fbpx

Apa itu Startup? Pengertian dan Kelebihannya

Tahukah Anda apa itu ? dan kelebihannya. Istilah ini sangat sering terdengar. Kata startup sendiri berasal dari kata serapan dari bahasa Inggris yang berarti sebuah perusahaan yang baru saja terbentuk atau sebuah perusahaan rintisan. Startup adalah perusahaan rintisan yang sudah lama tidak aktif.

Dengan kata lain, startup berarti perusahaan yang baru masuk atau masih dalam tahap pengembangan atau penelitian untuk terus mencari pasar sambil mengembangkan produknya. Saat ini, istilah perusahaan rintisan biasanya mengacu pada perusahaan yang layanan atau produknya berbasis . Perkembangan perusahaan start-up di Indonesia cukup pesat dalam beberapa tahun terakhir. Karena pesatnya perkembangan start-up, seringkali terjadi gejolak ekonomi.

Pengertian Startup

Startup adalah istilah yang mengacu pada perusahaan atau perusahaan rintisan. Perusahaan rintisan adalah perusahaan yang baru memulai dan masih berkembang untuk mencari pasar dan mengembangkan produk. Saat ini, istilah startup dapat dipersempit lagi menjadi perusahaan rintisan yang mengacu pada berbasis teknologi.

Sebuah perusahaan bisa disebut startup jika memiliki 3 faktor, yaitu pendiri atau pendiri investor atau penyandang dana dan produk atau layanannya. Dalam konteks startup, umumnya startup yang dianggap berhasil mengembangkan bisnisnya diklasifikasikan menjadi 3 kategori yaitu unicorn, decacorn, dan hectacorn. Startup yang masuk dalam kategori unicorn adalah perusahaan dengan nilai enterprise lebih dari $1 miliar atau sekitar Rp14 triliun (kurs Rp14.000).

Baca Juga : Apa itu Freelance? Pengertian dan Beda dengan Full Time

Kelebihan Startup

Startup memiliki pasar yang lebih luas

Startup benar-benar menggunakan teknologi . Alhasil, bisnis Anda tidak dibatasi oleh jarak. Siapa pun di dunia dapat melihat apa yang Anda jual. Cukup berbeda ketika Anda membuka bisnis konvensional yang hanya di satu tempat. Tentu saja, target pasarnya akan lebih kecil. Dan letak geografisnya, yang tidak dapat mencakup semua wilayah.

Keuntungan dari perusahaan startup adalah pencapaian Anda langsung terlihat saat Anda

 Ini akan menjadi sesuatu yang menguntungkan. Menguntungkan, jika Anda unggul, bisnis Anda akan cepat sukses. Oleh karena itu, keanggotaan dalam suatu perusahaan atau korporasi yang baru dibentuk akan berlomba-lomba untuk menunjukkan manfaat dan prestasi tersebut.

Ilmu startup bisa didapat dimana saja

 Ilmu startup bisa dipelajari dimana saja, mudah diakses karena perkembangan teknologi. Dengan semakin banyaknya perusahaan rintisan yang sukses di seluruh dunia, banyak pengusaha sukses yang berbagi pengalaman dan pengetahuan mereka dalam membangun bisnis. Anda dapat dengan mudah menemukannya di media sosial dan .

Modal Kartu Kredit

Salah satu manfaat menggunakan kartu kredit untuk pemula adalah kemampuan untuk mempertahankan ekuitas atau basis modal yang lebih stabil. Saat menggunakan kartu kredit, biaya masuk dan keluar otomatis tergantung penggunaan kartu kredit. Setelah kartu kredit sampai pada proses pencetakan, Anda bisa langsung menganalisa berbagai pemasukan dan pengeluaran.

Lebih Fleksibilitas

Salah satu keuntungan bekerja di perusahaan rintisan adalah jam Anda lebih fleksibel, memungkinkan Anda merasa lebih bebas dan tidak terkendala oleh jadwal kerja. Selama setiap tugas Anda selesai, Anda punya cukup waktu untuk bersantai. Namun, ada juga saat-saat ketika Anda tidak punya waktu untuk beristirahat meskipun Anda sangat sibuk, terutama saat pekerjaan masih menumpuk. Namun, sepertinya kondisi ini sudah meluas di setiap area kerja.

Itulah apa itu startup? Pengertian dan kelebihannya. Anda bisa memilih mau kerja di perusahaan startup juga bisa akan mendapatkan manfaat. Semoga ini dapat bermanfaat bagi Anda.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!