Cara Custom Ukurang Gambar di WordPress

Fitur yang kebanyakan orang tidak tahu dengan CMS WordPress adalah mereka menawarkan fitur untuk mengubah ukuran gambar di dalam WordPress itu sendiri. Biasanya saat Anda mengunggah gambar, WordPress akan mengambil gambar itu dan membuat versi dengan ukuran berbeda tergantung pada tema Anda. Jadi misalkan Anda mengunggah gambar dengan lebar 2600px * 2200px, WordPress kemudian akan mengubah ukuran gambar itu dalam ukuran Besar, Sedang, dan Kecil. Tetapi bagaimana jika tidak ada ukuran yang telah ditentukan memenuhi kebutuhan Anda? Dalam hal ini, Anda bisa untuk mengubah ukuran gambar secara eksplisit menjadi ukuran yang Anda inginkan.

Cara Custom Ukuran Gambar di WordPress

Berikut ini adalah cara custom ukuran gambar di WordPress yang mudah anda lakukan dengan step by stepnya!

1. Klik tautan Media > Perpustakaan di WordPress

2. Di bagai tersebut pilih atau unggah gambar yang ingin Anda ubah ukurannya.

3. Kemudian klik “Edit Gambar” pada halaman Detail.

4. Sekarang Anda masukkan ukuran baru yang diinginkan. Apabila Anda hanya memasukkan lebar tinggi dengan secara otomatis dihitung berdasarkan rasio gambar atau sebaliknya. Ketika Anda memiliki ukuran yang Anda inginkan, klik Skala

5. Buat menggunakan gambar yang baru saja diubah ukurannya, kembali ke halaman detail gambar dan salin url seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.

Dan itu, Anda sekarang memiliki ukuran gambar di WordPress yang dapat Anda gunakan di mana pun Anda mau.

Selain mengubah ukuran, WordPress juga menawarkan kemampuan pengeditan gambar lainnya seperti: Memotong, Memutar, Memutar

Cara Memotong Gambar di WordPress

1. Ikuti langkah 1-3 di atas untuk sampai ke layar Edit Gambar di WordPress (pada tutorial “Bagaimana Mengubah Ukuran Gambar di WordPress”) untuk menuju ke layar Edit Gambar.

2. Selanjutnya klik dan seret mouse Anda pada gambar untuk memulai proses pemotongan.

3. Anda dapat mengklik salah satu kotak kecil untuk menyesuaikan area yang dipotong atau memindahkan area di sekitar gambar. Setelah Anda puas klik ikon Pangkas seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

4. Sekarang klik Simpan dan hanya itu! Anda telah memangkas gambar Anda. Sekali lagi pilih halaman detail gambar url untuk menggunakan gambar seperti yang ditunjukkan pada langkah 5 di atas.

Cara Memutar dan Membalik serta Gambar di WordPress

1. Ikuti langkah 1-3 di atas (pada tutorial “Bagaimana Custom Ukuran Gambar di WordPress”) untuk menuju ke layar Edit Gambar di WordPress

2. Sekarang cukup gunakan tombol untuk Putar atau Balikkan gambar Anda.

3. Setelah selesai klik Simpan

Cara Mengembalikan Gambar Asli jika Anda Mengacaukan

Sangat mudah untuk mengembalikan gambar Anda di WordPress jika Anda mengacaukan sesuatu saat mengedit. Untuk kembali ke gambar asli Anda cukup klik tombol “Restore Image” pada bilah gambar edit gambar

Seperti yang Anda lihat diatas dalam mengubah ukuran, memotong, memutar, membalik dan mengedit gambar lainnya pada WordPress sangat mudah dan akan sangat berguna. Lain kali jika Anda perlu mengedit sederhana untuk gambar, tidak perlu photoshop atau program pengeditan gambar yang lainnya, cukup gunakan fitur dengan pengeditan gambar yang dibangun oleh WordPress seperti yang ditunjukkan di atas.

Semoga tutotial ini bermanfaat dan membantu Anda dalam mengedit foto pada WordPress. Terima kasih!