Cara Daftar Webmaster Google (Panduan Lengkap GWT)

Mendaftarkan situs web Anda kepada Webmaster Google akan sangat penting, hal ini untuk mempercepat indeks konten situs web Anda oleh google. Maka, pada kesempatan ini kami akan memberikan cara daftar webmaster google yang cocok untuk pemula.

Cara Daftar Webmaster Google

1. Siapkan Akun Alat Webmaster Google Anda

Pertama-tama, Anda akan memerlukan akun Google. Jika tidak ada akun Anda tidak bisa mengakses Webmaster Google. Anda harus membuka https://accounts.google.com/SignUp dan dalam beberapa langkah Anda mendaftar untuk membuat akun. Hal ini akan memberi Anda akses ke semua alat dan aplikasi Google. Anda tidak perlu memiliki akun Gmail untuk melakukannya. Anda dapat membukanya menggunakan alamat email Anda sendiri.

Setelah selesai membuat akun, Anda dapat masuk dan mengakses Alat Webmaster http://www.google.com/webmasters/tools/

2. Tambahkan Situs Anda

Apabila sudah masuk ke akun Anda, Anda akan dapat mengakses halaman utama dan Anda dapat menambahkan alamat situs web  dengan mengklik tombol “Tambahkan Situs” di sudut kanan atas, ketikkan arah dalam kotak dan klik “Terus”.

Setelah itu, Anda akan diarahkan ke halaman “Verifikasikan kepemilikan Anda” yang meminta Anda untuk mengotentikasi akses Anda ke situs web yang ditambahkan. Apabila Anda melewati langkah ini, situs web yang Anda masukkan akan ditampilkan di papan utama, tetapi akan ditandai sebagai “Tidak diverifikasi” dan Anda tidak akan bisa mengakses data apa pun tentangnya. Anda dapat memverifikasi kepemilikan Anda melalui beberapa metode, memverifikasinya melalui Google Analytics. (Untuk dapat melakukan ini, Anda memerlukan izin Administrator di akun Analytics).

Secara default, Alat Webmaster akan merekomendasikan untuk memverifikasi kepemilikan Anda melalui metode “file unggahan HTML“. Hal ini merupakan proses yang lebih rumit, karena melibatkan pengunduhan file html spesifik yang ditawarkan oleh Google yang perlu Anda unggah di situs web Anda, lalu mengakses tautan di browser.

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah ini, Anda dapat menekan tombol “Verifikasi” dan siap. Apabila Anda ingin terus diverifikasi, Anda harus tetap memasukkan halaman itu di situs web Anda. Jika Anda menyelesaikan langkah terakhir ini, semuanya sudah siap dan Anda harus siap untuk mengakses dasbor situs. Anda perlu menyadari bahwa beberapa data mungkin tidak tersedia sejak awal, dan mungkin muncul setelah beberapa hari, karena ini merupakan penyiapan Alat Webmaster yang baru.

3. Periksa Masalah Kritis Baru atau Terbaru

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, satu penggunaan penting dan tipikal dari sebagian besar pengguna GWT adalah memantau bagian “Pesan Situs Web”. Anda mungkin diberitahu oleh Google tentang masalah yang ditemukan di situs web Anda, dan itu juga mengirimkan pesan tertentu yang berisi informasi yang relevan. Pesan atau masalah terbaru yang terdeteksi akan ditampilkan di halaman utama dasbor di bawah “Baru dan penting”.

4. Periksa Tindakan Manual yang Diterapkan ke Situs Web Anda

Langkah kedua, sesudah memeriksa pesan yang dikirim secara otomatis oleh Google,  hal itu untuk melihat apakah seorang karyawan dari Google secara pribadi meninjau situs web Anda dan menemukan adanya pelanggaran pedoman. Saat Anda berada di beranda Alat Webmaster, Anda perlu mengklik situs yang ingin Anda selidiki, lalu pilih di menu kiri Cari Lalu Lintas > Tindakan Manual.

Apabila Anda tidak melakukan tindakan apa pun di situs web Anda, maka akan terlihat pesan “Tidak ada tindakan webspam manual ditemukan” yang ditampilkan.

