fbpx

Apa Itu Domain? Pengertian dan Jenis-Jenisnya

Kegiatan di internet tidak bisa terlepas dari yang namanya website. Hampir seluruh perusahaan memiliki website untuk memasang jualannya masing-masing, baik berupa produk maupun jasa. Sayangnya belum banyak yang memahami apa itu yang tentunya berkaitan erat dengan keberadaan website.

Sebagai generasi milenial tentu Anda harus memahami domain beserta jenis-jenisnya. Pengetahuan tersebut akan sangat bermanfaat dalam memiliki dan mengelola . Mengenai informasi lebih lanjut tentang domain bisa Anda simak dalam ulasan berikut ini.

Apa Itu Domain dan Fungsinya

Pertama-tama kita akan memahami apa itu domain terlebih dahulu. Pada dasarnya domain sendiri berperan sebagai alamat yang bisa mengantarkan pengunjung ke suatu website secara spesifik. Dapat dikatakan juga domain ini mirip dengan alamat IP yang biasanya berupa kombinasi angka pada setiap perangkat yang dapat terhubung ke internet.

Namun kombinasi angka menjadi semakin sulit ketika jumlah website bertambah banyak dari seluruh dunia sehingga digunakan sistem penamaan domain. Jika diandaikan maka domain menjadi mirip dengan alamat rumah yang tidak mungkin sama antara rumah satu dengan lainnya. Orang lain tidak akan bisa memakai nama domain yang sudah dimiliki orang lain.

Mengapa bisa domain tidak bisa di duplikat oleh orang lainnya? Jawabannya karena domain sendiri diatur oleh organisasi ICANN. Organisasi tersebut memiliki fungsi dalam menyimpan database dari seluruh pemilik domain yang ada di dunia ini.

Setiap kali seseorang ingin membuat domain maka diharuskan untuk mengecek pada sistem ICANN dahulu. Apabila sudah digunakan oleh orang lain maka perlu mencari alternatif lainnya. Anda bisa mencari nama-nama yang mirip dengan domain tujuan awal yang diinginkan.

Baca Juga :  Mengenal Domain .PONPES.ID : Domain Untuk Pondok Pesantren

Jenis-Jenis Domain

Pada dasarnya jenis domain dibagi menjadi tiga macam yakni Top Level Domain, Second Level Domain, dan Third Level Domain. Setiap level domain tadi memiliki definisi yang berbeda-beda dan bisa Anda pahami melalui ulasan di bawah ini.

1. Top Level Domain (TLD)

Jenis yang pertama adalah top level domain yang terletak di bagian akhir domain dan paling populer digunakan oleh para pemilik website di seluruh dunia. Contoh dari top level domain yakni .com, .gov, dan . hampir seluruh perusahaan bergengsi selalu menggunakan top level domain.

Baca Juga : 5+ Alasan Kenapa Harus Menggunakan Domain .MY.ID

Penggunaan dari top level domain misalkan www..com yang mana dapat diartikan menggunakan top level domain berupa .com. Adakalanya top level domain bisa menunjukkan jenis website berasal dari negara mana.

Pembagian dari apa itu juga didasaran atas generic top level domain, sponsored top level domain, country code top level domain, dan lain-lain. Misalkan saja contoh dari generic top level domain adalah .com, .org, .net, dan lain-lain. Bahkan jenis generic top level domain juga ada yang berupa .biz untuk website keperluan bisnis.

2. Second Level Domain (SLD)

Selanjutnya kita akan membahas tentang Second Level Domain yang mana bisa menjadi alternatif lain di saat Top Level Domain sudah dipakai untuk suatu . Contoh dari Second Level Domain berupa .store, .space, website, dan lain- lain. Misalkan saja Anda berniat untuk membuat domain website www.grosirshopping.com.

Namun domain tersebut yang berupa .com sudah dipakai. Sebagai alternatifnya Anda bisa menggunakan alamat domain www.grosirshopping.store. sebagian besar domain dengan tipe Second Level Domain cenderung harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan Top Level Domain.

Baca Juga :  Sudah Tahu Apa yang Menjadi Perbedaan SSD dan HDD?

Kehadiran dari apa itu domain SLD adalah tuntuk pembuatan website yang spesifik. Misalkan saja .ac.id untuk .website pendidikan maupun .co.id untuk pembuatan website perusahaan atau corporate. Setelah itu, Anda juga tetap perlu memeriksa apakah ada orang yang sudah menggunakan alamat domain yang ingin Anda buat.

3. Third Level Domain

Selanjutnya kita akan membahas tentang Third Level Domain. Domain tersebut memiliki nama lain berupa subdomain yang berlokasi di bagian paling depan. Contohnya www yang berarti world wide .

Baca Juga : Apa Itu Domain .TECH? Domain Khusus untuk Teknologi

Selain www juga terdapat third level domain lainnya, seperti forum maupun . Misalkan saja forum.grosirshopping.com atau course.grosirshopping.com. Namun bisa dikatakan bahwa www sebagai yang utama dan subdomainnya yakni forum dan course.

Pada dasarnya pembuatan Third level domain lebih fleksibel. Sangat berbeda dibandingkan dengan top level domain maupun second level domain.