. Misalnya, Anda dapat mengubah ukuran semua gambar dengan lebar tertentu. Plugin ini mempunyai alat untuk mengoptimalkan sebuah tema situs web Anda juga.

Harga didasarkan pada ukuran file aktual dari unggahan gambar Anda. Kurang dari 1GB per bulan paket ini gratis, tetapi setelah itu, paket mulai dari $ 4,99 per bulan.

3. Smush Image Compression and Optimization

Smush mempunyai antarmuka yang indah dengan elemen proaktif  untuk mengoptimalkan sebuah foto lama dan baru. Keuntungan utama Smush adalah jumlah informasi yang diberikan tentang gambar dan berapa banyak ruang yang simpan.

Mengubah ukuran dan mengoptimalkan keduanya disertakan dengan gambar baru dan lama. Alat optimisasi massal sangat bagus apabila Anda memiliki beberapa gambar.

Dalam versi gratis, Anda hanya dapat mengoptimalkan 50 gambar lama sekaligus, jadi Anda mungkin perlu mengklik tombol beberapa kali apabila Anda memiliki banyak gambar.

Salah satu kelebihan dari Smush adalah memungkinkan Anda mengoptimalkan gambar tanpa batas secara gratis. Hanya ada dua peringatan:

  • Anda hanya dapat menggunakan kompresi lossless dalam versi gratis
  • Gambar individual tidak dapat melebihi 1MB

Untuk menghapus batas tersebut dan mendapatkan kompresi lossy, Anda dapat menggunakan WP Smush Pro. Plugin premium ini termasuk pada paket pengembangan WPMUDEV sebesar $ 49 perbulan. Harga tersebut terlalu mahal apabila Anda hanya membutuhkan plugin ini, tetapi banyak pengembang menyukai berlangganan karena mendapatkan semua yang  diperlukan untuk membangun sebuah situs web .

4. EWWW Image Optimizer

EWWW adalah plugin yang terlihat usang dan menunjukkan enam tab yang perlu Anda saring. Fitur default biasanya baik untuk kebanyakan orang, jadi Anda tidak akan terlalu repot.

EWWW memberikan penawaran pengoptimalan JPG, PNG, GIF, dan PDF. Ada juga pilihan untuk kompresi lossy dan lossless. Kelebihan dari plugin EWWW tidak memiliki batasan ukuran file atau jumlah gambar yang diunggah.

Selain itu, versi gratis EWWW memberikan optimalisasi di server web Anda sendiri, sedangkan semua alat lain menggunakan server eksternal. Hal tersebut bagus untuk situs web yang berfokus pada privasi. Tapi itu bisa membuat server Anda down apabila Anda mengoptimalkan banyak gambar sekaligus.

Plugin EWWW pada awalnya gratis. Anda juga dapat membayar untuk akses API apabila Anda tidak ingin offload pekerjaan ke server orang lain, tetapi hal tersebut biasanya tidak perlu.

5. Pengoptimal Gambar ShortPixel

Dasbor ShortPixel mirip dengan Imagify, hanya saja mempunyai tab tambahan untuk fitur-fitur yang canggih. Rata-rata pengguna dapat pergi dengan pengaturan default dan halaman utama yang terutama di mana Anda akan singgah.

ShortPixel memungkinkan Anda memilih opsi dari mode Lossy, Glossy, dan Lossless. Anda juga bisa mengubah sebuah ukuran gambar besar saat mengunggah dan melihat seberapa banyak ruang yang Anda perlukan.

ShortPixel juga menawarkan beberapa fitur lain yang lebih disukai pengguna tingkat lanjut, termasuk:

  • Optimasi PDF
  • Dukungan gambar WebP
  • Integrasi Cloudflare: apabila Anda menggunakan CDN

ShortPixel memberikan 100 kredit gambar gratis setiap bulannya. Apabila Anda membutuhkan lebih banyak, ada paket mulai dari $ 4,99 untuk 5.000 kredit gambar. Tidak ada batasan ukuran file buat gambar individual.

6. Kompres gambar JPEG & PNG oleh TinyPNG

Plugin TinyPNG melekat pada dasar-dasarnya dengan halaman Pengaturan yang sederhana dan terlihat bersih. Mungkin diperlukan 20 detik buat memahami apa yang terjadi dan mengaktifkan proses optimasi otomatis gambar Anda.

TinyPNG secara otomatis mengompresi dan mengubah sebuah ukuran gambar saat diunggah. Plugin tersebut juga memiliki pilihan untuk mengoptimalkan gambar yang diunggah sebelumnya. Tanpa batasan ukuran file dan dukungan WooCommerce, hal ini menjadikan plugin tersebut cukup menarik.

Jumlah unggahan gratis dibatasi hingga 500 perbulan. Setelah itu, harga awal adalah $ 0,009 per gambar buat 9.500 gambar berikutnya.

Itulah cara kompress image WordPress dengan plugin yang bisa Anda pilih dan terapkan untuk kebutuhan situs web Anda.