fbpx

Panduan & Cara Setting VPS untuk Web Hosting Dewabiz

Ingin beralih ke ? Tenang! Proses mengaktifkan VPS ini tidak terlalu rumit. Terlebih lagi jika Anda mengikuti cara setting VPS untuk berikut.

Langkah-langkah Cara Setting VPS di Web Hosting

Ada 5 langkah yang harus Anda ikuti untuk bisa menggunakan VPS baru. Langsung saja, mari kita bahas satu per satu langkah-langkahnya.

1. Login Melalui SSH Access

Untuk login dan mengaktifkan VPS, gunakan SSH (Secure Shell) acces agar keamanannya lebih terjamin dengan adanya protokol autentikasi dan enkripsi yang kuat.

Setelah akun berhasil dibuat dan Anda sudah memilih paket , Anda akan memperoleh informasi seperti ini.

  • Alamat IP server;
  • Root yang berisi username;

Jika sudah, install aplikasi VPS SSH dengan jenis PuTTY. Selanjutnya, pada kolom Host Name, ketik alamat IP server. Kemudian, atur port ke default value (22) dan pilih tipe koneksi SSH.

Cara akses VPS

Setelah itu, klik Open dan akan muncul layar command line untuk mengisi username dan password. Jika tidak terjadi kesalahan, maka akan muncul detail server dan prompt. Prompt ini berguna untuk menambahkan command.

2. Lakukan Update Server

Update server bisa Anda lakukan dengan mengetikkan “apt update” pada layar command line. Tekan enter dan server akan mengecek mana saja package yang perlu di-update

Langkah selanjutnya, untuk melakukan update package server, ketik “apt dist dan tunggu hingga proses update selesai. 

Baca Juga :  Begini Panduan Cara Instal Candy CBT di Cpanel Hosting

Saat sudah berhasil, lakukan restart server dengan command reboot. Caranya, close layar command line dan tunggu beberapa saat. Kemudian, login kembali.

3. Ubah Hak Akses Akun Baru

Buatlah user baru dengan cara mengganti bagian Adduser yournewusername dengan username baru. 

Selanjutnya, ubah hak akses user yang baru dengan cara menambahkan ke group Sudo agar memperoleh hak privileges (akses ke semua sistem). Cara akses VPS yaitu, pada bagian yournewusername ganti dengan username yang baru. Setelah itu, buat password dengan menggunakan public key authentication.

4. Public Key Authentication Diaktifkan

Setelah public key authentication berhasil Anda buat, masukkan password dan private key agar Anda bisa login. Gunakan PuTTYgen untuk membuat SSH keys di Windows. Selanjutnya, aktifkan PuTTYgen hingga muncul tampilan seperti berikut.

Pilih opsi Generate untuk membuat key lebih unik. Saat public key dari program muncul, buat kata sandinya, lalu klik Save Private Key

Selanjutnya, kembali ke server dengan original root user. Ketik #su – yournewusername untuk move ke direktori beranda akun. 

Saat user baru muncul di command line, masukkan command berikut pada layar. Tujuannya untuk menyimpan key, membatasi permission folder, dan membuat folder baru untuk public key.

cara setting VPS untuk web hosting

Pada command terakhir, ini juga akan memberi Anda perintah untuk membuka Nano editor. Dengan begitu, Anda bisa memodifikasi authorized_keys file yang baru.

Copy public key yang muncul di layar PuTTYgen dan paste di Nano editor. Jika key sudah siap, tutup editor dengan menekan ctrl+X dan ctrl+Y untuk melakukan konfirmasi.

Setelah itu, masukkan command berikut pada layar untuk mengubah permission file dan mengembalikan ke user root.

Konfigurasikan PuTTY agar private key bisa Anda gunakan. Caranya, kembali ke halaman utama dan buka Connection -> SSH -> Auth. Klik di kolom Private key file for authentication dan pilih file private key di komputer.

Baca Juga :  3 Cara Flush DNS Secara Mudah dan Cepat 

5. Lakukan Setup Firewall

Gunakan iptables untuk install dan setup firewall. Iptables dipilih karena Anda bisa melakukan setup rule yang memungkinkan Anda bisa membatasi traffic dari server maupun yang menuju ke server Anda.

Namun, karena langkahnya sedikit rumit, sebaiknya Anda baca dulu panduan setup iptables.

Bagaimana? Sudah paham ya how to set up VPS server? Sederhananya, langkah-langkah mengatur VPS di web hosting meliputi:

  1. Login melalui SSH access;
  2. Lakukan update server;
  3. Ubah hak akses akun baru;
  4. Public key authentication diaktifkan;
  5. Lakukan setup firewall.

Jika mengalami kesusahan dalam mengaplikasikan cara setting VPS untuk web hosting DewaBiz atau ada pertanyaan, bisa tanyakan langsung di kolom komentar.