11 Plugin WordPress Terjemahan Terbaik (2020)

Mencari plugin terjemahan untuk situs WordPress Anda? Dengan semua pilihan berbeda yang tersedia di repositori plugin WordPress, memilih plugin terjemahan yang tepat untuk kebutuhan Anda bisa sangat besar.

Pada artikel ini, kami akan membandingkan plugin terjemahan WordPress terbaik, sehingga Anda dapat memutuskan mana yang merupakan pilihan sempurna untuk kebutuhan Anda.

Memilih Plugin Terjemahan WordPress

image by blog.stepes.com

WordPress membuatnya sangat mudah untuk membuat situs web multibahasa dan bahkan menerjemahkan area admin WordPress. Ketika memilih plugin terjemahan WordPress, ada beberapa hal yang perlu diingat:

Proses :

Memahami proses penerjemahan adalah salah satu hal paling penting yang perlu Anda periksa sebelum Anda mulai memasang plugin di situs web Anda.

Untuk memulai, tanyakan pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan ini:

Apakah Anda harus mengunduh paket bahasa?
Apakah itu menggunakan aplikasi web pihak ketiga seperti Google Translate?
Apakah plugin ini menawarkan terjemahan manual atau terjemahan otomatis?

SEO :

Dengan situs web multibahasa, Anda dapat menjangkau khalayak yang lebih luas. Tetapi jika plugin terjemahan Anda tidak dioptimalkan untuk mesin pencari, upaya pemasaran Anda akan menjadi bumerang. Anda perlu memastikan bahwa plugin terjemahan Anda ramah SEO.

Terjemahan Otomatis vs. Manusia :

Jika Anda ingin membuat situs web terlokalisasi, maka kepentingan Anda terbaik untuk menyewa penerjemah manusia daripada menggunakan layanan terjemahan otomatis. Jika Anda ingin mengizinkan pengguna menentukan bahasa secara opsional, menggunakan penerjemah otomatis mungkin merupakan solusi yang tepat.

1. WPML

WPML adalah plugin terjemahan premium yang memungkinkan Anda menerjemahkan posting, halaman, dan tipe posting kustom Anda. Disarankan untuk membuat cadangan penuh situs Anda sebelum menginstalnya di situs web Anda.

Tidak seperti kebanyakan plugin terjemahan lainnya, WPML kompatibel dengan sebagian besar tema dan plugin WordPress utama, jadi Anda tidak perlu menambal tema atau plugin Anda untuk membuat WPML berfungsi. Bahkan memungkinkan Anda untuk menerjemahkan salinan web yang dibuat dengan pembangun halaman seret dan lepas yang populer .

Jika Anda memerlukan bantuan dalam terjemahan manusia, maka WPML menghubungkan Anda ke layanan terjemahan terkemuka. WPML menangani semua SEO multibahasa dan bekerja dengan mulus dengan plugin SEO populer. Anda dapat menggunakan bahasa sebanyak yang Anda suka dengan WPML.

Mereka menawarkan 3 paket premium berdasarkan jumlah fitur. Dengan setiap paket premium, Anda mendapatkan penggunaan situs web tanpa batas.

WPML adalah plugin tertua dan paling handal untuk membuat situs web WordPress multibahasa.

2. Polylang

Polylang adalah salah satu plugin terjemahan WordPress paling populer yang memungkinkan Anda untuk dengan mudah membuat situs web WordPress multibahasa.

Anda dapat menggunakan bahasa sebanyak yang Anda perlukan dengan Polylang. Paket bahasa WordPress secara otomatis diunduh dan diperbarui.

Polylang kompatibel dengan plugin SEO utama termasuk Yoast SEO dan All in One SEO. Plugin ini menangani SEO multibahasa seperti tag hreflang html dan tag grafik terbuka. Dengan Polylang, Anda dapat memilih satu direktori, satu subdomain, atau satu domain per bahasa.

Meskipun merupakan salah satu plugin terbaik dalam hal fitur, satu hal yang perlu Anda ingat adalah bahwa pembuat plugin tidak menawarkan dukungan untuk Polylang versi gratis.

3. Multilingual Press

Multilingual Press adalah plugin terjemahan WordPress lain yang memungkinkan Anda menjalankan setiap bahasa dengan situs terpisah. Muncul dengan widget pengalih bahasa yang memungkinkan pengunjung Anda memilih bahasa pilihan mereka. Setelah mengklik bahasa pilihan mereka, pengunjung Anda akan diarahkan ke situs bahasa masing-masing yang telah Anda siapkan.

