fbpx

Apa Itu Google Recaptcha, Kenali Berbagai Versinya

Jika membuka sebuah tertentu biasanya pengguna diminta untuk menuliskan captha. Anda tidak akan diizinkan masuk ke dalam situs, jika kode tersebut belum terisi atau keliru. Lalu sebenarnya apa itu Recaptha, mengapa sangat penting pada sebuah .

Recaptcha merupakan sistem keamanan untuk membedakan aktivitas robot dan user yang sesungguhnya. Tujuan dari sistem ini yaitu melindungi dari ancaman penyalahgunaan ataupun spam. Lebih lanjut, mari kita simak ulasan mendalam tentang recaptcha berikut ini!

Apa itu Google Recaptha?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa google recaptcha adalah sistem yang melindungi website dari aktivitas robot. Jika IP yang masuk bukanlah user yang sesungguhnya, bisa saja terjadi serangan virus untuk mendapatkan keuntungan sepihak. Sistem ini juga bisa melakukan pemblokiran pada yang ingin menerobos masuk tanpa verifikasi terlebih dahulu.

Hanya perangkat yang dioperasikan oleh manusia yang bisa menyelesaikan rangkaian recaptcha ini. Sedangkan yang dijalankan oleh robot tidak bisa mengikuti kode captha yang berubah-ubah.

Jenis-Jenis Google Recapctha

Itulah penjelasan mengenai pengertiannya, semoga bisa menjawab pertanyaan mengenai apa itu Google Recaptha. Selanjutnya Google recaptcha memiliki 3 jenis versi yang umum digunakan pada sebuah website, diantaranya;

Recaptcha Versi 1

Recaptcha versi 1 mengombinasikan beberapa huruf dan angka pada pengkodeannya. Kombinasi yang digunakan biasanya cukup sulit, sehingga tidak bisa dikelabuhi pengguna. Jika salah sedikit saja, pengguna diminta mengulang penginputan kode.

Selain kode, user yang ingin masuk website juga harus mencocokan gambar. Komputer akan memberikan perintah untuk mencari gambar yang sesuai dari sekian banyak contoh gambar yang diberikan. Misalnya carilah gambar trotoar, maka pengguna harus memilih dan mengklik gambar trotoar yang tersedia.

Baca Juga :  Pilihan Termudah Untuk Membuat Web Jadi Aplikasi Android

Jika salah mengklik satu gambar saja, pengguna harus mengulang input kode captha ini. Jika kesalahan terjadi lebih dari 3 kali, maka pengguna harus mencoba log in kembali pada hari yang berbeda.

Recaptcha Versi 2

Sebenarnya recaptcha versi 1 dinilai memiliki sistem keamanan yang cukup ketat. Tetapi cukup merepotkan dan menyita banyak waktu pengunjung website. Oleh karena itulah diciptakan recaptcha versi terbaru yaitu versi 2.

Recaptcha versi ini lebih mudah digunakan yaitu dengan melakukan check list atau centang pada kolom ‘’I’m not a robot’’.  Setelah check list selesai dilakukan, user bisa langsung masuk ke dalam website.

Recaptcha Versi 3

Dibanding kedua versi sebelumnya, recaptcha versi 3 ini dinilai lebih modern dan lebih menguntungkan. Pengguna tak perlu lagi kesusahan mencocokan gambar atau menginput kode, namun dapat langsung masuk ke dalam situs.

Sistem keamanan dari recaptcha sendiri yang secara otomatis mendeteksi lalu lintas aktivitas mencurigakan pada web. Jika dirasa ada gerakan komputer bot, recaptcha bisa langsung melakukan tindakan dengan memblokirnya.

Cara Memasang Recaptha

Sebagai pemilik website, tentu anda ingin memasang sistem keamanan terbaik agar terhindar dari hal-hal yang tak didinginkan. Sebagai solusi, anda juga bisa menggunakan fasilitas recaptcha dari Google secara gratis.

Karena dikembangkan oleh Google, maka pembuatan recpatha harus melalui Explorer versi 8, 9, atau 10. Caranya dengan membuka Internet Explorer kemudian klik menu> Alat> Pengaturan Tampilan Kompatibilitas.

Pada bagian ‘’ yang telah anda tambahkan ke tampilan Kompatibilitas’’  gantilah dengan google.com. Kemudian klik hapus.

Nah, itulah ulasan lengkap mengenai apa itu google recaptcha dan berbagai versinya. Sistem recaptcha sangatlah penting untuk disematkan pada sebuah website. Tentunya agar terhindar dari penyalahgunaan yang merugikan. Dapatkan fasilitas ini secara gratis di Google.

Baca Juga :  Plugin 301 Redirect : Penjelasan dan Kegunaannya