Cara Instal Theme WordPress Melalui Dashboard dan Manual Zip

Hal yang menarik dari WordPress adalah mereka mempunyai ribuan tema yang bisa kita pilih buat memperindah situs web. Hal yang paling mudah untuk menginstall tema adalah dengan menggunagah file zip didalamnya.

Jika anda belum tahu cara instal theme WordPress melalui dashboard dan manual zip, mungkin tutorial berikut ini bisa membantu anda untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Tidak ada file zip?

Tema WordPress mempunyai banyak file didalamnya, dan tentu saja file-file tersebut tersimpan didalam folder.

image by competethemes.com

Jika Anda tidak memiliki file zip, Anda mungkin mempunyai folder seperti dibawah ini. Yang perlu Anda lakukan adalah klik kanan folder tema dan pilih opsi kompres. Lihat cara melakukannya di Mac:

image by competethemes.com

Catatan : Pengguna Mac perlu melakukan zip lebih sering karena Safari secara otomatis membuka ritsleting semua file zip yang Anda unduh

Unggah & pasang theme

Sekarang setelah Anda memiliki file zip, Anda siap untuk mengunggah.

Langkah pertama adalah pergi ke menu Appearance di dasbor admin Anda. Setelah itu, klik tombol Tambah Baru di bagian atas tampilan.

image by competethemes.com

Pada halaman berikutnya, klik tombol Unggah Tema .

image by competethemes.com

Pada bagian ini akan menampilkan formulir di mana Anda sekarang dapat mengunggah tema Anda.

Setelag itu Klik tombol >Pilih File>pilih file zip dari komputer Anda. Kemudian klik Instal Sekarang.

Aktifkan temanya

Akhirnya, Anda akan diarahkan ke halaman berikut ini untuk mengaktifkan tema.

image by competethemes.com

Harap dicatat bahwa Anda belum harus mengaktifkan tema dulu. Anda dapat menjaga tema Anda saat aktif dan melihat dulu tema yang baru diinstal. Ada tombol pratinjau untuk tema jika Anda mengunjungi menu Penampilan dan mengarahkan kursor ke tema.

Pemasangan selesai!

Tema sekarang telah diinstal dan diaktifkan di situs Anda.

Jika Anda mengunjungi menu Appearance, Anda akan melihatnya di tempat aktif di kiri atas. Bagian itu akan berfungsi dan ditampilkan di WordPress sama seperti tema lain yang telah Anda instal.

Anda sudah belajar cara mengompres folder tema menjadi file zip, dan langkah-langkah untuk mengunggah dan menginstal file zip melalui dashboard WordPress Anda.

3 Cara Lain untuk Menginstal Tema WordPress

Menginstal Tema WordPress Baru

Ada tiga cara untuk menginstal tema WordPress yang baru.

  • Menginstal Tema dari Halaman Tema WordPress,
  • Mengunggah Tema melalui Dasbor WordPress dan
  • Mengunggah Tema melalui FTP.

1. Memasang Tema dari Halaman Tema

Dengan cara ini, Anda dapat menginstal tema baru langsung dari halaman tema Anda. Perlu diingat bahwa metode ini hanya berfungsi untuk tema gratis yang tersedia di direktori tema WordPress .

Pertama-tama, buka Appearance > Themes dari dashboard WordPress Anda .

Selain tema default, ada juga kotak Tambah Tema Baru. Klik pada kotak itu. Atau, Anda dapat mengklik tombol Tambah Baru dari bagian atas halaman.

Layar default akan menampilkan tema unggulan. Anda juga akan menemukan tautan untuk melihat tema populer dan terbaru. Anda juga dapat memfilter pencarian untuk tema Anda.

Untuk melakukannya, klik tautan > Filter Fitur. Anda akan menemukan opsi untuk memilih warna, tata letak, fitur, dan subjek. Atau, Jika Anda mencari tema tertentu, berikan ketik nama di kotak pencarian dan tekan enter.

Setelah Anda menemukan tujuan yang sesuai, arahkan kursor ke tema. Anda akan menemukan tiga opsi : Detail & Pratinjau, Instal dan Pratinjau.

Opsi pertama dan terakhir adalah sama. Mengkliknya akan membuka pratinjau layar penuh tema.

Klik tautan Instal untuk mengunduh tema. Ini akan mengunduh dan menginstal tema di situs web Anda. Anda akan memiliki opsi berbeda untuk melihat pratinjau atau mengaktifkan tema atau kembali ke halaman tema.

2. Mengunggah Tema melalui Dasbor WordPress

Untuk menginstal tema dalam metode ini, Anda perlu arsip zip dari file tema.

Jika Anda mengunduh tema dari direktori tema WordPress, klik tombol biru Unduh untuk mengunduh arsip tema yang di zip. Jika Anda mengunduh tema dari lokasi lain, pisahkan arsip zip dari paket tema.

Sekarang, buka halaman Appearances > Themes. Klik pada kotak yang bertulisan Tambah Tema Baru atau tombol Tambah Baru . Di halaman yang ditampilkan, klik tombol Unggah Tema.

Klik Pilih File dan pilih arsip zip dari tema yang Anda inginkan. Setelah file diunggah, item tersebut akan dipasang secara otomatis. Pada titik ini, Anda akan diarahkan ke halaman di mana Anda akan memiliki opsi-opsi : pratinjau atau mengaktifkan tema, kembali ke halaman tema.

3. Mengunggah Tema melalui FTP

Jika Anda tidak dapat menginstal tema dengan mengikuti 2 metode di atas, ada cara lain untuk menginstal tema WordPress. WordPress memungkinkan Anda untuk mengunggah file tema secara manual. Untuk tujuan ini, Anda akan memerlukan akses ke file server Anda dan harus bisa menggunakan klien FTP seperti FileZilla .

Untuk metode ini, Anda perlu arsip zip tema. Diatas telah membahas mendapatkan arsip zip dari tema yang Anda pilih dimetode sebelumnya.

Namun, pada metode ini memiliki satu langkah lagi. Lakukan Ekstrak file arsip di komputer Anda.

Buka klien FTP favorit Anda dan sambungkan ke server web. Masuk ke direktori WordPress. Dari direktori tersebut, buka folder Konten-Wp’ . Setelah itu, buka folder Tema. Unggah folder tema yang diekstraksi ke folder Tema.

Pastikan semua file disalin dengan benar.

Setelah menyalin semua file ke folder Tema, kembali ke halaman Penampilan > Tema . Anda akan menemukan tema di sana. Tersimpan di atas kotak tema yang akan memungkinkan Anda mengaktifkan atau melihat pratinjau tema.

Itu beberapa cara instal theme WordPress yang bisa dilakukan. Semoga bermanfaat!