Jangan sampai domain anda dicuri

 

Pencurian nama domain Anda adalah salah satu hal paling buruk yang dapat terjadi pada Anda di dunia internet. Di jaman yang membutuhkan kehadiran online seperti sekarang ini, hilangnya control terhadap nama domain adalah hal yang sangat tidak diinginkan.

Dalam sekejap, semuanya – dari situs web, alamat email perusahaan Anda dan mungkin semua akun yang terhubung dengannya – dapat dibajak dan digunakan oleh orang yang sangat jahat. Ada undang-undang yang melindungi kepemilikan Anda, tetapi prosedur pengadilan bisa menjadi panjang dan mahal, dan pada saat Anda mendapatkan kembali nama domain Anda, reputasi bisnis Anda sudah rusak dan sulit untuk diperbaiki.

Bagaimana nama domain bisa dicuri?

Semua hal bisa diretas

Nama domain Anda terdaftar di perusahaan pendaftar (Registrar atau Reseller), dan akun Anda di situs tersebut mengontrol kepemilikan nama domain Anda. Peretas mencuri nama domain dengan memperoleh akses ke akun ini, atau mengakses alamat email yang kata sandinya telah disetel ulang (Reset). Biasanya mereka menggunakan metode social hijacking.

Setelah mereka mendapatkan akses ke akun Anda, mereka memulai transfer domain ke registrar lain, mendapatkan kepemilikan penuh atasnya. Dalam kebanyakan kasus, nama domain Anda sebenarnya adalah nama domain email Anda dan identitas perusahaan anda, dan dalam waktue kontrol singkat atas email Anda sudah cukup untuk melakukan transfer domain.

 

Klaim kepemilikan berdasarkan merk terdaftar

Jika anda tidak khwatir dengan peretas, ada juga cara lain untuk mengambil alih nama domain yaitu dengan menggunakan pendekatan hukum. Cara ini biasanya dilakukan oleh perusahaan besar guna melindungi merek dagang mereka. Jika anda tidak mempunyai dasar yang kuat dalam mendaftarkan nama domain maka kemungkinan anda kehilangan nama domain yang anda miiki sangat besar.

Proses ini biasanya memakan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Guna menghindari nama domain anda digunakan oleh pihak lain ada baiknya sebelum anda memperkenalkan suatu produk atau merek, maka daftarkanlah nama domainya terlebih dahulu.

 

Bagaimana saya bisa melindungi diri dari kehilangan nama domain?

Pilih kata sandi yang kuat dan gunakan otentikasi 2-faktor

Kata sandi yang kuat dapat mempersulit hacker untuk menagmbil alih kepemilikan email anda. Usahakan sandi anda minimal 8 karakter dengan kombinasi Hurup besar, Huruf kecil, dan Karakter khusus seperti &%^$.

Selain itu anda juga dapat menggunakan otentikasi 2 faktor.

Walaupun terkesan ribet otentikasi 2 faktor bias jadi penyelamat jika suatu saat password anda dapat diretas. Akun email dan social media sebaiknya menggunakan otentikasi 2 faktor.

Pilih tempat pendaftaran yang memiliki reputasi baik dan kunci nama domain Anda

Pilih pendaftar yang memiliki reputasi baik seperti Dewabiz.com, dan pastikan mereka akan membiarkan Anda mengunci domain Anda. Mengunci nama domain akan mencegah permintaan untuk mengubah kepemilikannya sampai tindakan tambahan dilakukan. Meskipun sebagian besar pendaftar memiliki prosedur sendiri tentang “penguncian registrar” (status terlarang klien) nama domain, selalu pintar bahwa Anda juga mengaktifkan “kunci registri” (status larangan server). Pastikan untuk memilih nama domain (seperti .ID) yang mendukungnya. Kunci registri tidak hanya melibatkan Anda dan registrar Anda, tetapi juga registry.

 

#domainmurah #hostingunlimited #hostingunlimitedtermurah