fbpx

Order Now - Dedicated Server High Performance

Aplikasi

10 Rekomendasi Aplikasi Remote Desktop untuk Akses PC

Yanti puspita

Aplikasi remote desktop – Sebagai teknisi atau dukungan IT,  tentunya Anda harus membantu pengguna memecahkan masalah yang ada di komputer mereka. Lantas bagaimana jika hal ini perlu di lakukan secara langsung namun posisi Anda berada di tempat yang berbeda?

Solusinya adalah dengan menggunakan aplikasi remote desktop. Bagi Anda yang membutuhkan aplikasi ini, kali ini artikel ini akan mengulas beberapa rekomendasi aplikasi remote desktop untuk akses PC terbaik yang bisa Anda pertimbangkan.

Rekomendasi 10 Aplikasi Remote Desktop untuk Akses PC

Seperti namanya, aplikasi remote desktop berguna untuk mengontrol komputer dari jarak jauh. Dengan menggunakan  aplikasi remote desktop ini, Anda dapat mengoperasikan PC seolah-olah PC tersebut berada tepat di depan Anda.

Jadi, meskipun Anda sedang berada di luar kota atau sedang dalam perjalanan yang jauh, Anda tetap dapat mengontrol PC atau komputer jika terhubung dengan internet dengan menggunakan aplikasi ini. Di bawah ini adalah beberapa aplikasi remote desktop terbaik yang dapat Anda coba.

1.      AnyDesk

Untuk aplikasi remote desktop pertama yang di rekomendasikan dalam daftar ini adalah AnyDesk. Aplikasi jarak jauh untuk PC ini sangat populer di kalangan profesional. Banyak para pekerja kantoran yang menggunakan aplikasi untuk mengontrol PC mereka dari jarak jauh agar bisa melakukan pekerjaannya.

AnyDesk menjadi aplikasi remote PC terbaik dan yang paling banyak di gunakan, ini karena aplikasi tunggal ini sangat stabil, minim bug, dan tentunya memiliki banyak fitur menarik. Beberapa fitur ini akan membuat Anda tidak hanya dapat mengontrol PC lain dari jarak jauh. Namun Anda juga dapat mentransfer file dengan mudah dan cepat di room yang di gunakan.

2.      Chrome Remote Desktop

Aplikasi remote desktop yang berasal dari perusahaan ternama Google ini di beri nama Chrome Remote Desktop. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengontrol layar PC Anda dari jarak jauh bahkan hanya dengan menggunakan koneksi internet saja. Chrome Remote Desktop juga menyertakan layanan gratis dan mudah di gunakan bagi para penggunanya.

3.      Remote Utilities

Aplikasi remote PC selanjutnya yang di rekomendasikan untuk Anda adalah Remote Utilities. Aplikasi ini mungkin lebih familiar dan juga akan lebih bermanfaat bagi Anda yang berprofesi sebagai programmer atau DevOps.

Pasalnya, aplikasi bernama Remote Utilities ini menyediakan banyak fitur yang memudahkan Anda mengakses server dari mana saja. Anda dapat membuat koneksi ke server jarak jauh dan memperbaiki masalahnya.

Selain itu Anda juga dapat memiliki akses penuh ke server yang terhubung. Koneksi bawaan yang ada juga dapat memastikan bahwa koneksi tersebut cukup aman untuk di gunakan pada skala perusahaan.

4.      TeamViewer

Selain beberapa aplikasi di atas, ada aplikasi remote desktop lain yang juga sering di gunakan untuk mengendalikan PC dari jarak jauh, bahkan dalam skala industri sekalipun. Aplikasi tersebut bernama TeamViewer.

Jika Anda pernah terlibat dalam proyek besar dan melibatkan banyak orang, Anda mungkin tidak asing lagi dengan nama aplikasi yang satu ini. TeamViewer sendiri juga merupakan aplikasi remote control PC yang sangat stabil dan hampir tidak ada lag saat aplikasinya di jalankan. Selain itu, fitur yang ada di aplikasi ini juga sangat mendukung untuk menyelesaikan proyek Anda dengan cepat.

