9 Cara Mempercepat Load Blog WordPress

Semua orang tidak ada yang suka dengan situs internet lambat. Menurut infografik oleh Kissmetrics ini, 40 persen pengguna meninggalkan situs web yang membutuhkan waktu lebih dari tiga detik buat memuat. Bahwa untuk situs web e-commerce, hasilnya bahkan lebih tajam. Delapan puluh persen pembeli yang tidak puas dengan kecepatan atau kinerja situs web tidak membeli atau setidaknya tidak mengunjunginya lagi pada halaman yang sama.

Rata-rata, penundaan satu detik mengurangi kepuasan pelanggan sebesar 16 persen dan menyebabkan hilangnya konversi 8 persen. Berikut dibawah ini kami akan memberikan 10 cara mempercepat load blog WordPress.

9 Cara Mempercepat Load Blog WordPress

Namun, sebelum Anda mulai memahami segala halnya, Anda perlu mengecek kinerja dan kecepatan saat ini di situs web Anda sehingga Anda dapat mengukur peningkatan kinerja apa pun apabila Anda telah menerapkan metode dalam postingan ini. Website Pingdom menawarkan analisis kinerja gratis untuk website Anda. Anda juga dapat melihat kecepatan dan data kinerja lainnya dari situs web Anda di Google Analytics.

1. Pilih layanan hosting yang baik

Memilih layanan hosting yang baik tidak selalu mudah, terutama jika Anda seorang pemula dan beberapa istilah untuk paket dan server yang berbeda tidak tahu. Anda bisa memilih layanan hosting di kami dengan beberapa paket dan harga yang murah. Selain itu, anda juga harus memengetahui beberapa macam hosting dibawah ini!

Hosting Bersama

Hosting bersama lebih merupakan opsi jika Anda memiliki banyak situs web di mana Anda mengharapkan lebih sedikit lalu lintas. Rata-rata 10.000 per bulan, Anda mendapatkan apa yang Anda bayar: sumber daya yang terbatas dan layanan yang tidak dapat diandalkan.

Server Pribadi Virtuelle (VPS)

VPS adalah cara yang bisa Anda tempuh. Mereka memberi Anda lebih banyak sumber daya dan biasanya menawarkan alat dan layanan tambahan seperti pembaruan otomatis, aplikasi penyesuaian situs web seluler, cadangan, dan lainnya. Pada tingkat rata-rata 90.000 dan lebih banyak per bulan, server pribadi virtual masih sangat terjangkau untuk situs web yang menghasilkan uang.

Dedicated Hosting

Dedicated Hosting biasanya digunakan oleh webmaster dengan pengalaman dalam teknologi server atau oleh situs web dengan lalu lintas yang luar biasa. Jika Anda memiliki situs web yang sangat populer yang memerlukan operator khusus dan tidak memahami teknologi di baliknya, Anda dapat mengatur servernya oleh orang lain.

Hosting WordPress Terkelola

Hosting WordPress yang dikelola dapat menjadi cara yang bagus untuk memulai. Server semacam itu dibangun untuk WordPress untuk menyertakan alat dan fitur yang dirancang untuk membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari situs WordPress Anda. Tentu saja Anda juga dapat menggunakan WordPress di server VPS, tetapi tentu saja Anda tidak akan memiliki opsi khusus untuk WordPress.

Namun, ada beberapa batasan: Beberapa fitur WordPress, seperti plugin dan tema, mungkin dinonaktifkan karena masalah keamanan.

Jika anda masih bingung dengan layanan hosting ingin dipilih, cobalah untuk berbicara dengan customer service kami.

2. Pilih template atau tema “ringan”

Apakah template atau tema situs web Anda bagus dan ramping? Jika tidak, Anda harus segera mempertimbangkan apakah Anda benar-benar membutuhkan semua opsi yang tersedia, jika perlu, pikirkan perubahan. Tema premium tentu memberikan banyak pilihan dan jika sesuai dengan kebutuhan.

3. Gunakan Plugin Lazy Load untuk kompress gambar

Lazy Load adalah alat yang dapat membantu mempercepat situs web dan berat gambar. Pada dasarnya plugin ini melakukan untuk memastikan bahwa gambar dimuat hanya ketika mereka berada dalam pembaca. Misalnya, jika Anda ingin melihat posting lengkap pada halaman, gambar pertama dalam tampilan Anda dimuat dan sisanya dimuat saat Anda menggulir halaman.

Siap diimplementasikan? Berikut adalah beberapa versi populer yang melakukan kerjakan dengan upaya minimal:

Beban Lazy: Sederhana dan mudah digunakan. Cukup instal, aktifkan dan Anda siap melakukannya. Mudah bagi situs web semua pengguna.
Rocket Lazy Load: Plugin ringan dengan skrip kecil (kurang dari 2 KB!).
Unveil Lazy Load: Lebih mudah daripada Rocket Lazy Load dengan skrip yang bahkan lebih kecil (0,5 KB).
Image Lazy Load: Versi ringan Lazy Last. Ini memberi Anda lebih banyak opsi dan memiliki pengaturan khusus buat tampilan gambar di telepon.

4. Gunakan plugin caching

Caching mungkin adalah cara terbaik untuk mempercepat situs web Anda dan meningkatkan kinerja.

Cache adalah tempat di mana data di-cache. Jadi, ketika Anda mengunjungi situs web untuk pertama kalinya, browser Anda menyimpan data aktif untuk mempercepat proses pemuatan. Apabila Anda mengunjungi situs itu lagi, browser Anda akan memiliki sebagian besar file situs yang disimpan dalam cache yang berarti situs akan memuat lebih cepat karena browser Anda tidak mengambil banyak waktu untuk mengumpulkan banyak file.

