Content

Cara Daftar Webmaster Bing (Panduan Webmaster Bing)

Untuk memulia dalam memakai webmaster Bing, Anda harus Signup atau login (jika sudah punya akun). Setelah Anda login di Bing Webmaster klik pada sidebar kiri Tambah Situs

Masukkan detail Anda. Seperti yang Anda lihat, bidang wajib isi hanya satu: URL – masukkan URL situs web Anda. Kami menyarankan agar Anda mengirimkan file Sitemap juga.

Biarkan default  di menu pilih tempat Bing bertanya seberapa sering ia harus mengunjungi situs web Anda. Apabila Anda memiliki situs web untuk perdagangan, Anda dapat mengubah nilai ke yang lain.

Kemudian klik Tambah.

Pada jendela berikutnya Bing akan meminta Anda untuk memverifikasi domain Anda dan Anda memiliki 3 opsi:

Opsi 1: Tempatkan file XML di server situs web Anda
Opsi 2: Salin dan tempel tag di halaman web default Anda
Opsi 3: Tambahkan catatan CNAME ke DNS

Terserah Anda metode mana yang akan Anda pilih. Tetapi apabila Anda memilih opsi ke satu, cukup unduh file XML yang dihasilkan Bing dan unggah ke server web Anda, sehingga nantinya Bing dapat mengaksesnya,

Contoh seperti ini : http://domainkamu.com/BingSiteAuth.xml

Setelah selesai, klik tombol Verifikasi.

Selamat kamu sudah selesai! Sekarang Anda dapat mulai menjelajahi kinerja situs web Anda di Bing. Biarkan selama beberapa hari dan kembali untuk melihat  apa yang dipikirkan oleh Bing tentang situs web Anda.

Menambah & Memverifikasi Situs Web

Menambahkan situs web ke Alat Webmaster Bing itu hal mudah. Setelah masuk, masukkan URL situs web Anda dan klik tombol “Tambah”. Dibagian tersebut, Anda akan diarahkan ke layar untuk memasukkan informasi dasar dan URL sitemap.

Sebelum Anda dapat mulai memelihara situs web Anda dan melihat data, situs web harus diverifikasi. Sesudah menambahkan situs web, “Verifikasi Sekarang” akan muncul layar.

Bing akan memberi Anda tiga opsi untuk verifikasi. Opsi pertama melibatkan Verifikasi File XML, di mana file “BingSiteAuth.xml” perlu diunduh dan ditempatkan di direktori root situs web Anda.

Opsi kedua memungkinkan verifikasi tag meta dengan memasukkan baris kode khusus yang disediakan oleh Bing ke beranda situs web Anda.

Akhirnya, ada verifikasi DNS, hal ini melibatkan sedikit lebih banyak keterampilan teknis daripada dua metode sebelumnya. Anda akan memerlukan akses ke hosting Anda untuk mengedit data CNAME buat menyimpan kode verifikasi.

Setelah verifikasi selesai, hal ini akan memakan waktu 1-2 hari untuk mengumpulkan dan menampilkan data situs web yang baru ditambahkan. Kegiatan tersebut untuk memungkinkan waktu dalam pengindeksan dan perayapan.

My Sites

Bing Webmaster Tools menawarkan antarmuka yang ramah pengguna untuk mengelola beberapa situs web dari satu akun.

Saat masuk ke Alat Webmaster, Anda akan melihat daftar situs web yang Anda kelola bersama dengan snapshot informasi tentang masing-masing web, termasuk klik, tayangan, halaman yang diindeks, dan halaman yang dirayapi.

Dashboard Site

Setelah situs web Anda diverifikasi, Anda dapat mengakses Dashboard Situs  di halaman Situs Saya.

Dashboard Situs menawarkan ikhtisar aktivitas situs terbaru Anda di Bing, daftar sitemap yang Anda kirimkan, kata kunci pencarian organik teratas, tautan masuk utama, dan menu tarik-turun kecil alat diagnostik URL.

Anda dapat mengkliknya untuk melihat data yang lebih komprehensif pada salah satu bagian diatas atau menggunakan navigasi kiri buat menjelajahi laporan dan alat tambahan.

Configure My Sites

Pada halaman ini akan menguraikan beberapa alat yang paling berguna dalam subnavigasi “Configure My Sites”.

