DewaBiz: Web Hosting Unlimited Murah Indonesia

7 Contoh Budaya Kerja yang Sehat Bagi Bisnis dan Karyawan

Bisnis atau Perusahaan yang baik tahu bahwa karyawan adalah bagian dari kunci sukses bisnis. Sedangkan performa terbaik karyawan terbentuk dari bagaimana perusahaan tersebut memperlakukan mereka.

Itu sebabnya, berbagai perusahaan mulai menciptakan budaya kerja terbaik. Budaya kerja adalah sekumpulan prinsip yang mengatur perilaku tiap individu dalam organisasi.

Sayangnya, masih banyak orang ataupun pengusaha yang belum mengetahui hal ini. Tak heran, banyak perusahaan mempekerjakan karyawannya dengan kurang baik.

Nah Sekarang, pasti Anda penasaran: seperti apa sih contoh budaya kerja yang sehat bagi bisnis dan karyawan?

Mari simak ciri-ciri budaya kerja berkualitas di bawah ini:

1. Mengejar Misi dengan Company Value

Budaya kerja dan misi perusahaan itu saling berkaitan.

Budaya kerja membantu karyawan mencapai goal perusahaan dengan prinsip yang sudah disepakati. Dengan begitu, misi perusahaan bisa dicapai dengan lebih cepat.

Selain itu, saat menemukan konflik, company value akan membantu individu tim dalam menyelesaikannya.

Misalnya, karyawan merasa kebijakan perusahaan kurang tepat. Karena ada Courage and Candidness sebagai salah satu company value, karyawan tersebut pun lebih berani menyuarakan isi pikirannya. Sehingga, perusahaan juga bisa segera mengetahui masalahnya dan mencari solusi.

Meski begitu, untuk benar-benar bisa melakukan budaya kerja, perusahaan harus benar-benar menerapkan value tersebut dalam rutinitasnya. Sebab kalau tidak, company value hanya jadi pajangan saja.

Contoh Eksekusi: Menyusun OKR (Objective and Key Results) berdasarkan company value dan melibatkan setiap individu dalam perusahaan.

2. Kepemimpinan yang Mendukung

Keberhasilan budaya perusahaan tak lepas dari peran leader. Bisa itu CEO, manager, ataupun supervisor.

Pasalnya, mereka adalah teladan bagi timnya, serta bertanggungjawab atas kemajuan anggotanya. Mulai dari naik jabatan, penyesuaian gaji, hingga pengembangan skill.

Contoh Eksekusi: Adanya sesi 1on1, mentorship, dan sebagainya

3. Lingkungan Kerja Produktif

Lingkungan kerja produktif adalah hasil dari budaya kerja yang efektif. Sebab, setiap orang dalam perusahaan memahami tujuannya bekerja,  termotivasi untuk mengejarnya, dan mendapat dukungan dari kantor.

Contoh Eksekusi: Memberikan fasilitas kantor dengan spec yang cukup untuk multi-tasking, mendesain ruang kantor dengan ergonomis, dll.

4. Komunikasi Terbuka dan Kuat

Perusahaan yang sehat biasanya membuka pintu komunikasi selebar mungkin bagi karyawan. Sebab, setiap aspirasi hingga keluhan pekerja itu penting. Terutama jika ada masalah yang harus segera diselesaikan.

Contoh Eksekusi: Melakukan survey karyawan tiap periode tertentu, menyediakan form saran,kotak ide, dan lain-lain.

5. Saling Menghargai dan Mengapresiasi

Dengan berbagai apresiasi dari perusahaan, karyawan akan merasa kerja kerasnya dihargai dan bermanfaat bagi bisnis. Sehingga, mereka lebih termotivasi dalam bekerja.

Contoh Eksekusi: Memberikan kudos (ekspresi pujian) kepada karyawan yang berhasil meraih achievement tertentu.

6. Kolaborasi Tim yang Kompak dan Tulus

Kolaborasi tim yang tulus dan saling mendukung adalah ciri budaya kerja yang sukses. Hal ini menandakan setiap orang sadar bahwa peran tiap individu dalam perusahaan itu penting serta saling membutuhkan.

Tanpa hubungan relasi yang tulus, persaingan dalam satu atap perusahaan rawan terjadi. Tak heran, banyak rekan kerja yang ingin menjegal satu sama lain supaya mendapat posisi yang lebih baik.

Contoh Eksekusi: Membagikan informasi menarik dalam tim, mengadakan internal sharing session, dan sebagainya.

7. Menyediakan Kesempatan untuk Berkembang

Perusahaan yang baik pasti tahu selain produktivitas, memajukan karyawan juga penting. Dengan kemampuan yang upgrade, karyawan pun tahu bahwa dirinya berkembang di perusahaan tersebut dan tidak asal kerja-kerja saja.

Contoh Eksekusi: Menyediakan program coaching, workshop, hingga course bagi seluruh karyawan.

Nah, sekarang Anda semakin paham bahwa budaya kerja adalah prinsip yang mengatur perilaku tiap individu dalam perusahaan.

Setiap bisnis, baik korporat atau startup, membutuhkan budaya perusahaan untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat, nyaman, serta mendukung produktivitas karyawan.

Dengan begitu, perusahaan pun juga lebih mudah mencapai goal targetnya sekaligus tetap mempertahankan employee engagement.

Scroll to Top