Cara Editing Title dan Deskripsi WordPress

Teknik Search Engine Optimization (SEO) sangat banyak yang dapat meningkatkan visibilitas situs web Anda. Karena banyaknya strategi SEO dengan skala besar yang tersedia, beberapa cara yang mudah sering dilupakan padahal (tapi tetap penting). Misalnya, mempelajari cara membuat deskripsi meta yang efektif di WordPress.

Deskripsi meta adalah cuplikan teks yang ditampilkan pada hasil mesin pencari. Jadi, mereka itu adalah salah satu hal pertama yang akan dilihat oleh pengunjung potensial. Mengoptimalkan akan elemen ini membantu menarik perhatian mereka dan mengomunikasikan informasi yang penting pada mesin pencari itu sendiri. Untungnya, ada pengaturan deskripsi meta sederhana apabila Anda menggunakan plugin Yoast SEO yang gratis .

Pada artikel ini, kita akan membahas secara singkat pentingnya membuat deskripsi meta di WordPress. Kemudian kami akan menunjukkan cara menggunakan Yoast SEO untuk membuat deskripsi meta di WordPress.

Mengapa deskripsi meta itu penting?

Ketika seseorang menemukan konten Anda di mesin pencari, mereka biasanya akan melihat judul, URL, dan paragraf pendek yang dikenal sebagai deskripsi meta situs web :

Untuk para calon pengunjung, deskripsi meta tersebut akan membantu dalam kesan pertama mereka tentang situs web Anda. Oleh karena itu, pekerjaan ini memainkan peran penting untuk menentukan apakah mereka akan mengklik melihat konten Anda atau tidak.

Sebenarnya, Anda tidak perlu membuat deskripsi meta Anda sendiri. Google akan secara otomatis membuat satu dengan memilih beberapa kalimat yang menurutnya relevan dari situs web Anda. Namun, membuat sendiri mungkin berada dalam posisi yang lebih baik daripada Googlebot untuk bagaimana konten Anda harus dijelaskan.

Terlebih lagi, mengatur deskripsi meta khusus juga memberikan informasi ke mesin pencari itu sendiri. Google akan memperhatikan uraian meta Anda dan menggunakannya buat lebih memahami tentang konten Anda dan kepada siapa konten itu disajikan.

Namun, dalam membuat deskripsi meta tidak menjamin bahwa itu akan muncul di Google. Berbagai faktor dapat meminta mesin pencari buat menampilkan deskripsi yang dihasilkan sendiri sebagai gantinya. Tapi, apabila Anda mengoptimalkan deskripsi meta dengan cermat, ada kemungkinan besar itu akan ditampilkan kepada pencari, terutama untuk kata kunci tertarget Anda. Plus, hal tersebut akan memberikan informasi berharga bagi Google. Oleh karena itu, ada baiknya belajar cara membuat deskripsi meta di WordPress.

Cara mengatur deskripsi meta di WordPress

Ketika mengoptimalkan situs web Anda untuk mesin pencari, Yoast SEO adalah alat yang sangat baik untuk Anda gunakan

Plugin WordPress gratis ini menawarkan serangkaian fitur yang bermanfaat. Dengan alat tersebut memungkinkan Anda untuk membuat kata kunci fokus pada posting, mengoptimalkan URL, meningkatkan keterbacaan konten, dan mengatur deskripsi meta di WordPress. Silakan dan instal Yoast SEO sekarang, kemudian lanjutkan ke langkah pertama.

Langkah 1 : Tambahkan deskripsi meta ke posting atau halaman

Ketika Anda mengunjungi setiap pos atau halaman di situs Anda setelah menginstal Yoast SEO, Anda akan menemukan bagian baru di bawah editor WordPress :

Lihat tab berlabel Masukkan kata kunci fokus Anda . Klik tombol Edit Tampilan buat menampilkan beberapa bidang tambahan :

Karena Anda mungkin bisa menebak, Anda dapat mengatur deskripsi meta di WordPress dengan mengetikkannya di bidang yang berlabel deskripsi Meta . Bilah di bawahnya akan berubah warna untuk memberi tahu Anda jika deskripsi Anda cukup panjang. Oranye berarti terlalu pendek dan merah menunjukkan terlalu panjang – jadi hijau adalah tujuan Anda:

Setelah Anda menambahkan deskripsi meta Anda, Anda dapat menyimpan posting atau halaman untuk menerapkannya. Kami akan membahas cara membuat deskripsi meta yang kuat segera.