Tidak seperti plugin terjemahan lainnya, Multilingual Press hadir tanpa penguncian, yang berarti, bahkan jika Anda menonaktifkan plugin, semua situs Anda akan berfungsi seperti biasa tanpa kehilangan data.

Multilingual Press mendukung 174 bahasa. Ini menghasilkan URL SEO-friendly dan menawarkan dukungan hreflang otomatis.

4. xili-language

xili-language adalah plugin terjemahan yang tangguh serta tersedia untuk diunduh dari repositori plugin WordPress resmi. Agar dapat menjalankan xili-bahasa dengan sukses, Anda harus menggunakan tema yang siap untuk diterjemahkan di situs Anda. Karena kurang dari setengah tema dalam repositori WordPress sudah siap untuk diterjemahkan, sangat disarankan untuk memeriksa ulang tema Anda sebelum menginstal plugin.

Xili-bahasa tidak hanya memungkinkan Anda membuat konten multibahasa, tetapi juga memungkinkan Anda mengubah file bahasa tema Anda tergantung pada bahasa konten.

xili-bahasa ramah pengembang dan dilengkapi dengan daftar kait dan API yang memungkinkan Anda untuk mempersonalisasi perilaku tema Anda.

5. Google Language Translator

Google Language Translator adalah salah satu plugin terjemahan WordPress yang paling ringan dan membuatnya sangat mudah untuk membuat situs web multibahasa.

Setelah mengaktifkan plugin, Anda harus pergi ke halaman pengaturan plugin dan mengaktifkan status plugin dengan memilih kotak centang. Selanjutnya, Anda perlu memilih bahasa asli situs web Anda dan memilih daftar bahasa yang Anda inginkan untuk diterjemahkan kontennya.

Di situs web utama Anda, opsi terjemahan akan ditampilkan sebagai widget di mana pengguna dapat dengan mudah memilih bahasa pilihan mereka. Dengan penerjemah asli Google, konten Anda akan diterjemahkan berdasarkan pilihan pengguna Anda.

6. GTranslate

GTranslate adalah salah satu plugin terjemahan WordPress paling populer yang didukung oleh Google Translate.

Dengan plugin GTranslate, Anda dapat menerjemahkan konten situs web Anda ke 103 bahasa yang tersedia tanpa repot. Jika perlu, Anda dapat memperbaiki terjemahan otomatis Google secara manual. Ini juga menyediakan integrasi Google Analytics, sehingga Anda dapat mengukur apakah menyediakan terjemahan di situs Anda benar-benar menguntungkan pengguna Anda.

Plugin ini dilengkapi dengan banyak widget berbeda di mana pengguna Anda dapat memilih bahasa pilihan mereka dengan mudah.

Versi pro dari plugin sepenuhnya kompatibel dengan plugin populer seperti Yoast SEO dan WooCommerce.

7. Loco Translate

Loco Translate adalah salah satu plugin terjemahan paling populer untuk WordPress, dengan lebih dari 500.000 pemasangan aktif. Loco Translate membantu Anda menerjemahkan tema dan plugin WordPress Anda langsung di browser Anda.

Plugin ini berguna bagi pengembang yang ingin menawarkan versi internasional tema dan plugin WordPress mereka.

8. Multilanguage

Plugin Multilanguage memungkinkan pengunjung Anda beralih bahasa mereka dan menelusuri konten dalam bahasa pilihan mereka. Ini mendukung lebih dari 80 bahasa dan memungkinkan Anda untuk dengan mudah menambahkan bahasa baru sesuai kebutuhan.

Plugin ini dilengkapi dengan beberapa widget pengalih bahasa yang berbeda di mana pengunjung Anda dapat memilih bahasa mereka. Jika Anda juga ingin menerjemahkan konten situs web secara manual, maka plugin memungkinkan Anda untuk melakukan hal itu langsung dari editor posting Anda.

9. Goo Translate Widget

Goo Translate Widget adalah plugin penerjemah WordPress ringan yang dibangun di atas Google Translator. Plugin ini dilengkapi dengan widget terjemahan yang dapat Anda terbitkan di sidebar Anda hanya dengan satu klik.

Dengan Google Analytics, Anda bahkan dapat melacak kinerja widget terjemahan Anda. Tidak seperti plugin lain, Goo Translate Widget tidak menyimpan teks yang diterjemahkan dalam basis data Anda.

Itulah 9 plugin WordPress terjemahan yang bisa Anda pakai untuk keperluan multibahasa Anda. Semoga bermanfaat!