Cara Login WordPress Untuk Pemula

Banyak sekali para pemula yang memang kebingungan saat mereka sudah membeli hosting dan domain. Namun, untuk masuk ke halaman admin situs webnya mereka belum tahu. Nah, apabila itu yang Anda rasakan sekarang dan memang Anda masih pemula, maka hal itu sudah biasanya. Oleh sebab itu, dalam hal ini kami memberikan tutorial cara login wordpress buat Anda.

Pada pembahasan ini akan menunjukkan cara mudah menemukan URL login WordPress Anda dan tidak pernah kehilangan lagi. Yang kami pelajari juga dari premium.wpmudev.org. Berikut dibawah ini adalah penjelasannya.

Masuk ke WordPress

Halaman login adalah tempat Anda pergi untuk mengakses backend situs web Anda. Setelah masuk, Anda dapat melihat dasbor Anda, membuat posting dan halaman baru, memperbarui tema dan menambahkan plugin baru, serta membuat penyesuaian lainnya ke situs Anda.

Pada situs WordPress biasa, yang perlu Anda lakukan adalah menambahkan /login/atau /admin/ke akhir URL situs Anda.

Sebagai contoh:

www.example.com/login/

atau

www.example.com/admin/

Kedua URL ini akan membawa Anda ke halaman login Anda tempat Anda dapat memasukkan nama pengguna dan kata sandi Anda. Setelah masuk, Anda akan dibawa langsung ke area admin, atau dasbor, dari situs Anda.

Masuk ke Subdirektori

Jika situs Anda dipasang di sub-folder, atau subdirektori, maka Anda perlu menambahkan /login/atau /wp-login.phpke akhir URL situs Anda.

www.example.com/wordpress/login/

atau

www.example.com/wordpress/wp-login.php

Masuk ke Subdomain

Jika instalasi WordPress Anda menggunakan sub-domain, maka URL Anda akan sedikit berbeda:

subdomain.example.com/login/

atau

subdomain.example.com/wp-login.php

Langsung Mengakses Admin WordPress

Setelah masuk, Anda dapat langsung mengakses area admin situs Anda menggunakan URL ini:

www.example.com/admin/

atau

www.example.com/wp-admin/

Kedua URL ini memeriksa apakah Anda masih masuk ke situs Anda dan mengarahkan ulang ke area admin situs Anda.

Cara Ingat URL Login Anda

Anda tidak harus mengingat URL login Anda dengan hati. Cara termudah untuk memastikan Anda tidak pernah kehilangan itu lagi adalah dengan membookmark saja di browser Anda.

Untuk mem-bookmark URL login Anda:

  • Chrome – Buka Bookmark> Tandai Halaman Ini
  • Safari – Buka Buku> Tambah Bookmark
  • Firefox – Buka Bookmark> Tandai Halaman Ini

Setelah bookmark, Anda akan memiliki tautan langsung cepat dan mudah untuk masuk ke situs Anda tanpa harus mengingat alamat login Anda di bagian atas kepala Anda.

Kami juga merekomendasikan Anda untuk memiliki plugin yang bagus yang dapat membantu Anda tetap masuk. Gunakan fitur ingat saya diperiksa (the remember me checked) di Beranda untuk menetapkan halaman login sebagai dicentang secara default untuk memastikan Anda tetap masuk ke situs Anda dan Anda tidak harus terus login.

Berapa lama Anda tetap masuk tergantung pada pengaturan cookie Anda, tentu saja.

Atau, Anda dapat menambahkan tautan ke halaman login Anda ke situs web Anda, baik di menu navigasi, bilah samping atau footer.

Untuk menambahkan tautan ke menu Anda:

Pergi ke Penampilan> Menu. Klik Tautan Kustom dan masukkan URL login situs Anda dan beri nama item menu (I simply called mine “Login”). Kemudian klik Tambah ke Menu dan kemudian Simpan Menu untuk menyimpan item menu baru Anda.

image by premium.wpmudev.org

Untuk menambahkan tautan ke sidebar atau footer Anda:

WordPress dilengkapi dengan widget Meta default yang, ketika digunakan, menambahkan tautan ke halaman login, umpan RSS situs Anda, dan tautan ke WordPress.org

Buka Penampilan> Widget dan seret dan Meta widget ke area siap widget yang ingin Anda tampilkan tautan login.

image by premium.wpmudev.org

Menyesuaikan Halaman Login Anda

Jika Anda berada di luar kemampuan WordPress dasar dan ingin mempersonalisasi halaman login Anda, lihat Cara Menyesuaikan sepenuhnya Halaman Login WordPress dibawah ini atau, lebih baik lagi, cobalah plugin, yang memungkinkan Anda membuat penyesuaian yang sama tanpa harus menggali dalam kode .

WordPress Login Page Customize

Halaman login WordPress sama seperti halaman lain di situs WordPress Anda:

Anda dapat mengubah gaya dan warna dengan mengedit elemen dengan CSS
Anda dapat mengubah fungsionalitas atau menambahkan, mengurangi dan memindahkan elemen dengan mengubah tata letak menggunakan kait dan filter dalam PHP.

Bagaimana Menambahkan CSS Kustom ke Halaman Login WordPress Anda

Halaman masuk WordPress Anda tidak menggunakan stylesheet yang disertakan dengan tema Anda . Ini berarti bahwa jika Anda mencoba menambahkan CSS untuk menyesuaikan halaman login ke file styles.css Anda di folder tema Anda, perubahan tidak akan muncul. Anda harus menambahkan gaya CSS khusus ke kepala halaman login Anda dengan PHP.

Jika Anda hanya memiliki beberapa baris CSS, Anda dapat membuat fungsi khusus, dan menggunakan login_enqueue_scriptskait untuk menyisipkan CSS ke kepala halaman login.

Pada contoh di atas, ini ingin menghapus tautan Kembali ke di bawah formulir login. Ini hanya mengubah satu hal, tetapi Anda dapat menyesuaikan beberapa elemen di antara