Peta Situs

Sitemap Anda akan memberi tahu Bing tentang struktur situs web Anda, sehingga akan memudahkan mesin pencari buat merayapi dan mengindeks halaman situs web Anda. Bing mendukung format berikut dibawah ini:

Peta Situs XML
RSS 2.0
Atom 0.3 & 1.0
Yahoo dan Bing mRSS
File teks

Meskipun ada banyak cara untuk mengirimkan sitemap ke Bing, melakukannya melalui fitur Site Map Alat Bing Webmaster bisa dibilang yang paling mudah. Pada bagian ini, Anda dapat mengirimkan sitemap untuk situs web Anda dan melihat informasi sitemap (seperti tanggal yang dikirimkan, jumlah URL, tanggal perayapan terakhir, dll.). Anda juga dapat mengirim ulang, menghapus, atau mengekspor sitemap Anda pada bagian ini.

Apabila Anda menggunakan sitemap XML, periksa kembali kiriman sitemap Anda menggunakan protokol Sitemaps.org. Apabila situs web Anda akan menjadi cukup statis, perhatikan juga arsitektur situsnya.

Media RSS Spesifikasi Umpan Video

Bing akan mendukung ekstensi video dengan Protokol Site Map XML untuk memungkinkan penemuan dan pengindeksan video. Namun, Bing lebih suka bahwa Anda mengirimkan file terpisah dalam format mRSS sehingga dapat lebih mengenali konten terkait video.

Bing saat ini mendukung feed yang lengkap (yang akan mencakup katalog belakang), feed tambahan (yang diperbarui saat video baru ditambahkan), dan feed kadaluarsa (hanya untuk daftar video kadaluarsa) sitemap untuk video. Namun, apabila Anda sudah tahu tanggal kedaluwarsa saat video awalnya diterbitkan, Bing menyarankan buat menggunakan tag di umpan asli.

Submite URL

Anda dapat meminta Bing untuk merangkak kembali atau melakukan penjelajahan awal pada halaman tertentu dengan menggunakan fitur submite URL. Hal ini digunakan untuk mengirimkan URL yang saat ini tidak ada dalam indeks Bing atau perlu diindeks ulang karena sebuah perubahan. Tambahkan satu URL per baris dan klik “Kirim” agar URL dievaluasi dan indeksasi muncul di hasil pencarian.

Sama bermanfaatnya dengan fitur ini, saat ini dibatasi hingga 50 pengiriman URL per bulan (maksimal 10 per hari), jadi simpan permintaan untuk halaman Anda yang paling penting. Perhatikan bahwa fitur ini juga terbatas hanya untuk root domain.

Abaikan Parameter URL

Parameter URL berguna untuk melacak berbagai perilaku pengguna, tetapi downside merupakan bahwa situs web yang menggunakannya dapat berakhir dengan beberapa versi URL, masing-masing melayani konten yang sama persis. Hal ini dapat menyebabkan masalah konten duplikat, yang dapat berdampak negatif pada upaya SEO web Anda.

Untungnya, Alat Webmaster Bing memungkinkan Anda menunjukkan parameter URL mana yang harus diabaikan dalam perayap Bing. (Anda tidak perlu menggunakan fitur ini jika Anda telah menetapkan tag kanonik, noindex, atau aturan file robots.txt yang masing-masing opsi ini dapat melakukan hal yang sama dengan pengaturan parameter URL, meskipun semuanya sedikit menanganinya berbeda.)

Mirip dengan penanganan parameter Google, normalisasi URL di Bing memungkinkan Anda buat menyelesaikan sebuah masalah parameter. Anda akan menentukan pola kueri mana yang harus diabaikan dalam perayap Bing untuk mencegah duplikat konten dalam indeks Bing, menghindari nilai indeks halaman supaya tidak terpecah di antara beberapa variasi URL dan menghindari penggunaan bandwidth yang tidak perlu oleh crawler pencarian.

Fitur ini harus digunakan dengan hati-hati supaya Anda tidak secara tidak sengaja mengecualikan URL dan konten yang relevan dari situs web. Pastikan parameter tidak menyeberang ke area lain di situs web Anda yang kemudian Bing abaikan.

Pengaturan Kontrol Perayapan

Mesin pencari ingin menarik sebanyak mungkin informasi bermanfaat dari situs web Anda. Namun, mereka tidak ingin mempertimbangkan situs web Anda.

Akibatnya, Bing memungkinkan Anda membuat pola perayapan yang disesuaikan dengan fitur Kontrol Perayapan. Anda dapat memilih satu dari beberapa preset atau membuat laju perayapan sendiri berdasarkan lalu lintas situs web Anda paling ringan.

Bing secara otomatis memilih tingkat terbaik untuk situs web Anda, tetapi Anda dapat menyesuaikan hal tersebut secara manual. Anda mungkin ingin memilih tingkat perayapan khusus apabila Anda ingin Bingbot mengunjungi selama jam sibuk, terutama jika Anda menjalankan promosi yang dapat memengaruhi bandwidth Anda, mengharapkan sejumlah besar lalu lintas, atau melakukan promosi konten online yang berat.