fbpx

Cara Cek IP Hosting dengan Mudah dan Cepat

IP website adalah suatu alamat IP yang di miliki oleh sebuah website. IP merupakan singkatan dari Internet Protocol. Setiap situs memiliki alamat IP sendiri yang berbeda dari satu website dengan website yang lainnya.

Jika Anda pemula yang tengah terjun di bidang blogger dan website, Anda bisa berlangganan web hosting murah sebagai wahana untuk Anda belajar lebih di dalam mengenai website. Maka dari itu, kami akan memberikan cara cek ip hosting dengan mudah yang bisa kamu lakukan.

Alamat IP suatu web terdiri dari baris angka yang memiliki format khusus. Format penulisan suatu IP yaitu aaa.bbb.ccc.ddd. Pada penerapannya, karena alamat ini memuat sederet angka yang susah di ingat maka ada yang di namakan domain atau alamat web.

Alamat website bisa di hubungkan dengan alamat IP menggunakan DNS record yang di sediakan di member area web penyedia layanan hosting. Oleh karena itu kami akan memberikan cara cek ip hosting dengan mudah di website Anda.

Alasan Harus Paham IP Web

Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya, bahwa semua perangkat dan website yang ada di internet mempunyai IP address masing-masing. Adanya IP Address ini bermanfaat untuk setiap website dalam membantu browser ketika mencari informasi penting di website.

Maka dari itu, mengetahui alamat IP suatu website akan sangat bermanfaat di dalam memastikan penyebab jaringan gagal terkoneksi dan bisa memblokir website eksklusif, sehingga Anda bisa mengamankan komputer Anda dari website yang berbahaya.

Tidak hanya itu saja, mengetahui alamat IP website juga sangat mungkin Anda untuk bisa terhubung website yang sudah di blokir, melaksanakan pengaturan pengalihan pemblokiran website, dan juga bisa menemukan lokasi geografis server website yang di gunakan.

Manfaat Mengetahui IP Web Hosting

Mengethaui alamat IP suatu website memiliki beberapa keuntungan. Baik itu website yang Anda memiliki ataupun website orang lain yang ada di internet. Beberapa manfaat yang di dapat meliputi dapat mengecek ip server secara geografis berada di negara/ tempat mana.

Terkadang, untuk mendapatkan performa website yang cepat Anda perlu mempertimbangkan lokasi server hosting yang akan Anda pakai sesuai dengan sasaran pembaca Anda. Apabila pembaca website Anda menarget warga Indonesia, maka lebih baik jika hostingnya berlokasi di Indonesia.

Selain itu, jelas alamat IP memberi manfaat apabila suatu website di blokir, Anda bisa membukanya menggunakan alamat ip dengan keadaan eksklusif. Setelah paham manfaatnya, selanjutnya akan Dewabiz bagikan cara cek hosting website dengan mudah.

Cara Cek IP Hosting

Terdapat beberapa cara untuk mengecek IP Hosting suatu website. Cara-Cara ini sudah Dewabiz tes dan berhasil, maka Anda tinggal pakai cara yang menurut Anda paling mudah di bawah ini.

Melihat IP Hosting pada Email Informasi Akun Hosting

Cara cek IP Hosting website melalui E-Mail merupakan cara paling mudah. Sebab, Ketika Anda membeli layanan hosting Anda akan mendapatkan email yang memuat tentang informasi layanan hosting yang sudah Anda beli. Maka, untuk mengeceknya ikuti langkah di bawah ini :

  • Langkah pertama: Buka email aktif yang Anda pakai untuk membeli layanan hosting.
  • Langkah kedua: cari email yang mengenai dengan penyedia layanan hosting area yang Anda beli.
  • Langkah ketiga: buka email itu dan IP hosting tertulis dengan paham didalamnya.

Melihat IP Hosting Lewat Member Tempat Dewabiz

Member area Dewabiz memberi tambahan informasi lengkap mulai dari layanan yang sudah Anda beli, domain yang Anda beli, dan juga dan juga informasi seputar IP Hosting website.