Apa yang sebenarnya dilakukan oleh caching plug-in ini adalah menyimpan salinan HTML situs web untuk jangka waktu tertentu. Plugin kemudian mengirimkan file-file ini dari cache (alih-alih memuatnya langsung dari server langsung yang sesuai).

WP Super Cache (gratis), W3 Total Cache dan WP Rocket adalah tiga plug-in yang disarankan.

5. Gunakan Jaringan Pengiriman Konten (CDN)

Dengan CDN, Anda dapat meng-host gambar pada server yang sangat cepat buat meningkatkan waktu pemuatan. Mereka juga membantu dalam menyimpan dan berpotensi memigrasi situs web Anda ke server host baru.

Apa yang sebenarnya dilakukan CDN adalah menyimpan file yang diminta, serta konten statis yang di-cache dekat dengan lokasi geografis pengunjung. Apabila situs Anda di-host di Jakarta dan pengguna mengakses situs Anda di Bandung, mereka akan menerima gambar situs web Anda dari pusat data di Illinois. Tetapi jika situs web Anda di-host di AS, pengguna di London mengakses situs web Anda, mereka dapat memperoleh foto-foto mereka dari pusat data di Inggris. Dengan cara ini, waktu transmisi dan parameter pemrosesan lainnya berkurang yang mengarah pada peningkatan waktu pemuatan situs web.

Contoh layanan tersebut adalah: Amazon Cloudfront, MaxCDN dan CloudFlare. Tetapi tentu saja ada layanan CDN baik lainnya yang dapat Anda gunakan.

6. Minimalkan skrip Java dan file CSS

Situs web Anda terdiri dari banyak file HTML, CSS, dan JavaScript untuk dimuat. File-file ini ditulis oleh manusia untuk dibaca oleh manusia, sehingga mengandung spasi tambahan, karakter, komentar, dan format yang tidak perlu dijalankan oleh server. Oleh karena itu, Anda dapat membersihkan semua data ini dan membuatnya lebih kecil sehingga server dapat membacanya dengan cepat.

Dan bagaimana melakukannya? Apakah harus membersihkan setiap file secara manual? Tidak, Anda dapat menggunakan CSS Minifier dan JavaScript Minifier, keduanya alat online gratis untuk menghapus spasi, baris, komentar, dan pemformatan yang tidak perlu. Anda cukup menyalin kode yang ingin Anda ubah dan Anda mendapatkan versi yang diperkecil untuk menempel kembali ke halaman web Anda.

Ada juga beberapa plugin andal yang bahkan tidak perlu khawatir tentang pengaturan yang rumit. Misalnya, Better WordPress Minify, WP Super Minify, dan AssetsMinify adalah plugin gratis yang dapat melakukan pekerjaan untuk Anda.

7. Bersihkan database WordPress Anda

Basis data Anda berisi banyak informasi penting dan tidak penting, seperti informasi tentang plugin yang tidak aktif, revisi, spam, dan komentar sampah. Namun, membuang data yang tidak perlu ini dapat sangat mengurangi ukuran database Anda, sehingga mempercepat situs web Anda dan dengan demikian meningkatkan kinerja.

Dan bagaimana melakukannya? Bisa dengan plugin WordPress yang sesuai. WP-Sweep sejauh ini merupakan plugin yang paling populer dan efektif untuk membersihkan database WordPress. Sangat mudah digunakan. Setelah diaktifkan, buka Alat> Sapu dan plugin akan mulai menganalisis database Anda. Ini akan menghasilkan laporan tentang berbagai bagian atau komponen situs web Anda yang perlu dibersihkan. Anda kemudian memiliki kesempatan untuk memutuskan sendiri, apakah hanya untuk membersihkan setiap artikel atau membersihkan semuanya sekaligus.

8. Optimalkan beranda situs web Anda

Laman beranda mungkin merupakan bagian terpenting dari seluruh situs web Anda, karena berfungsi sebagai laman landasan utama. Dengan upaya yang masuk akal dimungkinkan untuk mengoptimalkannya agar memuat lebih cepat. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kecepatan pemuatan beranda Anda:

  • Batasi jumlah pesan atau postingan pada halaman
  • Jangan tampilkan posting penuh, tetapi sebaliknya hanya kutipan
  • Tombol untuk membagikan atau menyukai posting di Facebook, Twitter, Google+, dll. Hanya boleh dimasukkan dalam posting.
  • Hapus plugin yang tidak aktif dan Widget
  • Hapus semua konten dan elemen lain yang tidak perlu dari halaman

Aturan praktisnya adalah menjaga beranda sebersih mungkin. Hal ini akan terlihat bagus dan meningkatkan waktu pemuatan.

9. Nonaktifkan hotlinking

Satu hal yang belum kita bahas sejauh ini adalah topik hotlinking. Situs web lain dapat menggunakan gambar mereka untuk situs web mereka sendiri dengan menautkan gambar mereka secara langsung alih-alih mengunggahnya ke server mereka sendiri. Hal ini akan mencuri bandwidth Anda dan Anda tidak akan mendapat manfaat dari lalu lintas yang mereka hasilkan. Ini disebut hotlinking.

Berita baiknya adalah Anda dapat mencegahnya dengan menambahkan kode ke file .htaccess Anda.

Itulah 9 cara mempercapat load blog WordPress yang bisa anda terapkan.