fbpx

Apa itu CloudFlare? Fungsi dan Cara Kerjanya

Keamanan dan kecepatan sebuah merupakan satu hal yang perlu diperhatikan saat mengelola website. Agar website yang kamu kelola bisa sesuai harapan, kamu bisa mengandalkan CloudFlare. Mungkin dari kamu baru tahu tentang CloudFlare, hingga banyak yang bertanya-tanya apa itu CloudFlare?

Bagi kamu yang baru pertama kali mendengar CloudFlare, kali ini akan dijelaskan secara tuntas mengenai CloudFlarem, fungsi, dan cara kerjanya.

Bila kamu menggunakan CloudFlare, dijamin website akan lebih aman dari serangan hacker yang bisa merusak performa website. CloudFlare juga sudah dilengkapi dengan berbagai layanan yang baik untuk mengelola website.

Pengertian Tentang Apa Itu CloudFlare

Apa itu CloudFlare? Sebuah jaringan yang berperan sebagai proxy untuk melindungi ancaman seperti injeksi SQL dan pencurian identitas. Selain itu ini juga berperan untuk meningkatkan kinerja .

Jaringan CloudFlare ini berperan sebagai VPN raksasa sehingga semua pengunjung situs bisa mengunjungi situs web kamu dengan mengarahkan ke server terdekat. Jadi semakin dekat pusat , semakin cepat situs web kamu dimuat oleh pengguna.

CloudFlare akan membantu kamu dalam meminimalisir perayapan bot yang sifatnya berbahaya atau bermanfaat tergantung dari sumbernya. Perayaan bot ini bisa kamu gunakan untuk membuka situs web dan crawling informasi di web.

Banyak orang tertarik menggunakan CloudFlare karena membuat loading website lebih cepat dan keamanan website lebih terjamin. Terlebih saat ini banyak sekali hacker yang menyerang website sehingga dibutuhkan sistem keamanan yang terbaik.

Baca Juga :  Begini Cara Menambahkan Domain di cPanel Hosting DewaBiz

Mengetahui Fungsi CloudFlare

Setelah mengetahui apa itu CloudFlare, pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai fungsinya. Saat kamu menggunakan CloudFlare maka name server akan mengikuti name server dari CloudFlare. Sehingga aktivitas website akan tersaring dan lebih cepat.

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa fungsi CloudFlare.

Mengawasi hal berbahaya dari website

Fungsi pertama penggunaan CloudFlare adalah mengawasi hal-hal berbahaya yang bisa mengancam keamanan website. Dalam hal ini CloudFlare akan menerima semua permintaan akses, kemudian akan dilakukan analisa apakah pengunjung tersebut berbahaya atau tidak.

Analisa ini dilakukan dengan melihat alamat IP, sumber yang diakses dan seberapa sering mengunjungi website. Apabila terlihat membahayakan maka CloudFlare akan langsung memblokir. Dijamin website akan aman dari serangan yang bisa membahayakan keamanan website.

Mengarahkan pengunjung untuk mendapatkan koneksi lebih cepat

Adanya CloudFlare berperan untuk mengarahkan pengunjung untuk mengunjungi website dengan koneksi paling cepat. Hal ini bertujuan agar loading website lebih cepat dibanding lainnya.

Menyaring komentar spam

Selain mempercepat performa website, adanya CloudFlare berperan untuk menyaring komentar spam. Sehingga bisa melindungi website dengan cara menyaring komentar yang ada di website.

Browsing offline

Apabila pengunjung mengalami gangguan saat hosting, kamu masih bisa mengakses website dengan mode offline. CloudFlare berperan sebagai cache konten seperti , CSS, dan lainnya.

Memberi peringatan saat komputer ada virusnya

Penggunaan CloudFlare bisa dijadikan sebagai pemberi peringatan ketika terserang virus. Selain itu menyarankan kepada pengunjung untuk membersihkan virus agar lebih aman.

Biasanya pengunjung akan diminta memasukkan CAPTCHA untuk mengakses website agar tetap aman dari ancaman virus.

Memberi informasi visitor

Penggunaan CloudFlare berperan untuk menunjukkan laporan visitor. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah visitor ini berupa ancaman, robot mesin pencari atau pengunjung.

Baca Juga :  Business Analyst, Ini Job Desk dan Tanggung Jawabnya¬†

Lantas bagaimana cara CloudFlare? Pada intinya CloudFlare ini berperan untuk mempercepat performa website. Nantinya semua akses yang akan menuju website akan melalui jalur CloudFlare

Proses proses pengiriman data lebih optimal dan website memiliki performa terbaiknya. CloudFlare juga akan memblokir semua ancaman yang bisa membahayakan website.

Baca Juga : Apa Itu Proxy Server? Pengertian dan Fungsinya

Bagi kamu yang tertarik untuk menggunakan CloudFlare, berikut ini cara untuk setting CloudFlare.

  • Membuat akun
  • Menambahkan nama
  • Mengecek DNS Records
  • Setelah itu kamu bisa mengarahkan nama Domain ke CloudFlare nameserver
  • Menginstall dan konfigurasi CloudFlare

Setelah dijelaskan, tentu kamu sekarang lebih paham akan pentingnya CloudFlare untuk sebuah website. Apabila kamu ingin memiliki website dengan performa terbaik dan terjamin keamanannya bisa menggunakan CloudFlare.

Demikianlah penjelasan mengenai apa itu CloudFlare, fungsi, dan cara kerjanya. Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa menambah wawasan akan pentingnya menggunakan CloudFlare.