fbpx

Order Now - Dedicated Server High Performance

Panduan

Cara Membuat Denah Lokasi dengan Google Maps Lengkap dengan Penjelasan tentang Fungsinya

Wiliam

Cara membuat denah lokasi dengan google maps cukup mudah dilakukan sendiri. Dengan membuat peta sendiri dengan Google Maps, bizzie dapat menandai lokasi secara manual. Tentu saja hal ini bisa membantu serta memudahkan seseorang untuk mencapai lokasi tujuan.

Maka dari itu, cara membuat denah lokasi dengan google maps penting untuk bizzie pahami. Nantinya, ini bisa membantu untuk mendapatkan informasi yang ingin bizzie temukan tentang suatu lokasi yang sebelumnya belum pernah bizzie kunjungi. Tanpa berpanjang lebar, berikut adalah cara membuat denah lokasi dengan google maps.

Fungsi Denah Lokasi

Sebelum mengetahui cara membuat denah lokasi dengan google maps, ketahui dulu yuk beberapa fungsi denah lokasi yang bisa bizzie perhatikan berikut ini:

  • Fungsi pertama dari peta yang pertama adalah untuk menunjukkan posisi atau lokasi suatu tempat yang ada di permukaan bumi.
  • Fungsi yang kedua adalah supaya bisa memperlihatkan ukuran (luas, jarak dan arah) yang ada pada suatu tempat di permukaan bumi.
  • Fungsi peta yang ketiga adalah untuk menggambarkan bentuk-bentuk di permukaan bumi seperti benua gunung sungai negara dan lain sebagainya.
  • Fungsi keempat adalah untuk membantu penelitian sebelum melakukan survei untuk mengetahui kondisi daerah yang akan.
  • Kemudian fungsi yang kelima adalah untuk menyajikan data tentang potensi di suatu wilayah.
  • Fungsi peta yang keenam sekaligus yang terakhir adalah untuk digunakan sebagai alat untuk mempelajari hubungan timbal balik antara fenomena-fenomena geografi di permukaan bumi.

Pengertian Peta

Secara umum, peta merupakan lembaran yang menampilkan sebagian maupun seluruh permukaan bumi dengan skala tertentu pada sebuah bidang datar. Selain itu, peta juga biasa disebut sebagai gambar atau lukisan pada kertas dan sebagainya yang menunjukkan letak tanah, laut, sungai,gunung, dan lain sebagainya.

Cara membuat denah lokasi dengan google maps bisa dilakukan dengan beberapa metode. Tentu saja metode tersebut juga cukup mudah untuk dilakukan. Memangnya bagaimana cara membuat denah lokasi dengan google maps? Nah bagi bizzie yang ingin mengetahui caranya maka bizzie bisa menyimak penjelasan kali ini sampai tuntas.

Cara Membuat Denah Lokasi dengan Google Maps

Selain menggunakan aplikasi dari PC maupun laptop, bizzie juga bisa membuat denah lokasi undangan atau lokasi yang bizzie tuju dengan Android yang bizzie gunakan. Cara membuat denah lokasi dengan google maps ini memungkinkan bizzie, untuk menambahkan marker atau penanda lokasi secara manual.

Di samping itu, cara membuat denah lokasi dengan google maps ini membuat peta ini memiliki keuntungan bagi para penggunanya karena mudah digunakan dan gratis. Namun, cara membuat denah lokasi dengan google maps ini terdapat keterbatasan dalam penggunaan marker serta fitur yang tersedia di dalam aplikasi tersebut. Untuk tahap-tahap cara membuat denah lokasi dengan google maps dapat bizzie dilakukan dengan cara berikut ini:

  • Buka terlebih dulu aplikasi Google Maps yang ada pada HP yang bizzie gunakan.
  • Kemudian bizzie bisa mengklik ikon menu berbentuk tiga garis vertikal yang ada pada bagian sudut kiri atas.
  • Klik opsi your places lalu lanjutkan dengan mengklik Maps Tab.
  • Berikutnya, klik menu Create Map Button pada halaman pembuatan denah bizzie dapat mengklik ikon marker atau penanda lokasi.
  • Setelah bizzie menambahkan penanda lokasi, lalu akan tampil sebuah kotak yang mana kotak tersebut bisa digunakan untuk menambahkan deskripsi nama serta atribut lainnya ke marker.
  • Jika bizzie ingin menambahkan penanda lokasi di tempat yang lain maka kamu bisa mengulangi langkah dari penanda lokasi, bizzie bisa menandai lokasi sebanyak yang bizzie butuhkan.
  • Dan yang terakhir di dalam gambar terdapat tiga panah. Setiap panah memiliki fungsinya masing masing.
  • Apabila bizzie ingin memberi nama pada denah tersebut maka bizzie bisa mengikuti panah pertama.
  • Untuk tanah kedua dapat digunakan untuk memberi nama pada layer dan untuk panah yang ketiga dapat digunakan untuk membagikan denah kepada orang lain.

Jenis-Jenis Peta Berdasarkan Bentuknya

Selain memahami cara membuat denah lokasi dengan google maps, tidak ada salahnya jika bizze juga mengetahui jenis-jenis peta berdasarkan bentuknya di bawah ini:

1. Peta digital

Sesuai namanya, jenis peta digital ini dibuat menggunakan bantuan komputer. Peta satu ini akan menampilkan data-data yang disimpan di dalam memori komputer. Untuk dapat melihatnya, peta digital ditayangkan melalui layar monitor komputer dengan menggunakan program map info serta arc info.

2. Peta timbul

Peta timbul termasuk peta yang dibuat dengan tampilan 3 dimensi. Peta timbul terlihat mirip dengan bentuk permukaan bumi sebenarnya. Selain itu, peta timbul memiliki warna dan permukaan yang timbul dan kontur-kontur yang jelas. Contohnya saja, area pegunungan maka permukaan peta akan tampak menjulang, warna laut, warna dataran rendah dan tinggi juga tampak berbeda.

3. Peta datar

Peta datar merupakan salah satu macam peta yang dibuat pada bidang yang datar seperti kertas, kain, kanvas ataupun triplek. Secara umum, peta datar tampak seperti gambar peta yang sering kita gunakan dan kita kenali. Terdapat gambar permukaan bumi, warna yang berbeda-beda, serta penjelasan skala dan simbol.

Itulah langkah-langkah atau beberapa cara membuat denah lokasi dengan google maps yang dapat bizzie coba lakukan. Sangat mudah, bukan? Bizzie juga sudah mengetahui fungsi dari denah atau denah, juga jenis-jenis apa saja peta berdasarkan bentuknya. Nah, setelah bizzie mengetahui cara tersebut maka bizzie bisa mempraktekkannya sendiri untuk membuat denah yang bizzie inginkan. Semoga bermanfaat dan silahkan bagikan informasi ini ke orang-orang terdekat yang mencari informasi yang sama.

Baca Juga