Anda harus berhati-hati tentang hukuman ini, karena dapat menghancurkan peringkat situs wen Anda. Apabila memang ada tindakan yang diterapkan pada situs web Anda, maka akan menemukannya di bawah salah satu dari dua kategori yang mungkin dalam kecocokan seluruh situs web atau kecocokan sebagian.

Selanjutnya, Anda akan memiliki perincian tentang alasan mengapa tindakan manual dilakukan pada bagian-bagian persis situs web Anda yang terpengaruh. Pada penampil tindakan manual, Anda akan memiliki bagian untuk meminta peninjauan dari Google, tetapi kami sangat menyarankan Anda untuk memberi tahu diri Anda mengenai pedoman Google terbaru sebelum meminta pertimbangan ulang.

5. Periksa Kesalahan Perayapan

Anda dapat melihat detail tentang halaman di situs web Anda yang dirayapi masalah Googlebot atau yang menghasilkan kesalahan HTTP. Akses fitur tersebut dengan mengklik di menu sebelah kiri pada Crawl > Crawl Errors. Data, yang hanya ditampilkan selama 90 hari terakhir, dibagi antara dua bagian utama yaitu “Kesalahan Situs dan Kesalahan URL”. Bagian pertama adalah daftar masalah potensial yang dimiliki oleh Google, mencegah dalam mengakses seluruh situs web Anda.

Kesalahan URL, di sisi lain menunjukkan daftar lengkap tautan spesifik yang dirayapi oleh Google. Anda memiliki pemisahan data di antara dua kategori yang mewakili dua jenis Googlebots yaitu “Desktop dan Smartphone” untuk GoogleBot-mobile (kesalahan yang tidak terjadi pada desktop). Selanjutnya, Anda akan dapat melihat grafik pada dua kasus.

a. Sebuah Akses ditolak, hal ini yang menunjukkan berapa kali masalah dengan otentikasi terjadi atau Googlebot tidak diizinkan buat mengakses situs web

b. Tidak ditemukan. hal ini yang berarti tautan menunjuk ke halaman yang tidak ada lagi

Di bagian bawah halaman Anda akan menemukan daftar dengan 1000 halaman teratas yang mengandung kesalahan yang disusun berdasarkan prioritas. Anda juga dapat memesan daftar dengan kode respons yang diterima Googlebot saat mencoba merayapi laman (Kode Respons) atau pada tanggal di mana masalah ini terdeteksi.

Apabila Anda merasa terlalu banyak halaman dengan kesalahan yang ditampilkan dan perlu menemukan halaman tertentu, Anda dapat menggunakan kotak Filter. Pada bagian ini dapat mengetikkan kata atau bagian dari kata yang ada di dalam URL yang dicari dan secara otomatis hanya akan menampilkan tautan yang dimasukkan.

6. Aktifkan Pemberitahuan Email dari Google (Sangat Penting)

Pada bagian ini dapat menjadi contoh bahwa Google mengirimi Anda pesan tentang kesalahan tertentu yang ditemukan pada situs web Anda. Yang terbaru akan muncul di beranda GWT, tetapi ada opsi lain yang dapat Anda gunakan agar tetap waspada setiap saat.

Opsi bermanfaat ini harus diaktifkan dengan menautkan email pribadi Anda dengan akun Google. Untuk melakukannya, ikuti cara dibawah ini:

Buka halaman utama Alat Webmaster dan klik ikon roda gigi yang terletak di sudut kanan atas dashbord.

Pilih Preferensi Alat Webmaster

Di bawah Pemberitahuan email, centang kotak tepat di depan “Aktifkan pemberitahuan email”.

7. Periksa Masalah Keamanan

Ada bagian berbeda di Alat Webmaster yang disebut “Masalah Keamanan”, bagian ini dibuat oleh Google buat mengumumkan kepada penggunanya jika ada masalah keamanan yang mungkin dimiliki oleh pemilik situs web. Anda mungkin diberi tahu apabila situs web Anda berurusan dengan masalah seperti peretasan, suntikan SQL, suntikan konten, suntikan kode malware dan sebagainya, serta saran tentang cara mengatasi masalah tersebut.

Dengan informasi yang diberikan di bagian ini, Anda akan dapat dengan cepat mendeteksi sumber masalah, memperbaikinya dan kemudian mengirimkan permintaan peninjauan.