4 Cara Mengurangi TTFB di Situs WordPress Anda

4 Cara untuk Mengurangi TTFB di Situs WordPress Anda. Mari kita perdalam sekarang beberapa cara untuk mengurangi TTFB di situs WordPress Anda. Pembahasan ini merupakan kelanjutan dari yang sebelumnya membahasa tentang TTFB WordPress : Pengertian, Pentingnya, dan Cara Mengukurnya . Maka oleh sebab itu, Anda diperlukan untuk membaca artikel ini juga sampai selesai. Karena dalam hal ini akan memperlengkap tutorial tentang TTFB untuk situs web Anda.

4 Cara untuk Mengurangi TTFB di Situs WordPress Anda.

Berikut ini adalah 4 cara yang mengurangi TTFB situs WordPress yang bisa langsung Anda praktekan!

1. Pilih Host WordPress Cepat

Cara pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan untuk memilih hosting wordpress yang cepat. Ini adalah suatu hal yang perlu di pertimbangkan dan Anda harus pilih dengan cermat untuk menentukan host wordpress yang cepat. Dewabiz adalah suatu pilih terbaik untuk memilih hosting wordpress cepat buat situs web Anda. Kenapa begitu? untuk lebih jelasanya silahkan Anda klik sini buat melihat kriteria produk hosting kami.

Jadi, dengan hanya menggunakan host yang lebih cepat, ada yang mengamati bahwa mempunyai dampak penurunan 20% TTFB secara global, dan penurunan 32% dalam TTFB antara Amerika Serikat dan Kanada. Memiliki host WordPress yang bagus, dengan arsitektur yang dirancang dengan cermat, sangat penting untuk menurunkan TTFB. Ini juga berarti memilih dengan cermat lokasi yang secara fisik terletak di wilayah tempat pelanggan Anda tinggal. Jika sebagian besar pelanggan Anda berada di Indonesia, jangan memilih server yang berlokasi di Eropa (walaupun CDN mungkin sebagian bertentangan dengan pernyataan ini).

2. Menerapkan CDN

Cara mudah lain untuk mengurangi TTFB adalah dengan menggunakan Jaringan Pengiriman Konten (CDN). Jika Anda memiliki situs yang melayani pengunjung di berbagai bagian negara, atau di seluruh dunia, CDN dapat secara drastis mengurangi TTFB Anda. Seperti yang katakan di atas, lokasi sangat penting. Ada orang yang melakukan tes kecil untuk menunjukkan perbedaan menggunakan KeyCDN sebagai penyedia CDN. Setiap tes dilakukan 5 kali dan akhirnya mendapatkan hasil rata-rata.

TTFB tanpa CDN

Pertama kali melakukan tes dengan menonaktifkan CDN dan, seperti dapat dilihat, waktu pemuatan keseluruhan adalah 1,45 detik dan TTFB rata-rata pada sumber daya adalah 136 ms.

TTFB dengan CDN

Sekarang dengan mengaktifkan CDN dan menjalankan pengujian lagi . Seperti yang Anda lihat, waktu muat keseluruhan turun menjadi 778 ms dan TTFB rata-rata sekarang 37 ms! Apa perbedaan yang bisa dibuat oleh CDN! Satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah bahwa memilih lokasi Stockholm untuk melakukan tes ini. Mengapa? Karena ingin menunjukkan kepada Anda peningkatan nyata yang bisa didapat dengan mengurangi jarak fisik. Ada POP CDN di Stockholm, sehingga konten dapat dilayani dari lokasi itu.

Catatan: Jika Anda menggunakan Cloudflare, Anda mungkin memiliki TTFB sedikit lebih tinggi . Ini mungkin karena overhead tambahan dan kerumitan menjalankan layanan proxy. Ingat bahwa Cloudflare memiliki firewall tambahan dan fitur lain yang tidak dimiliki beberapa penyedia CDN. Jadi, Anda harus memutuskan berdasarkan pada apa yang memberi Anda manfaat paling banyak. Jika seluruh situs Anda tidak dioptimalkan dengan benar, memiliki TTFB yang sedikit lebih tinggi dapat menjadi nilai tukar.

Dalam kasus apa pun, Anda juga bisa melihat pada panduan WP Bullet untuk menggunakan caching halaman Cloudflare untuk menurunkan TTFB. Opsi ini mungkin memerlukan konfigurasi dan pengujian tambahan. Pastikan Anda untuk melakukan tes khusus, karena setiap lingkungan berbeda dari yang lain.

3. Caching WordPress

Cara ketiga, mungkin salah satu cara paling sederhana untuk mengurangi TTFB. Hal ini adalah dengan menggunakan caching di dalam situs WordPress Anda. Banyak yang berpikir bahwa caching hanya dapat membantu mengurangi waktu pemuatan, tetapi pada kenyataannya ini juga membantu menurunkan TTFB, karena mengurangi waktu pemrosesan server. Anda yang masih menjalankan tes dengan dan tanpa menggunakan cache. Setiap tes dilakukan 5 kali dan kemudian dirata-rata.

Tanpa Penggunaan Cache

Ini adalah menjalankan situs melalui Pingdom dan, tanpa aktivasi cache, situs mendapat waktu buka 1,17 jika TTFB 560 ms.

Dengan Aktivasi Cache

Sekarang ini adalah dengan mengaktifkan cache dan menjalankan situs lagi melalui Pingdom . Kali ini situs mendapat waktu pemuatan 643 ms dan TTFB 57 ms.

Jadi, dengan mengaktifkan cache, dapat mengurangi TTFB sebesar 90%! Jika Anda tidak menggunakan host WordPress yang dikelola, maka kami sarankan plugin Cache Enabler gratis .

4. Gunakan Penyedia DNS Premium

Akhirnya, last but not least, DNS juga memainkan peran dalam TTFB. Sulit untuk menghitung seberapa tepat relevansinya, tetapi Anda masih dapat melihat waktu resolusi DNS keseluruhan dan menyimpulkan bahwa ada penyedia yang lebih cepat dan lebih tepat. Kami melakukan beberapa tes dengan alat pengukuran kecepatan SolveDNS . Berikut adalah contoh dari domain yang menggunakan DNS gratis NameCheap dan waktu responsnya.

DNS NameCheap gratis

Dan berikut adalah contoh penggunaan DNS premium Amazon Route 53. Seperti terbukti, waktu resolusi DNS umumnya jauh lebih cepat dengan Amazon. Biasanya, penyedia DNS premium memiliki kinerja yang lebih baik. Claudflare adalah penyedia gratis dan juga memiliki kinerja yang sangat baik.

Ini DNS dari Amazon Route 53

Ada banyak hal lain yang bisa Anda optimalkan atau koreksi untuk mengurangi TTFB, seperti caching basis data, Disk IO, penggunaan Swap, RAM, pengaturan PHP, pengaturan MySQL, pengaturan jaringan, overhead TLS , dll. Tetapi solusi yang disebutkan di atas cukup sederhana untuk diterapkan dan akan memastikan peningkatan kinerja yang lebih cepat. Jadi pada saat seseorang bertanya kepada Anda bagaimana mengurangi TTFB Anda, ingat bahwa host WordPress, CDN, cache cepat dan DNS memainkan peran besar. Memperbaiki atau mengurangi kemacetan itu akan memberi Anda solusi.

Apa pengalaman Anda dengan TTFB? Kami ingin mendengar lebih banyak dari komentar di bawah ini.

Jika Anda menikmati artikel ini, maka Anda akan menghargai platform hosting WordPress Dewabiz. Terima kasih semoga bermanfaat!

*image dan pengujian bersumber dari kinsta.com/it