Langkah 2 : Buat deskripsi meta umum untuk situs dan tipe konten Anda

Jika mau, Anda dapat menambahkan beberapa jenis deskripsi meta tambahan ke situs Anda. Untuk menemukan opsi ini, navigasikan ke SEO> Cari Penampilan di dasbor Anda. Di bawah tab General , Anda akan menemukan bidang lain berlabel deskripsi Meta . Di sinilah Anda dapat menetapkan deskripsi untuk beranda situs Anda.

Jenis Konten tab memungkinkan Anda untuk membuat template meta description yang akan digunakan untuk semua posting dan satu lagi untuk semua halaman. Hal tersebut berguna jika Anda tidak ingin menetapkan deskripsi individu untuk setiap bagian konten, meskipun kami sarankan meluangkan waktu untuk menulis deskripsi meta unik bila memungkinkan.

Ada bidang serupa di tab Taksonomi dan Arsip , memungkinkan Anda mengatur deskripsi meta khusus untuk kategori, tag, dan halaman arsip. Ini semua layak untuk diisi, karena semakin banyak informasi yang dapat Anda berikan kepada Google tentang situs Anda, maka semakin baik ia akan memahami konten Anda.

Ketika Anda selesai mengatur deskripsi meta Anda, Anda mungkin ingin memeriksa segala hal lain yang dapat dilakukan plugin SEO Yoast. Untuk sekarang, mari kita selesaikan dengan memahami tentang cara menulis deskripsi meta di WordPress.

Pada titik ini, Anda tahu cara menambahkan deskripsi meta ke situs dan konten Anda. Namun, sama pentingnya untuk memahami cara membuat deskripsi efektif yang menghasilkan.

Setiap deskripsi meta yang Anda tulis harus ringkasan singkat dari konten apapun yang dilampirkan. Anda harus menjelaskan tentang apa halaman, posting, atau elemen lainnya dengan cara yang jelas dan ringkas.

Selain itu, Anda harus mempertimbangkan hal berikut ini :

Panjangnya. Google telah membuat perubahan berkala pada panjang yang diizinkan untuk deskripsi meta. Saat ini tidak ada titik cutoff spesifik, meskipun secara umum mesin pencari akan menampilkan 160 hingga 320 karakter. Apabila ragu, sebaiknya Anda menulis deskripsi meta terperinci yang panjangnya sekitar 300 karakter.

Nada. Cara Anda menulis deskripsi meta Anda harus mencerminkan gaya dan nada situs web Anda. Apakah konten Anda informatif dan profesional, atau kasual dan lucu. Deskripsi meta yang kuat akan mengikutinya.

Kata kunci. Uraian meta adalah tempat yang sempurna untuk memasukkan kata kunci yang Anda ingin mendapatkan peringkat tinggi. Karena sangat pendek, lebih baik tetap dengan satu atau dua frase utama yang ingin Anda tekankan .

Nilai bagi pembaca. Deskripsi meta yang kuat memberi tahu pembaca apa yang akan mereka dapatkan dari mengklik URL konten Anda. Jadi biarkan mereka tahu persis apa yang akan mereka pelajari atau dapatkan saat mengunjungi situs web Anda.

Berikut adalah contoh deskripsi meta yang dioptimalkan untuk pos yang sedang Anda baca sekarang:

Untuk mendapatkan peringkat tinggi pada hasil mesin pencari, Anda perlu tahu cara mengoptimalkan situs web Anda. Ini termasuk mempelajari tentang deskripsi meta teks yang mengiklankan konten Anda ke pencari. Pada artikel ini akan membahas apa itu deskripsi meta dan menunjukkan kepada Anda cara menambahkan deskripsi meta di WordPress!

Deskripsi ini panjangnya bagus – 298 karakter – dan secara ringkas menjelaskan tentang apa sebenarnya postingan itu. Tambahannya, itu memberitahu pencari dengan persis apa yang akan mereka pelajari dengan membacan URL tersebut. Terlebih lagi, deskripsi membuat topik utama menjadi lebih jelas sejak awal, sehingga akan sangat membantu bahkan jika terpotong oleh Google.

Anda juga dapat menguasai seni menulis deskripsi meta berkualitas hanya dengan sedikit latihan. Selain itu, Anda dapat menemukan saran bermanfaat dari pengembang Yoast dan Google sendiri untuk menulis sebuah deskripsi yang sempurna.

Untuk editing title atau judul posting, Anda bisa langsung di halaman pembuatan post WordPress. Maka plugin Yoast juga akan mengikutinya.