Untuk mengecek IP Hosting melalui Member area, ikuti langkah sederhanan ini :

  • Langkah pertama: Buka halaman member area Dewabiz kemudian masukkan username & password lanjut dengan klik login
  • Langkah kedua: Pada tab Hosting di Menu Layanan Anda, klik Hosting yang Anda ingin ketahui IP Hosting-Nya.
  • Langkah ketiga: scroll kebawah maka Anda akan melihat Alamat IP dari layanan Hosting yang sudah Anda beli.

Melihat IP Hosting Lewat Cpanel

Cpanel adalah layanan yang di berikan oleh penyedia hosting apabila Anda membeli layanan hostingnya. Fungsi cpanel secara umum adalah untuk memudahkan pengguna di dalam mengelola website termasuk hosting dan domainnya.

Melalui penjelasasn tentang cpanel diatas. Tentunya cpanel juga bisa di gunakan untuk melihat IP Hosting website. Langkah-Langkah menyadari IP hosting melalui cpanel ada dibawah ini:

  • Langkah pertama: Masuk ke Halaman login member tempat Dewabiz dengan menginput username & password Anda
  • Langkah kedua: Pada tab hosting Anda pilih hosting yang sudah Anda beli disana, kemudian klik pada tulisan masuk ke cpanel
  • Langkah ketiga: Pada halaman cpanel, disebelah kanan ada tab General Knowledge disitu tertulis Shared IP Address yang berarti itu adalah IP Hosting website Anda.

Melihat IP Hosting Lewat CMD

CMD adalah program bawaan dari Windows. CMD bisa Anda gunakan untuk mengecek alamat IP suatu website baik itu website Anda ataupun website lain. Caranya pun cukup mudah, dengan beberapa baris tulisan bisa membantumu untuk mengetahui alamat IP Hosting Web Anda.

Caranya:

  • Langkah pertama: buka CMD
  • Langkah kedua: Ketik ping b-uncut.net (B-Uncut.Net bisa Anda ganti dengan alamat situs yang Ada IP nya)
  • Langkah ketiga: memahami gambar dibawah. Yang Dewabiz tandai itu merupakan alamat IP website yang udah Anda cek. Gimana? Mudah kan untuk mengetahui alamat IP hosting website.

Kesimpulan

Nah, itu dia beberapa cara cek IP yang bisa Anda coba untuk mengecek hosting IP website. Mulai dari melihat IP pada email yang dikirimkan ketika Anda berhasil lakukan order hosting sampai cek IP hosting dengan pertolongan aplikasi website.

IP hosting merupakan deretan angka yang pasti sulit untuk diingat. Itulah kenapa pemakaian domain website bisa solusi terbaik demi kemudahan. Tapi, pastikan sebutan domain terbaik yang digunakan, ya. Untungnya, Anda bisa membeli domain unik dengan mudah dari penyedia hosting di Indonesia seperti Dewabiz. Bahkan, di Dewabiz, Anda bisa mendapatkan domain gratis jika berlangganan di hampir semua paket hosting yang ditawarkan dengan durasi eksklusif.

Tak hanya itu, Anda bisa juga menambahkan banyak domain pada akun hosting Anda berkat fitur Unlimited Addon Domain. Itu pun masih ditambah dengan SSL gratis yang bisa digunakan untuk mempertahankan keamanan website Anda.

Menariknya, semua layanan itu bisa Anda dapatkan dengan harga mulai dari Rp21rb/Bulan saja. Harga yang cukup murah untuk fitur canggih dan layanan berkualitas, bukan? Jadi, menanti apa lagi? Yuk, dapatkan domain gratis dengan berlangganan web hosting Dewabiz sekarang!

Demikianlah beberapa ulasan diatas semoga dapat membantu dalam melakukan pengexekan IP di website Anda. Oleh karena itu jangan lupa untuk terus simak refrensi dari artikel ini dengan seksama semoga bermanfaat.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!