5.      Remote PC By iDrive

Tidak mau ketinggalan, pengembang aplikasi iDrive juga ikut meramaikan pasar aplikasi remote desktop untuk PC dengan aplikasi bernama Remote PC. Aplikasi ini hadir dengan fitur-fitur menarik yang dapat mendukung aktivitas kerja jarak jauh yang sedang Anda kerjakan.

Remote PC By iDrive ini sangat cocok untuk mengontrol PC rekan kerja Anda dari jarak jauh. Fleksibilitas adalah keunggulan utama yang di tawarkan aplikasi ini.

6.      Zoho Assist

Apakah Anda terjebak dalam situasi di mana tidak ada yang siap menghubungkan PC target ke PC milik Anda? Jangan khawatir, karena  dengan aplikasi bernama Zoho Assist ini Anda bisa menghubungkan PC Anda dengan PC yang Anda inginkan hanya dengan beberapa langkah mudah.

Zoho Assist adalah aplikasi remote desktop untuk akses PC dengan fitur Wake on LAN. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menghidupkan PC Anda dari jarak jauh tanpa harus berada di depan PC Anda. Namun untuk melakukan hal ini, PC target harus di konfigurasi dari awal untuk menerima fitur Wake on LAN.

7.      Microsoft Remote Desktop

Aplikasi PC jarak jauh yang ini di rilis oleh perusahaan besar Microsoft. Microsoft Remote Desktop ini merupakan aplikasi yang berfungsi untuk mengontrol PC Anda dari jarak jauh dengan berbagai fitur canggih yang pastinya sangat berguna.

Dengan Microsoft Remote Desktop, Anda dapat mengakses aplikasi atau file di komputer atau server jarak jauh seperti halnya Anda dapat mengakses aplikasi atau file di komputer lokal. Fitur inni memungkinkan pengguna untuk terhubung dari jarak jauh ke jaringan perusahaan atau organisasi yang di inginkan.

Namun, untuk menggunakan Microsoft Remote Desktop ini, Anda harus memastikan bahwa komputer atau server jarak jauh telah di izinkan untuk di akses melalui layanan ini dan konfigurasi jaringan yang di perlukan juga harus di buat terlebih dahulu.

8.      VNC Connect

Rekomendasi aplikasi remote desktop untuk akses PC yang tidak kalah kualitasnya adalah VNC Connect. Aplikasi VNC Connect ini adalah layanan desktop jarak jauh yang memungkinkan pengguna mengakses komputer jarak jauh dari perangkat lain, seperti laptop atau smartphone.

Layanan ini di kembangkan oleh perusahaan VNC (Virtual Network Computing) yang menyediakan fitur seperti akses jarak jauh, kendali jarak jauh, dan kolaborasi online. Dengan VNC Connect, pengguna dapat mengakses desktop atau aplikasi mereka di komputer jarak jauh dari perangkat apa pun yang terhubung ke internet.

9.      ConnectWIse Control

Bagi Anda yang telah lama menggunakan aplikasi remote control untuk PC, Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini. ConnectWise Control adalah aplikasi remote control gratis yang dapat membuat Anda mengontrol komputer secara stabil dengan koneksi internet yang cepat tentunya.

Aplikasi ini memberikan tingkat keamanan yang tinggi dimana penggunaan end-to-end di maksimalkan sehingga koneksi Anda 100% aman. Selain itu, aplikasi ConnectWise Control juga menyediakan live chat sehingga sangat cocok untuk di gunakan dalam kerjasama tim.

10.  Splashtop Business Access

Rekomendasi terakhir dalam daftar ini untuk aplikasi remote dekstop terbaik adalah Splashtop Business Access. Jika Anda sedang mencari aplikasi remote control untuk PC yang bisa di gunakan untuk berbagai platform, maka Splasthop Business Access bisa menjadi pilihan yang tepat. Hal ini karena aplikasi ini bisa digunakan untuk berbagai perangkat seperti halnya di Windows, Mac OS, dan Linux.

Itulah dia beberapa rekomendasi aplikasi remote desktop yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda akan fitur dan kenyamanan saat menggunakannya. Semoga bermanfaat!

Baca Juga